Manfaat Sholat Hajat Dan Penjelasannya Secara Lengkap

Manfaat Sholat Hajat – Setiap orang pasti memiliki keinginan yang ingin terwujud, bagi seorang muslim untuk mewujudkan keinginan tersebut harus dilakukan dengan cara berusaha dan berdo’a nah setelah itu kita bertawakal atau kita serahkan semuanya kepada Allah SWT sebagai sang penentu. Namun terkadang walaupun kita sudah berusaha secara maksimal dan berdo’a dengan sungguh-sungguh apa yang menjadi keinginan kita masih belum terwujud.

Sholat Hajat

Untuk itu agar apa yang menjadi keinginan kita terwujud kita perlu memohon kepada Allah dengan lebih sungguh-sungguh dan lebih sering, nah salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mempercepat terwujudnya keinginan atau hajat yaitu dengan sholat sunnah hajat. Sebenarnya seberapa pentingkah sholat sunnah hajat tersebut dan apa saja keutamaan yang dimiliki sholat sunnah hajat? Berikut ulasan sholat sunnah hajat secara lengkap

Penjelasan Dan Tata Cara Sholat Hajat

Seperti namanya sholat sunnah hajat ini dilakukan bagi seorang muslim yang sedang memiliki hajat (keinginan) sebanyak dua rokaat sampai 12 rokaat di sepanjang waktu kecuali pada waktu yang tidak diperbolehkan untuk melakukan sholat. sholat sunnah hajat ini memiliki tujuan supaya apa yang diinginkan dapat cepat dikabulkan oleh Allah SWT. Hal ini seperti hadist yang diriwayatkan oleh Ahmad ra. “Barang siapa yang berwudhu dan sempurna dalam wudhunya, lalu ia sholat dua rokaat (hajat) maka Allah akan mengabulkan apa yang ia minta cepat meupun lambat”

Supaya hajat yang diinginkan ccepat dikabulkan biasanya sholat hajat ini dilakukan lebih dari 3 kali bisa sampai 7 kali, 11 kali atau lebih dari itu. Kemudian walaupun sholat hajat dapat dilakukan sepanjag waktu namun waktu yang paling disarankan adalah sepertiga malam terakhir kira-kira sekitar jam 2 sampai waktu menjelang subuh, ini karena sepertiga malam terakhir merupakan salah satu waktu mustajabah untuk berdoa dan meminta sesuatu kepada Allah seperti yang telah dicontohkan Nabi Muhammad saw bahwa beliau tidur lebih cepat dan bangun di sepertiga malam terakhir untuk berdzikir dan berdoa.

Untuk melakukan sholat hajat pertama diawali dengan niat, niat sholat hajat yaitu seperti berikut “Usholli sunnatal haajati rok’ataini lillahi ta’ala” kemudian melakukan takbirotul ihrom dan membaca do’a iftitah seperti biasa yang disusul dengan surat al ikhlas dan surat pendek. Untuk bacaan surat pendek diperbolehkan untuk membaca surat pendek yang manapun namun lebih disarankan untuk membaca surat-surat berikut ini

  • Pada rokaat pertama sesudah membaca surat al fatihah disambung dengan membaca surat al kafirun sebanyak 3 kali sementara pada rokaat kedua sesudah membaca surat al fatihah disambung dengan membaca surat al ikhlas sebanyak 3 kali
  • Pada rokaat pertama sesudah membaca surat al fatihah disambung dengan membaca ayat kursi satu kali kemudian pada rokaat kedua sesudah membaca surat al fatihah disambung dengan membaca surat al ikhlas satu kali

Selain niat dan bacaan di atas pelaksanaan sholat hajat sama dengan sholat-sholat sunnah yang lain, jika sudah selesai maka dianjurkan untuk membaca istighfar sebanyak 100 kali dan sholat kepada nabi Muhammad dengan bacaan “allahumma sholli ‘ala sayyidina muhammadin sholatarridhoo wardhoo’an ashhabihi ridhooar ridhoo” sebanyak seratus kali dan ditutup dengan doa selepas sunnah hajat kemudian diakhiri dengan bersujud dengan mengucapkan “laa ilaha illa anta subhanaka inni kuntu minadz dzolimin” sambil memohon apa yang menjadi keinginan dan hajat kita selama ini.

Fadhilah, Keutamaan Dan Manfaat Sholah Hajat

Sholat hajat merupakan salah satu sholat sunnah yang memiliki banyak keistimewaan hal ini dapat diketahui dari beberapa hadist mengenai fadhillah dan keajaiban dari sholat hajat seperti

“Seseorang yang tidak dapat melihat dapat melihat kembali setelah ia mengerjakan sholat hajat (HR. Tirmidzi dan Ibnu Majah)”

“Seorang musafir dari Yaman yang sedang melakukan perjalanan dengan mengendarai keledai, tak disangka keledai yang ia naiki mati di tengah perjalanan kemudian beliau mengambil air wudhu dan mengerjakan sholat hajat dan kemudian berdoa supaya keledainya hidup kembali tak berapa lama kemudian keledai tersebut bangkit kembali sambil mengibaskan kedua telinganya (HR Baihaqi)”

Selanjutnya Nabi Muhammad saw yang selalu mendengar tapak kaki Bilal di surga akhirnya Nabi Muhammad saw bertanya kepada Bilal mengenai amalan yang ia amalkan hingga kemudian Bilal menjawab “Tak pernah aku mengharapkan sesuatu yang aku harapkan kebaikannya selain setelah aku  bersuci pada malam atau siang hari aku mengerjakan sholat sebanyak yang bisa aku kerjakan (HR. Bukori Muslim)”

Melihat dari keajaiban-keajaiban dan keistimewaan sholat hajat seperti di atas maka dapat diketahui bahwa sebenarnya sholat sunnah ini memiliki keistimewaan yang sangat luar biasa untuk mewujudkan apa yang menjadi keinginan kita dan mempermudah kita untuk menggapai surga yang Allah sediakan untuk orang-orang mukmin. Namun sebaiknya kita melaksanakannya dengan hati yang benar-benar ikhlas serta hanya mengharapkan ridho dari Alloh SWT.

Add Comment