Manfaat Puasa Senin Kamis Untuk Kesuksesan Dunia Akhirat

Manfaat Puasa Senin Kamis Untuk Kesuksesan – puasa, beberapa agama memiliki ajaran untuk menahan hawa nafsu atau yang disebut puasa. Puasa yaitu menahan segala sesuatu dari hawa nafsu atau yang bisa membatalkan seperti makan, minum mulai dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari. Dalam agama islam sendiri puasa terdapat berbagai macam mulai dari yang wajib yaitu puasa di bulan romadhon dan puasa sunnah. Puasa sunnah sendiri ada yang bisa dilakukan setiap waktu kecuali pada hari tasyrik (hari yang diharamkan untuk berpuasa) seperti puasa dawud, puasa, senin kamis atau puasa sunnah yang hanya dilakukan pada bulan-bulan tertentu.

Manfaat Puasa Senin Kamis

Nah dari beberapa jenis puasa sunnah yang ada puasa sunnah senin kamis merupakan jenis puasa sunnah yang paling populer dan paling banyak diamalkan oleh umat islam. Puasa sunnah senin kamis ini sebenarnya sama saja seperti puasa wajib di bulan romadhon seperti menyegerakan berbuka, mengakhirkan sahur serta larangan-larangannya namun yang membedakan tidak ada lafadz tertentu dalam niat puasa sunnah senin kamis diucapkan dalam hati saja sudah cukup. Bahkan rosulullah pun yang sudah dijamin masuk surga juga mengistiqomahkan untuk berpuasa senin kamis seperti sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Aisyah ra bahwa “Rosulullah saw biasa untuk memilih berpuasa senin kamis”

Namun sebenarnya apakah manfaat dari puasa senin kamis tersebut bahkan Rosulullah sendiri yang terjaga dari dosa mau untuk mengamalkan puasa senin kamis?

 

Manfaat Puasa Senin Kamis Untuk Kehidupan Dunia Dan Akhirat

  1. Puasa Senin Kamis Dapat Mendatangkan Ketenangan Haqiqi

Manfaat puasa senin kamis yang pertama yaitu dapat mendatangkan ketentraman dan ketenangan terhadap hati jiwa dan pikiran secara haqiqi. Berdasarkan penjelasan dari Imam Barakat Abdullah bahwa puasa itu memiliki dua sisi yaitu bentuk dan ruh. Bentuk puasa yaitu menahan hwa nafsu dari hal-hal yang dapat membatalkan seperti makan, minum, bersetubuh mulai terbit fajar hingga terbenam matahari. Sementara ruh dari puasa yaitu menahan diri untuk melakukan hal buruk dan dosa sekecil apapun, menghindari sesuatu yang haram dan memperbanyak amalan sholeh. Dengan begitu seseorang yang menjalankan puasa secara bentuk dan ruh akan memperoleh kedamaian karena mampu mengontrol hawa nafsu serta menjadi lebih dekat Yang Maha Pencipta.

  1. Puasa Senin Kamis Membuat Tubuh Menjadi Awet Muda

Hal ini merujuk pada hasil penelitian yang dilakukan oleh dr.Yuri Nikolayev yaitu seorang dokter dari Rusia yang menyatakan bahwa dengan berpuasa dapat membuat seseorang nampak awet muda baik secara fisik, mental maupun spiritual dengan cara yang alami.

  1. Puasa Senin Kamis Dapat Meningkatkan Kecerdasan

Seperti yang sudah disinggung di atas bahwa berpuasa mampu menenangkan hati, pikiran dan jiwa sekaligus karena ibadah puasa tergolong sebagai ibadah tazkiyatun nafs atau ibadah yang menyucikan jiwa. Nah jika seseorang memiliki pikiran terutama hati yang jernih maka ilmu akan dengan mudah masuk ke dalam tubuh. Oleh sebab itu ada istilah ilmu laduni dalam islam yaitu ilmu yang langsung didapatkan dari Allah tanpa belajar terlebih dahulu. Salah satucara untuk memperoleh ilmu laduni tersebut adalah dengan menyucikan jiwa yang diawali dengan berpuasa.

  1. Puasa Senin Kamis Dapat Menghindarkan Dari Siksa Api Neraka

Seseorang yang membiasakan puasa senin kamis akan mampu mengontrol hawa nafsunya yang akhirnya akan mencegah dirinya untuk berbuat dosa. Inilah yang akan menghantarkan seseorang menuju surga dan terhindar dari siksa api neraka seperti hadist yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad & Imam Baihaqi “Puasa adalah benteng yang membentengi seseorang dari api neraka yang membara”

 

Manfaat Puasa Senin Kamis Untuk Kesuksesan

Memang dalam alqur’an tidak tertulis untuk melaksanakan puasa sunnah senin kamis secara istiqomah namun jenis puasa sunnah ini telah menjadi pilhan Rosulullah untuk selalu mendekatkan diri kepada Allah. Dengan begitu maka tak heran jika puasa sunnah memiliki keisimewaan yang sangat luar biasa karena selain menjalankan ibadah kepada Allah kita juga meneladani sikap Rosulullah dan menjalankan sunnahnya. Fadhillah dari puasa sunnah senin kamis memang sangatlah banyak baik itu yang dapat dirasakan maupun yang tidak dirasakan dan salah satucontohnya yaitu memudahkan jalan kita untuk menuju kesuksesan.

Mengapa demikian? Hal ini seperti yang diungkapkan dalam sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Ath Thobroni bahwa Allah berfirman “HambaKu yang telah mendekatkan diri kepadaKu dengn amalan sunnah hingga Aku menyukainya. Maka Aku akan menjadi pendengarannya ketika dia mendengar, Aku akan menjadi penglihatannya ketika dia memandang, Aku akan menjadi lisannya ketika dia berbicara dan Aku akan menjadi hatinya ketika dia berpikir Jika dia memanggilKu Aku akan menjawabnya, jika dia meminta pertolongan Aku berikan pertolongan untuknya. Dan pengabdiannya kepadaKu yang paling kusukai adalah kesungguhannya hanya untukKu”

Dari hadist tersebut dapat kita ketahui bahwa Allah akan memberikan pertolongan pada hambanya yang suka mengamalkan ibadah sunnah seperti puasa senin kamis. Selain itu telah banyak bukti bahwa dengan puasa sunnah akan menghantarkan seseorang pada kesuksesan dunia maupun akhirat seperti mantan presiden Indonesia BJ Habibie yang juga mengamalkan puasa senin kamis kemudian pemimpin majlis dzikir Ust.Arifin Ilham, pendiri bank muamalat Amin Aziz dan masih banyak lagi.

Add Comment