Manfaat Minyak Tawon Sebagai Pembasmi Bakteri Dan Penyembuh Luka

Manfaat Minyak Tawon – Manfaat Minyak Tawon Sebagai Pembasmi Bakteri Dan Penyembuh Lukadengan kegunaannya sebagai minyak yang mampu untuk mempercepat penyembuhan luka. Namun sadarkah anda jika minyak yang justru terbuat dari bahan alami dan bukan terbuat dari tawon (sejeni lebah) memiliki khasiat dan manfaat yang lainnya bagi tubuh. Sebenarnya apakah kandungan dari minyak tawon ini sehingga membuat minyak ini masih tetap eksis di tengah dunia modern seperti sekarang ini?

 

Komposisi Dan Kandungan Alami Dari Minyak Tawon

Terbuat dari beberapa macam bahan alami membuat minyak tawon ini tetap populer dan tetap menjadi pilihan utama oleh banyak orang hingga saat ini mengatasi beberapa jenis masalah yang muncul pada permukaan kulit khususnya berbagai jenis luka. Sebelum mengarah pada manfaat yang dimiliki oleh minyak tawon berikut komposisi dan kandungan penyusun minyak minyak tawon.

  • Minyak kayu putih

Salah satu kandungan utama penyusun minyak tawon adalah minyak kayu putih. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa salah satu manfaat dari minyak kayu putih adalah mampu menghangatkan tubuh itulah mengapa minyak tawon juga memiliki kemampuan untuk menghangatkan tubuh. Selin itu minyak kayu putih ini juga berfungsi sebagai pencegah terjadinya infeksi serta mengatasi perut kembung atau mual

  • Minyak kelapa

Kandungan minyak lainnya yang juga menjadi penyusun utama dari minyak tawon adalah minyak kelapa. Minyak kelapa inilah yang membuat minyak tawon memiliki nutrisi seperti vitamin E dan vitamin A yang berguna untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit. Tak hanya itu minyak kelapa ini juga mengandung asam lemak tak jenuh yang mudah dicerna atau mudah meresap ke dalam kulit.

  • Ekstrak cengkeh

Salah satu alasan mengapa cengkeh juga menjadi bahan dasar dalam pembuatan minyak tawon yaitu karena cengkeh bersifat antiseptik yang berguna membunuh kuman dan bakteri. Oleh karena itu maka tak heran jika minyak tawon ini mampu meredakan rasa sakit dan mempercepat proses penyembuhan luka

  • Beberapa jenis rempah

Beberapa jenis bumbu dapur yang juga manjadi campuran dalam pembuatan minyak tawon yaitu bawang, kunyit, jahe, serta daun lada yang masing masing memiliki peran dan kegunaan sendiri-sendiri.

 

Manfaat Minyak Tawon Untuk Berbagai Kegunaan

  1. Minyak tawon berguna untuk mempercepat proses penyembuhan luka

Manfaat minyak tawon yang paling umum dan paling dikenal di kalangan masyarakat adalah khasiatnya yang mampu menyembuhkan berbagai jenis luka yang terdapat di permukaan kulit. Berbagai jenis luka seperti luka memar, luka gores, luka akibat gigitan serangga dan luka bakar semuanya dapat sembuh dengan lebih cepat jika rutin menggunakan dan mengoleskan minyak tawon di area sekitar kulit yang luka tersebut.

  1. Minyak tawon berguna sebagai pembunuh kuman dan bakteri

Salah satu penyebab yang membuat proses penyembuhan luka menjadi lebih cepat adalah karena minyak tawon mampu membunuh kuman, bakteri dan jamur di sekitar area yang terluka hingga membuat luka tersebut menjadi lama dalam proses penyembuhannya. Maka tak salah jika seseorang yang mendapat luka pada bagian kulitnya segera mengobatinya menggunakan minyak tawon.

  1. Minyak tawon berguna seabgai minyak pereda nyeri

Tak hanya berguna untuk mempercepat proses penyembuhan luka fisik saja minyak tawon ini juga sering sekali dimanfaatkan sebagai minyak yang mampu meredakan rasa nyeri. Dengan sensasinya yang menghangatkan membuat rasa hangat tersebut dapat meresap ke dalam tubuh dan area yang sakit hingga mampu meredakan rasa sakit akibat bengkak, keseleo serta nyeri yang sering terasa di area sekitar sendi.

  1. Minyak tawon bermanfaat memperlancar aliran darah

Minyak tawon juga sering dimanfaatkan sebagai minyak urut. Kemampuannya yang dapat menghangatkan tubuh dapat membuat metabolisme dan peredaran darah di dalam menjadi lebih lancar dan melemaskan dan mengencangkan kembali posisi otot-otot yang kurang tepat

  1. Minyak tawon berguna untuk mempercantik kulit

Minyak tawon ini dikabarkan juga memiliki peran dalam mempercantik kulit tubuh seperti mulai dari menjaga kelembapan kulit, meningkatkan elastisitas dan kelenturan kulit serta mengatasi berbagai noda pada kullit sepert noda htam dan jerawat. Memang dengan kandungan minyak kelapa serta vitamin E yang dikandungnya membuat minyak tawon ini mampu memberikan nutrisi yang dibutuhkan oleh kulit

  1. Minyak tawon bermanfaat untuk mengatasi penyakit ringan

Manfaat minyak tawon yang terakhir yaitu mampu mengatasi beberapa jenis penyakit ringan. Dengan sifatnya yang menghangatkan, meredakan rasa sakit dan memperlancar metabolisme dalam tubuh membuat minyak tawon bisa dimanfaatkan untuk mengobati sakit kepala, badan pegal-pegal, leher kaku, diare atau sakit perut, sakit kepala, flu maupun pilek.

Itulah beberapa manfaat dan khasiat minyak tawon yang bisa anda pakai dalam kegiatan sehari-hari karena minyak tawon ini aman, tidak menimbulkan efek sampng maupun menyebabkan kecanduan bagi penggunanya. Dengan demikian maka berakhirlah pembahasan kita kali ini mengenai manfaat minyak tawon bagi kesehatan kulit dan tubuh manusia, semoga artikel yang saya tulis ini dapat bermanfaat dan berguna bagi diri saya pribadi dan anda semua..

Add Comment