Manfaat Sayur Okra Yaitu Sayur Yang Belum Diketahui Banyak Orang

Manfaat Sayur Okra – sayur okra atau yang juga sering disebut bendi di beberapa daerah merupakan jenis tumbuhan berbunga yang berasal dari kawasan Ethiopia. Walaupun dapat hidup dengan baik di kawasan tropis namun jenis sayuran ini masih belum begitu populer di kalangan masyarakat Indonesia, sayur okra ini lebih populer di daerah Filipina, Saudi Arabia dan Jepang. Sayur yang memiliki nama latin Abelmoschus esculentus ini memiliki bentuk fisik hampir sama seperti cabai hijau besar mulai dari warna, bentuk dan isinya. Namun sayur okra memiliki bulu halus, keliling berkeluk dan akan mengeluarkan lendir jika dimasak.

Manfaat Sayur Okra Yaitu Sayur Yang Belum Diketahui Banyak Orang

Untuk rasa dan teksturnya hampir mirip seperti terong hijau renyah dan agak lunak. Sayur okra ini dapat diolah menjadi berbagai jenis masakan mulai dari kare hingga tumis ataupun sebagai campuran salad. Selain rasanya yang unik sayur ini juga memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan seperti memperbaiki mood yang kurang bagus, melancarkan sistem pencernaan, mencegah berbagai macam penyakit dan masih banyak lagi yang lainnya. Oleh karena itulah banyak negara maju yang telah memanfaatkan sayur nokra ini sebagai masakan sehari-hari dan diperkirakan dalam beberapa waktu ke depan sayur okra ini juga akan populer bagi masyarakat Indonesia

 

Kandungan Dan Efek Samping Mengonsumsi Sayur Okra

Sebagai golongan sayur super yang memiliki banyak manfaat sayur okra ternyata memiliki kandungan gizi yang cukup lengkap di dalamnya mulai dari karbohidrat, protein, serat, lemak dengan persentase yang sangat rendah kemudian vitamin B kompleks, vitamin A, ,C, E dan K berbagai jenis mineral seperti sodium, potassium, kalsium, tembaga, besi, magnesium, mangan, fosfor, selenium, seng, hingga beberapa zat antioksidan seperti beta karoten, beta crypto xanthin danlutein zeaxanthin.

Perlu diperhatikan walaupun memiliki kandungan yang menyehatkan kandungan oksalat yang terdapat dalam okra juga dikhawatirkan dapat memperburuk kondisi seseorang yang menderita batu empedu. Kemudian cara pengolahan okra sebaiknya tidak digoreng karena mampu membuat kadar kolesterol pada okra semakin meningkat.

 

8 Manfaat Sayur Okra Bagi Tubuh

  1. Untuk program diet

Sayur okra banyak mengandung vitamin, mineral dan serat yang baik untuk proses pendcernaan, sebaliknya sayur okra hanyam meiliki sedikit kalori yaitu hanya sekitar 30 kalori per 100 gram okra. Selain itu sayur okra juga tak memiliki kandungan kolesterol atau lemak jenuh oleh karena itu sayur okra sering sekali dijadikan sebagai bahan campuran salad yang menyehatkan dan cocok sekali untuk menurunkan berat badan atau program diet

  1. Untuk ibu hamil

Sayur okra juga memiliki kandungan folat yang cukup tinggi yaitu sekitar 22% RDA per 100 gram okra. Kandungan folat ini sangat dibutuhkan bagi ibu hamil untuk menghindari resiko kecacatan pada janin yang dikandungnya.

  1. Untuk sistem pencernaan

Sayur okra bila dimasak akan menghasilkan lendir, nah lendir ini akan berguna untuk membantu proses penyerapan makanan dalam usus, serta mendukung gerak peristaltik sehingga makanan dapat tercerna secara sempurna. Kemudian kandungan serat yang juga terdapat dalam okra akan menghindarkan seseorang dari masalah pencernaan seperti sembelit.

  1. Meninktkan sistem imun tubuh

Manfaat sayur okra lainnya yaitu mampu meningkatkan kembali sistem imun atau daya tahan tubuh yang mulai melemah agar terhindar dari infeksi virus, bakteri dan radikl bebas yang dapat memicu timbulnya berbagai penyakit. Dengan vitamin C yang dikandungnya sekitar 36% sayur okra mampu menangkal radikal bebas serta meningkatkan daya tahan tubuh agar badan tidak mudah jatuh sakit.

  1. Menguatkan tulang dan gigi

Kandungan berbagai mineral dalam sayur okra juga bermanfaat untuk pertumbuhan tulang dan gigi yaitu kalsium dan fosfor kemudian ditambah dengan vitamin K yang juga terkandung di dalam okra akan semakin memperkuat dan menyehatkan tulang dan gigi.

  1. Menjaga keseimbangan metabolisme tubuh

Kandungan lainnya yang terdapat dalam sayur okra adalah vitamin B kompleks yang terdiri dari berbagai macam vitamin B mulai dari Vitamin B1 hingga B12 yang masing-masing memiliki peran penting untuk menjaga keseimbangan metabolisme dalam tubuh. Maka dari itu kekurangan vitamin B kompleks dapat membuat metabolisme menjadi tidak seimbang yang akhirnya akan memicu masalah kesehatan lainnya.

  1. Menurunkan kadar kolesterol jahat

Berdasarkan The Journal Of Federation Of American Societies For Experimental Biology menunujukkan bahwa ekstrak sayur okra dapat menurunkan LDL kolesterol jahat dalam tubuh sehingga tubuh terhindar dari penyumbatan pembuluh darah akibat kolesterol

  1. Mengatasi penyakit jantung dan diabetes

Seperti yang telah disinggung di atas dengan menurunnya kadar kolesterol dalam darah akan membuat kerja jantung menjadi lebih ringan dan darah yang dialirkan lebih bersih kemudian ditambah dengan berbagai unsur antioksidan seperti katekin dan sejenisnya dapat membebaskan seseorang dari penyakit jantung. Sementara bagi penderita diabetes sayur okra juga direkomendasikan karena okra kaya akan serat yang mampu menghambat penyerapan gula ke dalam darah sehingga kadar gula darah dapat menurun.

Add Comment