Pembahasan Seputar Vitamin D Mulai Dari Sumber Jenis Hingga Manfaat Vitamin D

Manfaat Vitamin D – setiap harinya tubuh manusia memerlukan energi dan nutrisi agar dapat beraktivitas seperti biasanya dengan lancar. Untuk energi dan beberapa jenis nutrisi seperti mineral dapat kita dapatkan dari beberapa jenis makanan pokok dan lauk pauk tapi untuk vitamin hanya bisa kita dapatkan dari sayuran dan buah-buahan walaupun terdaapt beberapa jenis makanan selain buah-buahan dan sayuran yang juga mengandung vitamin namun tetap dengan kadar yang sedikit. Namun tahukah anda jika ternyata sumber vitamin D bukan lah berasal dari jenis sayuran ataupun buah-buahan. Sumber vitamin D justru malah ditemukan di banyak jenis makanan laut (seafood)

Pembahasan Seputar Vitamin D

Vitamin D bisa didapatkan dari produk hewani dan hanya beberapa jenis tanaman namun tubuh juga mampu memproduksi vitamin D secara langsung dengan bantuan sinar matahari. Dengan banyaknya sumber vitamin D yang bisa kita dapatkan sebaiknya kita mengontrol pola makan karena berlebihan satu kandungan saja di dalam tubuh dapat menyebabkan berbagai penyakit termasuk juga kelebihan maupun kekurangan vitamin D

Seperti yang kita ketahui juga tubuh kita mengalami kekurangan vitamin D maka tubuh akan mengalami kerusakan pada tulang dan gigi, menimbulkan berbagai penyakit yang menyerang tulang dan sendi bahkan bisa menyebabkan hipertensi, diabetes dan serangan jantung. Namun jika kelebihan pun juga akan menimbulkan masalah kesehatan lainnya bagi tubuh.

 

Sumber Dan Jenis Vitamin D

Mungkin masih banyak diantara kalian yang belum tahu bahwa vitamin D juga memiliki beberapa jenis seperti halnya vitamin B namun bedanya jenis dari vitamin D lebih sedikit. Terdapat dua jenis vitamin D yang aktif yaitu vitamin D2 dan vitamin D3. Vitamin D2 atau yang juga dikenal dengan nama ergokalsiferol berasal dari senyawa kolesterol yang biasanya ditemukan dalam ragi dan beberapa jenis tanaman sementara untuk vitamin D3 atau kolekalsiferol berasal dari senyawa 7 dehidrokolesterol, jenis vitamin inilah yang banyak ditemukan dalam kulit manusia.

Vitamin D dapat ditemukan dengan mudah di beberapa jenis makanan seperti ikan salmon, ikan tuna, kemudian hampir semua produk hasil pertanian seperti telur, susu, daging dsb. Beberapa jenis jamur juga mengandung vitamin D kemudian keju dan kedelai. Sementara dari golongan sayuran dapat ditemukan di beberapa jenis sayuran hijau seperti bayam serta beberapa jenis jamur sedangkan dari jenis buah seperti stroberi, jeruk dan tomat memiliki kandungan vitamin D yang cukup banyak. Selain itu anda dapat memperoleh vitamin D ddari sumber lain yaitu dari sinar matahari terutama di waktu pagi sebelum jam 9 atau jam 10 pagi ini karena sinar matahari mampu membantu memproduksi vitamin D langsung di dalam tubuh.

 

Manfaat Vitamin D Bagi Kesehatan Tubuh

  1. Vitamin D Berguna Untuk Kesehatan Tulang Dan Gigi

Seperti yang telah kitaketahui bahwa manfaat utama yang dimiliki vitamin D adalah untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Bagi para manula yang telah lanjut usia biasanya akan mengalami pengeroposan tulang hal ini karena fungsi kerja dan mineral dalam tubuh akan semakin berkurang seiring bertambahnya usia. Namun pengeroposan tulang ini juga dapat terjadi pada seseorang yang masih muda. Hal  tersebut dikarenakan minimnya asupan yang menganung vitamin D yang berguna menjaga konsentrasi kalsium dalam darah.

  1. Vitamin D Berguna Untuk Mengatasi Osteomalacia

Osteomalacia merupakan salah satu penyakit yang banyak menyerang orang dewasa terutama orang yang telah lanjut usia. Jika osteoporosis disebabkan karena terjadinya pengeroposan tulang maka osteomalacia ini justru disebabkan terjadinya pembentukan tulang baru yang tidak terlapisi lapisan atau jaringan pendukung sehingga tulang baru ini sangat rentan dan mudah patah. Salah satu cara untuk menyembuhkan osteomalacia yaitu dengan berjemur di sinar matahari pagi yang memberi asupan vitamin D bagi tubuh.

  1. Vitamin D Berguna Menjaga Daya Tahan Tubuh

Kalsitriol merupakan salah molekul aktif yang terdapat di dalam vitamin D. Molekul ini memiliki kegunaan sebagai immuno modulator yang berperan aktif dalam menjaga kesehatan tubuh manusia. Oleh karena itu seseorang yang mengonsumsi makanan mengandung vitamin D atau sering berjemur di pagi hari dengan sinar matahari yang mengandung vitamin D tidak akan mudah terserang penyakit

  1. Vitamin D Berguna Mencegah Kanker

Siapa sangka jika vitamin D ini juga mampu membantu mengatasi kanker khususnya kanker payudara yang banyak dialami para wanita yaitu dengan menghabat penggandaan dan perkembangan sel kanker. Dalam penelitian lain yang dilakukan American Journal of Medical Association pada tahun 2003 menyatakan bahwa vitamin D dapat mengurangi resiko seseorang terserang kanker usus besar.

  1. Vitamin D Berguna Untuk Kesehatan Kulit

Manfaat vitamin D lainnya yaitu berguna untuk kesehatan kulit dengan cara peremajaan kulit. Selain itu beberapa jenis vitamin D seperti vitamin D2 dn vitamin D3 berguna untuk mencegah timbulnya berbagai masalah kesehatan pada kulit seperti psoriasis.

Add Comment