Manfaat Sarapan Pagi Dan Bahaya Bagi Yang Melewatkannya

Manfaat Sarapan Pagi Dan Bahaya Bagi Yang Melewatkannya

Posted on

Manfaat Sarapan Pagi – makan pagi atau yang serig disebut dengan sarapan merupakan suatu kegiatan dimana seseorang sedang mengonsumsi makanan dan minuman untuk mengawali aktivitas sehari-hari. Begitu banyak media dan pakar kesehatan yang membahas serta merekomendasikan untuk selalu membiasakan sarapan pagi, ini karena begitu pentingnya sarapan pagi sebab selain dapat membuat tubuh lebih bertenaga dengan sarapan pagi juga berdampak pada kesehatan seseorang dalam jangka waktu yang panjang.

Manfaat Sarapan Pagi Dan Bahaya Bagi Yang Melewatkannya
Model: Jason Fukuhara dan Jennifer Fukuhara (OneModels)
Foto: Angger Bondan/Jawa Pos

Sarapan pagi sebaiknya dilakukan sebelum jam 10 selain itu dalam pemilihan menu sebaiknya memilih makanan yang ringan dan tidak memilih menu yang terlalu berat sehingga sulit dicerna oleh tubuh. Jenis nutrisi yang dibutuhkan tubuh pada pagi hari yaitukarbohidrat dengan rendah lemak kemudian makanan berserat tinggi serta protein dan beberapa vitamin. Maka dari itu sayu-sayuran dan beberapa jenis buah sangat dianjurkan untuk dikonsumsi di pagi hari serta hindari jenis makanan cepat saji seperti burger yang tinggi lemak.

Seseorang yang membiasakan sarapan pagi akan memiliki tubuh yang lebih sehat terhindar dari berbagai penyakit seperti maag dsb sementara seseorang yang tidak melakukan sarapan akan memiliki resiko lebih besar terserang penyakit seperti maag. Oleh sebab itulah pola makan dan pola hidup sehat menganjurkan seserang untuk melakukan sarapan pagi. Namun apakah anda tahu sebenarnya seberapa pentingkah sarapan pagi? Emudian apa saja bahaya dan manfaat dari sarapan pagi untuk tubuh?

 

5 Bahaya Membiasakan Melewatkan Sarapan Pagi

Memiliki tubuh yang kuat dan sehat pasti menjadi keinginan semua orang,cara yang perludilakukan untukmemiliki tubuh yang sehat yaitu menerpakna pola makan serta pola hidup yang sehat. Namun terkadang sangat begitu sulit bagi sebagian orang untuk menerapkan pola hidup sehat dalam kehidupan mereka terutama untuk menjaga pola makan. Tapi jika semuanya sudah dibiasakan sejak dini pasti akan terasa mudah, misalnya saja sarapan pagi begitu banyak orang yang melewatkan hal ini padahal melewatkan sarapan pagi memiliki dampak buruk bagi kesehatan baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Berikut ini bahaya melewatkan sarapan pagi bagikesehatan.

  1. Tubuh akan merasa cepat lelah
  2. Akan cepat hilang konsentrasi serta daya tangkap menurun
  3. Membiasakan melewatkan sarapan terutama bagi remaja dapat memicu sindrom metabolik yang dapat memicu terserang berbagai penyakit berbahaya seperti maag, jantung hingga diabetes
  4. Emosi akan sulit terkendali atau meningkatnya stres hal ini dipicu karena kondisi tubuh yang lelah kemudian perut yang kosong akan sulit mengerjakan sesuatu dengan baik sementara seseorang terus dituntut oleh pekerjaan atau rutinitas yang harus diselesaikan setiap harinya
  5. Bahaya membiasakan melewatkan sarapan yang terakhir yaitu dapat membuat kadar gula darah seseorang dibawah normal yang akhirnya dapat mengakibatkan seseorang mudah mengalami beberapa gangguan fisik seperti pusing, mata berkunang-kunang, lemas dsb

 

5 Manfaat Sarapan Pagi Bagi Kesehatan

  1. Sebagai sumber energi

Sarapan sebelum jam 9 pagi akan membuat tubuh seseorang memiliki energi yang lebih banyak dibanding dengan orang yang tidak melakukan sarapan pagi. Ini sangat penting karena tubuh akan lebih kuat dan tak mudah lelah dalam menjalani berbagai kegiatan sepanjang hari sehingga aktivitas dapat dilakukan dengan baik dan lancar.

  1. Untuk meningkatkan konsentrasi

Dengan melakukan sarapan otak akan mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan dengan keadaan yang lebih fresh, dengan kondisi yang masih segar saraf otak akan bekerja dengan lebih cepat menerima dan menyalirkan rangsangan ke bagian lain sehingga seseorang dapat memahami sesuatu dengan lebih cepat dan maksimal karena konsentrasi yang terjaga.

  1. Mencegah dari berbagai penyakit

Selain sebagai sumber energi membiasakan sarapan setiap hari juga mampu menghindarkan seseorang dari berbagai penyakit. Dalam sebuah riset menunjukkan bahwa seseorang yang terbiasa sarapan di pagi hari memiliki resiko terserang penyakit terutama penyakit di organ pencernaan lebih kecil dibanding dengan orang yang tidak membiasakan sarapan. Dengan sarapan dapat menghindarkan seseorang dari berbagai penyakit seperti diabetes, maag, jantung dan obesitas.

  1. Mengurangi stres

Secara tak disadari ternyata membiasakan sarapan pagi juga mampu mengurangi stres, dengan memulai aktivitas di apg hari tanpa melakukan sarapan besar kemungkinan akan mengalami lapar yang berlebih. Nah jika hal tersebut tidak segera teratasi kemudian ditambah dengan tekanan pekerjaan akan menurunkan mood seseorang yang akhirnya dapat menimbulkan stres. Oleh karena itu mengawali aktivitas dengan sarapa dapat mengurangi stres

  1. Menjada metabolisme dan berat badan agar tetap ideal

Seperti halnya stres, perut yang kosong di siang hari karena tak sarapan pagi besar kemungkinan akan memicu lapar yang berlebihan sehingga memaksa seseorang untuk mengatasi rasa lparanya tersebut dengan makan yang tidak sesuai porsi atau berlebihan. Hal ini dapat menjadi salah satu penyebab terjadinya obesitas atau kegemukan. Oleh karena itu melakukan sarapan pagi sangat cocok bagi seseorang yang seang menjalani diet sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *