Manfaat Nasi Merah Ditinjau Dari Berbagai Sisi

Manfaat Nasi Merah – sebagian besar penduduk Indonesia menjadikan nasi sebagai jenis makanan pokok yang harus dikonsumsi setiap hari. Kandungan karbohidratnya yang tinggi sangat cocok bagi sebagian besar masyarakat Indonesia yang memiliki jenis pekerjaan berat. Namun selain nasi putih sebenarnya masih terdapat jenis nasi lain yang tak kalah berkhasiat seperti nasi merah hanya saja karena dianggap tidak umum maka banyak orang yang mengabaikan kandungan gizinya dan tetap mengonsumsi nasi putih setiap harinya.

Manfaat Beras Merah

Nasi merah ini sangat terkenal untuk menurunkan berat badan secara cepat karena memiliki kepadatan energi yang cukup rendah sehingga akan menurunkan berat badan dengan lebih cepat. Hal ini telah dibuktikan sejak beberapa tahun silam sekitar tahun 2008 American Journal Of Clinical Nutrition melakukan percobaan mengenai manfaat nasi merah untuk menurunkan berat badan dan akhirnya studi tersebut menghasilkan sebuah jawaban bahwa seseorang yang mengonsumsi nasi merah kaan mengalami penurunan berat badan lebih signifikan dibanding dengan seseorang yang mengonsumsi jenis makanan pokok lain sebagai pengganti nasi putih.

 

Kandungan Gizi Dalam Beras Merah

Kandungan utama yang terdapat di dalam beras merah yitu karbohidrat kompleks sebanyak 85%. Disebut sebaga karbohidrat ompleks karena karbohidrat yang terkandung dalam nasi merah terdiri atas protein dan lemak yang berguna sebagai cadangan makanan sekaligus memperbaiki jaringan tubuh yang rusak. Oleh karena itulah mengonsumsi nasi merah lebih sehat dan terasa kenyang lebih lama dibandnig dengan nasi putih biasa. Kandungan nasi merah selanjutnya adalah serat sektar 7%. Serat disini berperan untuk memperlambat proses penyerapan glukosa dalam darah serta memperlancar sistem pencernaan makanan dalam tubuh.

Dari jenis vitamin terdapat vitamin B kompleks yang sangat dominan yang terdiri dari niacin, riboflavin, thiamin, folat dan B6. Setiap jenis dari vitamin B memiliki fungsi dan perannya masin-masing namun secara keseluruhan vitamin B kompleks berguna untuk menjaga kestabilan metabolisme dalam tubuh dengan memproduksi sel darah, menjaga fungsi kerja otak dan sebagainya. Sementara vitamin lain yang terdapat dalam nasi merah yaitu Vitamin A yang berguna untuk menjaga kesehatan mata sehingga daya penglihatan tetap optimal.

Dan terakhir dari kelompok mineral nasi merah juga tak kalah dari nasi putih maupun nasi hitam. Di dalam nasi merah terkandung berbagai jenis mineral seperti magnesium yang membantu menetralkan kadar kolesterol dalam tubuh kemudian fosfor dan kalsium yang berguna untuk menjaga kesehatan dan kepadatan tulang serta gigi. Serta kalium yang berguna untuk menjaga kesehatan jantung dan menjaga konsentrasi cairan di dalam tubuh.

 

Manfaat Nasi Merah Bagi Tubuh

  1. Cocok Untuk Program Diet

Dengan mengonsumsi nasi merah dapat membuat perut merasa kenyang lebih lama jika dibanding dengan nasi putih. Hal ini diakibatkan karena di dalam beras merah terkandung jenis karbohidrat kompleks yang membutuhkan waktu lebih lama dalam proses pencernaannya. Oleh karena itu nasi merah dapat mengontrol pola makan anda agar tidak mudah tergoda dengan makanan enak ketika perut sudah terisi

  1. Menyehatkan Organ Pencernaan

Selain karbohidrat kompleks di dalam nasi merah juga sudah terkandung serat alami dengan kadar yang cukup untuk kebtuhan sehari-hari. Kandungan serat di dalam nasi merah ini sangat berguna untuk melancarkan penyerapan asupan makanan oelh organ-organ pencernaan sehingga sistem pencernaan dapat berjalan dengan lancar dan terhindar dari berbagai masalah pencernaan.

  1. Menjaga Keseimbangan Kolesterol

Kandungan lain yang terdapat di dalam nasi merah adalah magnesium. Jenis mineral yang satu ini berguna untuk menjaga kestabilan kadar kolesterol dalam tubuh. Nasi merah yang masuk ke dalam tubuh akan menurunkan jenis kolesterol jahat atau yang disebut LDL dan sebaliknya nasi merah juga akan meningkatkan kadar kolesterol baik atau HDL

  1. Menyehatkan Jantung

Dengan kadar kolesterol yang terjaga maka kemungkinan penyumbatan pembuluh darah baik di seluruh tubuh maupun di sekitar jantung juga akan berkurang. Hal ini sangat berguna bagi kesehatan jantung karena jantung tidak akan bekerja terlalu berat karena mengalir dengan lancar ke seluruh tubuh. Hal tersebut ditegaskan dengan hasil penelitian yang dilakukan dua ahli jantung dari Chestnut Hill Hospital mereka menyatkan bahwa pasien yang mengonsumsi nasi merah mengalami penurunan kolesterol jahat lebih baik dibanding pasien yang menggunakan obat-obatan untuk menurunkan kadar kolesterol jahat.

  1. Cocok Untuk Penderita Diabetes

Diabetes merupakan salah satu penyakit yang sangat berbahaya di dunia, salah satu cara untuk tetap sehat yaitu dengan mengontrol kadar gula darah dengan menghindari makanan yang terlalu manis dan berkarbohidrat tinggi. Namun tenang saja walaupun nasi merah mengandung karbohidrat namun di dalam nasi merah juga mengandung serat yang dapat menghambat kandungan gula pada nasi merah masuk ke dalam darah sehingga cocok dikonsumsi oleh seseorang yang menderita penyakit diabetes.

Add Comment