Manfaat Membaca Al-qur’an Bagi Kehidupan Dunia Akhirat

Manfaat Membaca Al-qur’an – sebelum al-qur’an turun terdapat kitab-kitab terdahulu yang telah diturunkan Allah kepada masing-masin nabi yang menerimanya seperti kitab zabur kepada nabi daud, kitab taurat kepada nabi musa dan kitab injil kepada nabi Isa. Nabi Muhammad sebagai nabi akhir zaman dan tak ada lagi nabi setelahnya menerima wahyu berupa al-qur’an sebagai penyempurna kitab-kitab terdahulu serta sebagai mukjizat terbesar yang dimiliki oleh nabi muhammmad saw bersama seluruh umatnya hingga hari kiamat kelak.

Manfaat Membaca Al-Qur'an

Kitab al-qur’an ini berbeda dengan kitab-kitab sebelumnya karena kemurnia kitab al-qur’an akan tetap terjaga kemurniaanya hingga hari kiamat tak seperti kitab injil yang telah diubah sendiri isinya oleh umat nabi isa as. Kita sebagai umat nabi muhammad yang masih terus berjuang menegakkan agama Allah di muka bumi ini sebaiknya membaca, mempelajari dan mengamalkan isinya dalam kehhidupan sehari-hari.

Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Membaca Al-qur’an

  • Niat, Hal pertama yang perlu diperhatikan sebelum memulai membaca al-qur’an adalah meluruskan niat terlebih dahulu yaitu dengan hanya mengharapkan ridho Allah SWT, tidak ingin pamer dan tidak ingin dipuji dan sebagainya.
  • Tajwid, kemudian setelah meluruskan niat yaitu membacanya dengan benar. Terdapat beberapa hal yang perlu dipelajari seperti panjang pendek dari setiap huruf, kejelasan setiap penyebutan huruf karena setiap huruf memiliki cara penyebutan yang berbeda-beda kemudian aturan-aturan lain yang termasuk dalam ruang lingkup tajwid. Setelah dapat membaca dengan benar agar membacanya lebih enak maka dilakukan dengan lagu dan tidak terburu-buru (tartil)
  • Keadaan badan dan sikap, dalam membaca al-qur’an sebaiknya duduk dengan tenang disarankan duduk bersilah, membaca di tempat yang suci dan bersih, menggunakan pakaian yang suci dan bersih, menutupi aurat, memakai kopya bagi laki-laki, menghadap kiblat serta diawali dengan bacaan taawudz

Itulah beberapa adab yang perlu dilakukan dalam membaca al-qur’an sebagai kalamullah yang penuh makna. Namun selain membacanya kita juga perlu mempelajari, mengkaji dan mengetahui isinya serta diterapkan dalam kehidupan sehari-hari karena pada hari kiamat nanti banyak sekali kaum muslim yang suka membaca al-qur’an namun tidak mendapat syafaat seperti yang dijanjikan. Terdapat beberapa penyebab mengapa al-qur’an berpaling kepada mereka yang rajin membaca al-qiur’an seperti dari niatnya yang tidak benar ingin dipuji dan sebagainya, cara membacanya yang salah dan tak ingin berusaha lebih baik serta tidak mengamalkan isi al-qur’an dalam kehidupan walaupun rajin membacanya.

Manfaat Membaca Al-qur’an Menurut Islam

  1. Memberi ketenangan

Seseorang yang rajin membaca alqur’an atau seseorang yang mendengar lantunan ayat alqur’an dengan suara yang merdu dapat membuat hati seseorang luluh merasa lebih tenang dan tentram seperti firman Allah yang terdapat pada surah ArRa’d ayat 28 “orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tentram dengan mengingat Allah. Ingatlah dengan hanya mengingat Allah lah hati menjadi tenang”

  1. Memperoleh syafaat

Seseorang yang rajin membaca al-qur’an dengan baik dan dengan niat yang ikhlas maka alqur’an tersebut akan menjadi penolong bagi mereka seperti hadist yang diriwayatkan oleh Imam Musmlim “Bacalah Al-qur’an! Sesungguhnya ia akan datang di hari kiamat dengan memberi syafaat kepada pembacanya”

  1. Memperoleh pahala yang melimpah

Setiap membaca satu huruf dalam al-qur’an dapat bernilai ibadah maka dapat dibayangkan jika kita membaca al-qur’an satu ayat, satu surat atau bahkan satu juz berapa banyak pahala yang akan kita peroleh. Hal ini seperti hadist yang diriwayatkan Imam Tirmidzi “”barang siapa membaca satu huruf dari kitabullah maka akan mendapatkansatu kebaikan. Dan setiap satu kebaikan akan dibalas 10X lipat”

  1. Ditinggikan derajatnya

Selain meninggikan derajat orang yang mencari ilmu Allah SWT juga meninggikan derajat yang suka membaca al-qur’an bersama para malaikat yaang mulia “orang yang pandai membaca al-qur’anakan bersama dengan para malaikat pencatat yang mulia dan taat. Dan orang yang terbata-bata membaca al-qur’an dan dia bersusah payah mempelajarinya maka dua pahala untuknya” (HR.Imam Bukhori)

  1. Membersihkan penyakit hati

Selain penyakit fisik penyakit hati juga bisa menyerang manusia bahkan lebih berbahay karena dapat membuat hidup seseorang menjadi gelisah, tidak tenang, dsb. Agar terhindar dari penyakit hati seperti dengki, iri, riya’, sombong, tamak dan sebagainya yaitu dengan memperbanyak dzikir dan membaca al-qur’an.

  1. Mencegah kepikunan

Selain bernilai ibadah ternyata membaca al-qur’an dapat memperkuat daya ingat seseorang serta meningkatkan fungsi otak karena al-qur’an merupakan kalamullah yang berguna sebagai as-syifa’.

  1. Meningkatkan kecerdasan

Manfaat membaca al-qur’an lainnya yaitu dapat meningkatkan kecerdasan, menurut sebuah penelitian air putih yang dibacakan al-qur’an kemudian ditiupkan ke air tersebut maka secara mikroskopis terdapat sebuah kristal putih mengkilap yang sangat bagus untuk tubuh manusia. Bukti lainnya yaitu terdapatnya ilmu laduni yaitu ilmu untuk memahami dan mengetahui segala sesuatu tanpa belajar. Salah satu penyebab seseorang bisa memperoleh ilmu laduni yaitu dengan sering membaca al-qur’an

  1. Memperlancar rizki

Membaca al-qur’an secara rutin juga mampu memperlancar rizki seseorang bahkan di dalam al-qur’an terdapat surat yang memiliki keutamaan khusus untuk memperlancar rizki seperti surat al-waqiah.

Add Comment