TAHUKAH ANDA MANFAAT SUSU KEDELAI YANG SEBENARNYA?

Susu kedelai mungkin sudah tak asing lagi bagi kita. Banyak diantara kita yang menyukai susu kedelai. Susu kedelai bisa menjadi alternatif bagi mereka yang alergi dengan susu sapi. Rasanya yang tak kalah enak dengan susu sapi, membuat banyak orang menyukainya. Susu kedelai baik untuk semua kalangan, baik dewasa maupun anak – anak. Sesuai namanya susu kedelai terbuat dai ekstrak kedelai. Orang banyak menyebutnya dengan sebutan susu kacang. Hal ini karna kedelai merupakan jenis kacang- kacangan.

Manfaat SUSU KEDELAI

Manfaat SUSU KEDELAI

Selain rasanya yang enak dan gurih, ternyata banyak sekali manfaat susu kedelai ini. Tapi sebelum kita berbicara tentang manfaat susu kedelai, kita harus tau dulu kandungan gizi yang terdapat dalam susu kedelai. Berikut kandungan gizi yang terdapat dalam susu kedelai:

  • Zat Besi
  • Kalsium
  • Vitamin B6
  • Vitamin B12
  • Vitamin E
  • Riboflavin
  • Protein
  • Mineral
  • Asam Folat
  • Lemak
  • Magnesium

Nah selanjutnya kita akan membahas manfaat susu kedelai. Berikut ini informasi tentang manfaat susu kedelai selengkapnya:

  • Manfaat Susu Kedelai Untuk Penderita Tekanan Darah Tinggi

Manfaat susu kedelai yang pertama adalah untuk menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi. Bagi para penderita hipertensi atau tekanan darah tinggi memang disarankan untuk banyak mengkonsumsi susu kedelai. Kadungan lemak jenuh dan lemak tak jenuh cukup seimbang sehingga dapat membantu menstabilkan tekanan darah. Kandungan magnesium dalam susu kedelai juga berfungsi untuk menurunkan tekanan darah yang tinggi.

  • Manfaat Susu Kedelai Untuk Mengontrol Kadar Kolestrol

Kadar kolestrol yang terlalu tinggi akan berefek buruk bagi kesehatan. Nah disinilah peran susu kedelai. Kandungan nutrisi yang terdapat dalam susu kedelai berfungsi untuk menstabilkan kadar kolestrol serta menurunkan kolestrol jahat dalam tubuh.

  • Manfaat Susu Kedelai Bagi Penderita Diabetes

Manfaat susu kedelai sangat dirasakan bagi mereka para penderita diabetes karena susu kedelai banyak mengandung protein nabati. Nah protein nabati ini berfungsi untuk menyembuhkan diabetes. Selain itu kandungan magnesium dan vitamin D juga berfungsi untuk mencegah penyakit diabetes. Susu kedelai merupakan minuman utama yang disaranakn untuk rutin dikonsumsi para penderita diabetes.

  • Manfaat Susu Kedelai Untuk Mencegah Osteoporosis

          Osteoporosis merupakan jenis penyakit yang menyerang tulang. Penyakit ini disebabkan oleh faktor pertambahan usia serta kekurangan hormon. Agar anda tak sampai terkena osteoporosis maka cobalah untuk rutin mengkonsumsi susu kedelai. Kandungan kalsium dan vitamin D berfungsi untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tulang sehingga tulang menjadi sehat dan terhindar dari osteoporosis.

  • Manfaat Susu Kedelai Untuk Diet

Manfaat susu kedelai sangat dirasakan oleh mereka yang sedang menjalankan program diet. Susu kedelai disarankan menjadi menu utama untuk program diet. Hal ini disebabkan oleh kandungan nutrisi yang terkandung dalam susu kedelai begitu lengkap. Selain itu susu kedelai juga sehat, jadi anda tak perlu ragu untuk minum susu kedelai.

  • Manfaat Susu Kedelai Untuk Kesehatan Jantung

Manfaat susu kedelai yang selanjutnya adalah baik untuk menjaga kesehatan jantung. Penyakit jantung merupakan penyakit yang banyak banyak membunuh setelah kanker. Hal ini karena jantung merupakan organ vital bagi tubuh. Jadi jika jantung mengalami masalah akan berakibat buruk pada organ lainnya serta dapat menimbulkan berbagai macam penyakit. untuk itu kesehatan jantung perlu dijaga. Kandungan nutrisi yang begitu lengkap dalam susu kedelai terbukti dapat membuat jantng sehat dan bekerja dengan baik.

  • Manfaat Susu Kedelai Untuk Penderita Autis

          Penyakit autis merupakan penyakit kelainan tingkah laku yang terjadi pada anak. Anak serasa memiliki dunia sendiri sehingga tidak dapat bersosialisasi dengan lingkungannya. Umumnya anak autis tak boleh minum susu sapi karean mereka harus menghindari zat glutein dan juga kasein yang terdapat dalam susu sapi yang dapat membuat penderita autis semakin hyperaktif. Untuk itu susu kedelai bisa dijadikan alternatif pengganti susu sapi. Agar penderita autis tetap mendapat gizi.

  • Manfaat Susu Kedelai Untuk Mencegah Kanker

          Penyakit kanker memang belum ada obatnya. Untuk itu kita hanya bisa mencegahnya saja. Kandungan vitamin E dan antikosadan yang terdapat dalam vitamin E ternyata dapat mencegah tumbuhnya sel kanker dalam tubuh. Anti oksidan dalam susu kedelai ini juga berfungsi untuk menekan tumbuhnya sel kanker dalam tubuh sehingga tidak akan menyebar kemana-mana.

Nah itulah tadi beberapa manfaat susu kedelai. Namun yang perlu anda ketahui bahwa susu kedelai juga mempunyai efek buruk bagi kesehatan jika di konsumsi secara berlebihan. Ada baiknya jika anda berkonsultasi dengan dokter untuk dosis yang tepat. Salah satu efek buruk susu kedelai adalah dapat membuat perut kembung, menghambat produski sperma pada pria, serta terganggunya siklus menstruasi pada wanita.

Sekian dulu artikel kali ini. Semoga bermanfaat ya.

         

Add Comment