Manfaat Sarang Walet Sebagai Air Liur Serbaguna Yang Sangat Berkhasiat

Manfaat Sarang Walet Sebagai Air Liur Serbaguna Yang Sangat Berkhasiat

Posted on

Manfaat Sarang Walet – Walet merupakan jenis burung yang menyukai tempat gelap dan lembap sebagai rumahnya oleh karena itu habitat dari burung ini biasanya terdapat di dalam gua, tebing, tebing terjal dan gedung besar yang tak berpenghuni. Dalam burung walet terdapat keunikan yang membuatnya diinginkan banyak orang yaitu karena air liurnya yang memiliki berbagai macam khasiat dan memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi bahkan sampai jutaan rupiah untuk setiap bijinya.

Manfaat Sarang Walet Sebagai Air Liur Serbaguna Yang Sangat Berkhasiat

Manfaat burung walet memang sudah dikenal sejak ratusan tahun lalu sebagai bahan pengobatan dan bahan masakan di kalangan bangsawan Cina. Bahkan dalam sejarah dinasti Cina sarang burung walet digunakan sebagai salah satu bahan sup yang memiliki cita rasa dan khasiat yang sangat tinggi. Sebenarnya apakah yang membuat sarang burung walet ini memiliki harga yang sangat mahal? Dan apa sajakah manfaat sarang walet bagi tubuh kita? Mari kita simak ulasannya berikut ini

 

Kandungan Dari Sarang Burung Walet

Nutrisi yang dimiliki oleh sarang burung walet sangatlah kompleks karena setidaknya atau secara garis besar terdapat delapan jenis nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan. Diantarai delapan nutrisi tersebut asam amino atau yang kita kenal dengan sebutan protein memiliki konsentrasi terbesar dalm sarang burung walet. Setiap 100 gram sarang burung walet setidaknya 50% atau 49,9 gram asam amino yang terbagi menjadi 17 jenis dan 3 golongan yaitu asam amino esensial, asam amino non esensial dan asam asmino semi esensial. Beberapa jenis protein yang ada di dalam sarang burung walet seperti liesin, humin, sitein, histidin, arginin, ninamino nitrogen, nitrogen monoamina dan nitrogen amido.

Dari 17 jenis asam amino tersebut kebanyakan adalah jenis asam amino yang mudah larut di dalam air sehingga memudahkan organ pencernaan untuk menyerap nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Kemudian kandungan lain yang memiliki kadar konsentrasi cukup banyak dalam sarang burung walet adalah karbohidrat yaitu sekitar 30 koma sekian gram tiap 100 gram sarang burung walet. Seperti yang kita ketahui karbohidrat sangat berguna untuk memberikan energi dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

Urutan nomer tiga yag memiliki konsentrasi cukup tinggi dalam sarang burung walet adalah zat besi yaitu sekitar 4,9 sampai 5 gram tiap 100 gram sarang burung walet. Zat besi berguna dalam proses pembentukan sel darah merah (eritrosit) di dalam tubuh. Kemudian sarang burung walet juga mengandung sekitar 2,5 gram garam anorganik yang terddiri dari kalsium, kalium, fosfor, natrium, magnesium, besi serta beberapa jenis garam mineral lainnya. Bahkan dari sebuah penelitianmenunjukkan bahwa sarang burun walet ini memiliki suatu senyawa yang bernama azitothymidine yang diperkirakan memiliki dampak baik untuk melawan penyebaran virus AIDS yang sampai sekarang masih belum diketahui obatnya.

Manfaat Sarang Walet Yang Patut Anda Ketahui 

  • Manfaat sarang walet dalam bidang pengobatan

Salah satu kandungan yang ada di dalam sarang walet adalah glycoprotein yang mampu memperbaiki daya tahan tubuh seseorang setelah jatuh sakit, memperkuat daya tahan tubuh seseorang yang sehat dan menjaganya agar tidak mudah sakit. Selain untuk sistem imun manfaat burung walet juga masih banyak dalam bidang pengobatan karena sarang burung walet mampu membantu penyembuhan beberapa jenis penyakit seperti meringankan batuk berdahak, mengatasi flu, mengatasi peradangan pada bronkeolus, dan mengatasi masalah susah tidur, asma, tbc, kesulitan menelan serta memperkuat dan membersihkan paru-paru. Bahkan dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa sarang walet mampu memperlambat pertumbuhan sel kanker dan melawanvirus AIDS.

  • Manfaat sarang walet dalam bidang kecantikan

Dalam dunia kecantikan sendiri sarang burung walet juga sering dijasikan sebagai bahan perawatan kulit karena sarang burung walet memiliki sifat mendinginkan kulit sehingga akan membuat kulit terhindar dari kulit kering & kusam. Kemudian sarang walet juga mengandung growth factor mampu meregenerasi sel kulit secara lebih optimal, mampu meningkatkan produksi kolagen yang berguna untuk menjaga kesehatan kulit. Selain itu manfaat sarang walet lainnya bagi kullit yaitu mampu menyamarkan tanda-tanda penuaan penuaan pada kulit sehingga anda akan terlihat awet muda.

  • Manfaat sarang walet bagi sistem reproduksi

Sementara manfaat sarang walet yang terakhir adalah untuk sistem reproduksi. Terutama bagi ibu hamil yang sebentar lagi akan melahirkan, sarang walet ini dapat menjadi salah satu sumber nutrisi lengkap karena kandungan asam aminonya yang terbilang lengkap mulai dari asam amino esensial hingga yang non esensial semua dimiliki oleh sarang walet. Dengan kandungan asam amino yang lengkap sarang walet ini mampu meningkatkan daya pikir dan keccerdasan terutama bagi anak-anak yang masih dalam proses pertumbuhan dan membutuhkan protein yang selain berguna untuk meregenerasi sel dan memperbaiki jaringan yang rusak protein juga mampu meningkatkan fungsi kerja otak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *