Sumber Dan Manfaat Vitamin B Complex

Sumber Dan Manfaat Vitamin B Complex Yang Tak Disadari Banyak Orang

Posted on

Manfaat Vitamin B Complex – vitamin merupakan salah satu nutrisi yang memiliki peran penting dalam jalannya metabolisme di dalam tubuh. Jenis vitamin sendiri ada cukup banyak yaitu vitamin A, vitamin B, vitamin C, D, E, dan vitamin K. Dari beberapa jenis vitamin tersebut vitamin B memiliki andil yang terbilang lebih besar daripada jenis vitamin lainnya bagi tubuh karena vitamin B bekerja secara menyeluruh dan tidak seperti vitamin lainnya yang lebih spesifik di daerah tertentu.

Sumber Dan Manfaat Vitamin B Complex

Vitamin B sendiri dibagi lagi menjadi beberapa jenis yaitu vitamin B1, B2, B3, B5, B6, B7, B9 dan B12 dan hampir semua jenis vitamin B akan larut di dalam air kecuali jenis vitamin B12. Maka dari itu jika tubuh memiliki kadar vitamin B yang berlebih akan dikeluarkan dari dalam tubuh. Semua jenis vitamin B di atas disebut sebagai vitamin B kompleks yang sangat dibutuhkan oleh tubuh karena jika tubuh kekurangan vitamin B akan mengalami beberapa masalah kesehatan seperti gangguan pencernaan, gangguan fungsi hati dan daya penglihatan yang menurun.

 

Sumber Dan Sisi Lain Manfaat Vitamin B Kompleks

Berikut ini daftar makanan yang dapat dijadikan sebagai sumber vitamin B kompleks dalam kehidupan sehari-hari

Sumber untuk vitamin B kompleks yang pertma adalah dari buah-buahan beberapa buah yang memiliki kandungan vitami B kompleks diantaranya adalah melon, apel, alpukat, manggis, blueberi, pisang dan masih banyak lagi yang lainnya. Sementara dari golongan hewani yang memiliki kandungan vitamin kompleks diantaranya yaitu daging ayam, daging sapi, ikan salmon, ikan sarden, telur, susu sapi dan beberapa jenis seafood lainnya.

Tak hanya dari golongan hewani dan buah-buahan saja yang kaya akan vitamin B kompleks namun sayur-sayuran dan kacang-kacangan juga banyak yang mengandung vitamin B kompleks misalnya seperti brokoli, bayam, sawi hijau, wortel, terong, lobak, jagung, seledri, mentimun, kale dsb. Sedangkan dari jenis kacang-kacangan yaitu kacang mente, kacang almond, kacang polong, buncis dan kacang tanah.

Untuk lebih detailnya silahkan lihat data berikut

Vitamin B1 : makanan pokok seperti gandum, nasi, sereal atau sesuatu yang berasal dari biji-bijian, beberapa makanan laut seperti udang dan kepiting. Vitamin B2 : susu dan hasil olahannya, sayur hijau, daging, putih telur dan ragi. Vitamin B3 : semua jenis makanan yang mengandung asam amino seperti daging, susu, telur dan sereal. Vitamin B5 : hampir sama seperti vitamin B2. Vitamin B6 : buah-buahan berwarna ungu dan sayuran yang berwarna hijau serta daging. Vitamin B7 : makanan yang mengandung bioting seperti bunga kol, kacang dan pisang. Vitamin B9 : sayur berdaun hijau dan biji-bijian. Vitamin B12 : daging sapi, hati, kedelai dan rumput laut.

 

Manfaat Vitamin B Kompleks Bagi Tubuh

  1. Vitamin B Kompleks Membantu Memproduksi Energi

Dari beberapa jenis vitamin B kompleks, viamin B1 (tiamin) dan vitamin B3 (Niasin) memiliki peran penting dalam pembentukan energi. Karbohidrat merupakan salah satu zat yang sulit dicerna oleh tubuh oleh kaarena itulah dibutuhkan tiamin atau vit B1 untuk mengubah karbohidrat menjadi glukosa dengan bentuk yang lebih sederhana sehingga mudah dicerna oleh tubuh hingga akhirnya menghasilkan energi.

  1. Vitamin B Kompleks Mampu Meningkatkan Sistem Imun

Manfaat vitamin B kompleks lainnya adalah mampu meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak mudah jatuh sakit. Jenis vitamin B yang berperan untuk menjaga kesehatan tubuh adalah vitamin B6 (piridoksin). Tak hanya vitamin B6 saja vitamin B9 dikenal mampu menjaga kesehatan bayi saat masih ada di dalam kandungan kemudian vitamin B12 juga mampu mencegah timbulnya penyakit seperti kanker payudara

  1. Vitamin B Kompleks Membantu Menjaga Kesehatan Sistem Saraf

Sementara jenis vitamin B yang mampu menjaga keseimbangan dan fungsi sistem saraf sangatlah banyak seperti vitamin B12 yang berguna menyelubungi sel saraf, vitamin B9 yang berguna untuk mencegah terjadinya kerusakan pada sistem saraf, vitamin B3 yang membantu menjaga kesehatan sistem saraf dan vitamin B1 yang ikut berperan dalam fungsi kinerja saraf

  1. Vitamin B Kompleks Menjaga Kesehatan Organ Pencernaan

Beberapa jenis vitamin yang ikut berperan dalam menjaga kesehatan sistem pencernaan yaitu vitamin B1, B2, B3 dan B6 yang berguna untuk memecah lemak, karbohidrat dan protein sehingga membantu organ pencernaan untuk menyerap nutrisi yang dibutuhkan tubuh, selain itu vitamin-vitamin tersebut juga dapat memproduksi asam klorida dalam lambung dan menurunkan kadar kolesterol jahat yang dapat memicu penyumbatan pada pembuluh darah.

  1. Vitamin B Kompleks Berguna Untuk Menjaga Kesehatan Kulit Dan Mata

Manfaat vitamin B kompleks yang terakhir yaitu mampu menjaaga kesehatan dan kecantikan kulit serta menjaga kesehatan mata. Jenis vitamin B kompleks yang berperan dalam hal tersebut adalah vitamin B2 (riboflavin).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *