Manfaat Minyak Ikan Yang Terkenal Baik Untuk Mencerdaskan Otak

Manfaat Minyak Ikan – Di alam ini terdapat berbagai jenis minyak yang bergun untuk kehidupan manusia mulai dari minyak yang berguna untuk bahan bakar, minyak untuk memasak, minyak yang berguna sebagai pewangi, pengobatan atau relaksasi hingga minyak yang dapat dikonsumsi. Jika kita mengenal beberapa jenis minyak didapatkan dari lemak hewan purba dan beberapa jenis tanaman ternyata terdapat jenis minyak lain yang berasal dari laut atau lebih tepatnya hewan laut minyak tersebut adalah minyak ikan.

Khasiat-Minyak-Ikan

Minyak ikan merupakan minyak yang didapatkan dari lemak ikan laut yang kaya akan vitamin serta mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Pada awalnya minyak ikan ini didapatkan dari ikan paus yang memiliki lemak yang cukup melimpah namun seiring berjalannya waktu dan perkembangan ilmu pengetahuan membuat penemuan minyak ikan semakin mudah pada beberapa jenis ikan seperti ikan salmon, ikan sarden ikan herring, ikan makarel dan beberapa jenis ikan lainnya.

Sebagai tambahan pengetahuan bahwa pada awalnya pemanfaatan minyak ikan ini dilakukan oleh masyarakat pesisir Inggris utaradan beberapa negara di sekitarnya seperti irlandia yang memanfaatkan minyak ikan cod sebagai makanan ternak. Tak diduga ternyata hewan ternak mereka menjadi gemuk dan sehat. Sejak saat itu akhirnya mereka juga mengonsumsi minyak ikan cod baik secara langsung maupun menggosokkannya pada kulit dan sendi mereka yang terasa sakit.

 

Sumber dan Kandungan Dalam Minyak Ikan

Minyak ikan hanya memiliki tiga komponen utama di dalamnya yaitu omega 3, DHA (Docosahexaenoic acid) dan EPA (Eicosapentaenoic Acid) yang masing-masing memiliki fungsi dan perannya tersendiri dalam tubuh. Jika omega 3 terkenal baik untuk menjaga kesehatan jantung dengan menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh beda halnya dengan EPA maupun DHA. DHA atau Docosahexaenoic acid dikenal sangat bagus untuk perkembangan otak yang akan meningkatkan kemampuan otak dan meningkatkan daya ingat seseorang. Sementara EPA lebih dikenal bagus untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit agar tetap lembap dan nampak awet muda

Kita dapat memperoleh minyak ikan dari beberapa jenis ikan saja seperti ikan paus. Namun tahukah anda jika terdapat tiga jenis ikan yang memiliki kandungan minyak ikan atau omega tiga yang cukup tinggi. Ikan tersebut adalah ikan sarden, ikan tuna dan ikan salmon. Untuk sumber minyak ikan lainnya dapat diperoleh dari ikan herring, ikan makarel dan beberapa jenis hewan laut seperti udang, kepiting laut dsb.

 

Manfaat Minyak Ikan Untuk Kesehatan Dan Kecantikan Kulit

  1. Minyak ikan mampu meningkatkan kecerdasan dan fungsi otak

Sering kita mendengar atau melihat sebuah iklan mengenai produk yang mengandung minyak ikan berguna untuk meningkatkan kecerdasan seseorang terutama bagi anak-anak dan remaja. Mengonsumsi minyak ikan secara rutin dan sesuai aturan akan membantu mempertajam daya pikir, meningkatkan daya ingat serta meningkatkan fungsi kerja otak.

  1. Minyak ikan mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh

Seperti yang kita tahu bahwa kolesterol jahat atau LDL sangatlah buruk bagi tubuh karena dapat menimbulkan berbagai penyakit mulai dari serangan jantung, penyumbatan pembuluh darah dan lain sebagainya. Salah satu manfaat minyak ikan ini yaitu mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

  1. Minyak ikan membantu menjaga kesehatan jantung

Manfaat minyak ikan lainnya yaitu berguna untuk menjaga kesehatan jantung serta mengurangi resiko terkena serangan jantung. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh American Heart Association (asosiasi kesehatan jantung Amerika) telah membuktikan bahwa salah satu kandungan yang ada di dalam minyak ikan yaitu omega 3 sangat efektif untuk mengurangi resiko munculnya masalah kesehatan pada organ jantung.

  1. Minyak ikan membantu menjaga kesehatan mata

Minyak ikan dianggap juga mampu menjaga kesehatan dan daya penglihatan khususnya bagi orang-orang yang telah lanjut usia. Untuk meyakinkan bahwa minyak ikan berguna untuk menjaga kesehatan mata, sebuah Institut kesehatan di Amerika yang dikenal dengan nama National Institute of Health melakukan penelitian lebih lanjut mengenai kandungan minuyak ikan yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan mataMinyak ikan membantu menjaga kesehatan sendi

Seperti yang telah dijelaskan di awal tadi bahwa awal pemanfaatan minyak ikan ini tidak hanya untuk dikonsumsi namun masyarakat eropa khususnya inggris utara telah menggunakan dan mengoleskan minyak ikan pada bagian sendi mereka yang terasa sakit. Hal ini dipertegas dalam studi yang dilakukan salah satu perguruan tinggi Australia yaitu University of Newcastle yang bekerja sama dengan Royal Audelaidi Hospital bahwa mengonsumsi minyak ikan secara rutin dapat menyembuhkan nyeri pada sendi.

  1. Minyak ikan membantu menjaga kesehatan dan kecantikan kulit

Manfaat minyak ikan yang terakhir yaitu mampu berperan sebagai nutrisi untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit. Kandungan EPA di dalam minyak ikan sangat berguna dan dibutuhkan oleh kulit untuk menjaga kelembapan kulit, melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Selain itu minyak ikan juga mampu mencegah dan menyamarkan tanda penuaan yang muncul pada kulit.

Add Comment