Manfaat Temu Lawak Untuk Kesehatan

Manfaat temulawak untuk kesehatan – Manfaat temulawak memang banyak untuk kesehatan dan kecantikan wajah. Karena temulawak ini mengandung beberapa unsur yang mampu mengobati beberapa jenis penyakit, maka bagi Anda yang menyukai pengobatan alami atau tradisonal, menjadikan temulawak sebagai obat herbal alami merupakan pilihan yang terbaik. Apakah kandungan dan manfaat temu lawak?mari kita simak artikel di bawah ini.

Manfaat Temu Lawak Untuk Kesehatan

Macam-Macam Kandungan Di Dalam Temulawak

1.Pati

2.Lemak

3.Serat

4.Protein

5.Kurkumin

6.Mineral

7.Minyak atsiri

 

Macam-Macam Manfaat Temulawak

     1.Menghambat Pertumbuhan Kanker

Berdasarkan sebuah studi yang diterbitkan pada 2001 , curcumin diketahui mampu menghambat pertumbuhan kanker prostat secara signifikan sekaligus berpotensi mencegah perkembangan kanker hormone lainnya.Sementara itu, University of Maryland Medical Center memaparkan jika tanaman herbal, terutama temulawak, dapat menghentikan pertumbuhan pembuluh darah yang membantu pertumbuhan kanker.

Meskipun dokter masih harus melakukan percobaan lebih lanjut, namun secara umum temulawak direkomendasikan untuk pasien penderita kanker.

  1. Untuk Melancarkan ASI

Didalam tumbuhan temulawak menagndung kandungan anti oksidan yang berfungsi Bagi ibu menyusui,Dengn mengonsumsi temulawak ternyata dapat meningkatkan serta melancarkan produksi ASI. Karena kandungan antioksidan yang tinggi sehingga berguna untuk mencegah terjadinya perubahan atau oksidasi nutrisi yang diperlukan untuk memproduksi ASI seperti protein dan asam lemak. Jika terjadi oksidasi nutrisi, maka produksi ASI pada ibu akan berkurang. Bukan itu saja, kualitas ASI juga dapat menurun.Untuk Menghindari hal tersebut denagn cara yang mudah cukup konsumsi temulawak secara teratur selama masa pemberian ASI ekslusif.

3.Menurunkan Lemak Darah

Didalam tumbuhan temulawak mempunyai Fraksi kurkuminoid atau ekstrak temulawak memiliki  Fungsi untuk khasiat kesehatan lain yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol total. Manfaat pad tumbuhan  temulawak  adalah menurunkan kolesterol atau lemak darah pada tubuh anda , tentu saja juga berdampak baik untuk kesehatan jantung  anda ,serta sistem kardiovaskuler dalam tubuh.Dengan cara yang muda konsumsi tumbuhan temulawak secara teratur kurang lebih dalam waktu 1 mnggu kemudian.lihat lemak darah pada tubuh anda akan menurun termasuk kolestroldalam tubuh anda,

  1. Mengatasi Peradangan Pada Sendi

Di dalam tumbuhan Temulawak memiliki kandungan yang sangat bermanfaat untuk tubuh anda yaitu kurkumin sekitar 100 mg fenibutazon yang  berfungsi dapat mengurangi peradangan pada sendi pada tubuh Anda.  Kandungan Kurkumin ini nantinya akan menghambat perpindahan sel-sel leuksit ke daerah peradangan  atau menghambat pembentukan dan transportasi mediator radang yang disebut prostaglandin.

Tumbuhan Temulawak sudah lama digunakan sebagai obat alami pereda radang sendi di Negara  India. Menurut sebuah studi yang diterbitkan pada 2009 lalu, pasien yang mengalami   peradangan pada sendi lutut yang telah  mengonsumsi sari tumbuhan  temulawak dan ibuprofen setiap hari selama 6 minggu berhasil mengurangi rasa sakit akibat radang atau arthritis tanpa efek samping yang berarti.Cukup telaten dalam mengkonsumsi sari tumbuhan temulawak agar peradangan pada seendi dapat teratasi dan tidak muncul rasa sakit lagi padapersendian anda,

  1. Memelihara organ Fungsi Hati

Manfaat tumbuhan  temulawak yang sudah dikenal luas oleh masyarakat di Negara  Indonesia adalah untuk menjaga  organ tubuh anda yaitu fungsi hati. karena temulawak mengandung katagoga yang memproduksi empedu dalam hati serta merangsang pengosongan empedu.Hasil penilian medis terhadap tumbuhan  temulawak menemukan bahwa temulawak ternyata memberikan enzim yang dapat menurunkan kadar SGOT (Serum Glutamic Oxaloacetic Transaminase) dan SGPT (Serum Glutamic Pyruvate Tranaminase). SGOT dan SGPT sendiri merupakan enzim yang terdapat dalam sel hati dan jumlahnya akan meningkat jika terjadi kerusakan pada organ hati anda..Seperti dilansir Farmacia, sekitar 38 pasien yang menderita gangguan hati dan memiliki nilai SGOT dan SGPT di atas normal diberikan obat yang mengandung 25 miligram kurkuma atau temulawak, serta beberapa elemen lainnya. Hasilnya, ternyata pasien mengalami penurunan nilai SGOT dan SGPT yang cukup signifikan.Untuk memelihara organ fungsi hati sangat mudah,dengan mengkonsumsi tumbuhan temulawak anda bisa memelihara organ fungsi hati dan erhindar dari kerusakan hati.

  1. . Mengatasi Masalah Sistem Pencernaan

Tumbuhan  temulawak  mempunyai manfaat yang lain adalah melancarkan sistem proses pencernaan. Karena  Kandungan zat di  dalam tumbuhan temulawak  telah diketahui mampu merangsang produksi empedu yang berfungsi  dapat membantu meningkatkan pencernaan. Tumbuhan temulawak mampu membantu penderita yang mengalami berbagai gangguan pencernaan, termasuk kembung, gas dan dyspepsia.caranya mudah dengan mengkonsumsi tanaman temulawak untuk minuman herbal anda, secara teratur maka permasalahan pada sstem pencernaan anda dapat teratasi secara maksimal dan terhindar dari masalah sgangguan system pencernaan.

  1. Menambah nafsu makan

Karena di dalam tumbuhan temulawak terdapat Efek minyak atsiri pada temulawak yang bersifat karminativum dapat menambah naf-su makan.denagn cara yang mudah yaitu  ambil 25 gr tumbuhan  temulawak, ditambah 10 gr asam jawa dan juga gula merah secukupnya kemudian direbus dengan 600 cc air sehingga tersisa sekitar 300 cc, saring dan minum ramuan tersebut.maka nafsu makan anda akan bertambah.

 

Kandungan dan manfaat di dalam tumbuhan temulawak sangalah banyak,oleh karena itu jangn pernah ragu lagi untuk mengkonsumsi ttumbuhan temulawak anda,konsumsi secara teratur untuk mengatasi permasalahan organ pada kesehatan anda.

Add Comment