Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan Serta Kecantikan

Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan Serta Kecantikan

Posted on

Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan – tumbuhan merupakan salah satu jenis makhluk hidup yang sering dimanfaatkan oleh manusia baik sebagai makanan, obat-obatan dan beberapa jenis industri. Tumbuhan memiliki peran yang sangat penting di dunia ini karena selain menghasilkan oksigen yang setiap harinya dibutuhkan manusia untuk bernafas tumbuhan juga dapat menjadi sumber makanan, bahan pembuatan rumah, bahan seni hingga sebagai bahan obat-obatan.

Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan Serta Kecantikan

Slah satu jenis pohon yang telah berjasa dalam peradaban manusia sejak ratusan atau mungkin ribuan tahun yang lalu adalah pohon zaitun sebagai penghasil minyak zaitun yang kaya akan manfaat. Pohon yang dapat berumur hingga ribuan tahun ini memiliki buah yang dapat dimakan langsung maupun diekstrak hingga menjadi minyak yang disebut minyak zaitun. Pohon zaitun ini diperkirakan berasal dari dataran cekungan Mediterania yaitu daerah sekitar Laut Tengah. Salah satu penyebab mengapa harga jual minyak zaitun sangat mahal yaitu karena proses pertumbuhan pohon zaitun yang cukup lama

Olive oil atau yang lebih kita kenal dengan sebutan minyak zaitu ini memiliki kegunaan yang cukup beragam untuk tubuh manusia mulai dari kesehatan rambut, kesehatan kulit atau kesehatan organ-organ yang ada di dalam tubuh manusia, oleh karena itu banyak produk kesehatan maupun kecantikan yang menggunakan minyak aitun sebagai salah satu komposisi penyusun di dalamnya. Dalam minyak zitun terkandung beberapa jenis lemak dari golongan tak jenuh yang mudah dicerna dan baik untuk kesehatan yaitu omega 6 dan omega 9.

Perlu diketahui bahwa minyak zaitun ini dapat diolah menjadi tiga macam, pertama yaitu 100% murni (extra virgin), minyak zaitun murni dn minyak zaitun hasil dari sulingan. Dari ketiga jenis minyak zaitun tersebut memiliki khasiat dan cara penggunaan yang berbeda-beda, untuk minyak zaitun extra virgin lebih baik dikonsumsi secara langsung atau campuran makanan dan tidak cocok jika digunakan untuk menggoreng. Sementara minyak zaitun murni dapat digunakan untuk menumis maupun untuk campuran makanan dan jenis minyak zaitun sulingan lebih bagus digunakan sebagai campuran makanan, menumis atau dikonsumsi secara langsung dan tidak dianjurkan digunakan untuk menggoreng.

 

Fakta Unik Mengenai Minyak Zaitun

  1. Minyak zaitun telah digunakan manusia sejak ratusan tahun lalu

Salah satu fakta menarik mengenai minyak zaitun adalah bahwa jenis minyak satu ini telah dimanfaatkan dan berjasa untuk peradaban manusia sejak ratusan atau mungkin ribuan tahun lalu. Salah satu penyebabnya adalah karena pohon zaitun sebagai penghasil minyak zaitun bisa bertahan hidup hingga ribuan tahun seperti yang pernah ditemukan di Palestina, kemudian pada era yunani kuno minyak zaitun sering digunakan sebagai obat dan pengawet mayat.

  1. Minyak zaitun sangat direkomendasikan di seluruh dunia

Karena minyak zaitun telah terbukti secara klinis dan memang telah dipergunakan olh manusia sejak ratusan tahun yang lalu maka pemanfaatan minyak zaitun sangat direkomendasikan di seluruh dunia. Bahkan organisasi minyak zaitun dunia atau yang dikenal IOC (International Olive Oil Council) yang telah memiliki lebih dari 20 negara anggota dan terus berkembang hingga sekarang mempromosikan serta terus melakukan riset mengenai minyak zaitun. Selain itu organisasi yang berpusat di Madrid, Spanyol ini juga melakukan standarisasi mengenai kualitas minyak zaitun yang aman dan berkhasiat.

  1. Minyak zaitun akan berubah rasa saat digoreng

Perlu anda perhatikan walaupun terkenal aman dan menyehatkan pada beberapa jenis makanan minyak zaitun ini tidak cocok dijaikan sebagai minyak goreng. Ini karena salah satu sifat dari minyak zaitun adalah mempunyai titik asap yang sangat tinggi. Oleh karena itu jika minyak zaitun dipaksa menerima suhu yang tinggi maka tak hanya struktur dan kandungannya saja yang akan berubah rasanya pun juga akan ikut berubah.

 

Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan Dan Kecantikan Kulit

  1. Minyak zaitun bermanfaat meningkatkan fungsi kerja otak

Manfaat minyak zaitun untuk kesehatan yang pertama adalah mampu merangsang saraf untuk agar memiliki daya tangkap yang lebih maksimal. Kandungan omega 3 dan omega 6 yang ada di dalam minyak zaitun mampu meningkatkan kecerdasan otak, perkembangan berpikir dan pertumbuhan sel pada otak sekaligus untuk menjaga kesehatan otak

  1. Minyak zaitun bermanfaat meningkatkan daya tahan tubuh dan stamina

Setiap 100 gram minyak zaitun mengandung kalori sekitar 370.  Jumlah tersebut sudah terbilang banyak dan cukup untuk mengembalikan stamina serta daya tahan tubuh yang menurun setelah  beraktivitas seharian.

  1. Minyak zaitun bermanfaat mencegah berbagai penyakit

Minyak zaitun juga berguna untuk mencegah tubuh terserang berbagai penyakit sepereti jantung, koroner, stroke, demensia, gangguan pencernaan, darah tinggi dan kanker usus besar.

  1. Minyak zaitun bermanfaat untuk kecantikan

Dalam dunia kecantikan minyak aitun juga memiliki manfaat yang cukup banyak seperti melembapkan kulit, mengatasi rambut kusam, menjaga kesehatan kuku serta sebagai relaksasi dalam beberapa jenis pemijatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *