Manfaat Kunyit Untuk Wajah Dan Kecantikan

Manfaat Kunyit Untuk Wajah – kunyit merupakan jenis tumbuhan rempah-rempah yang juga dapat dijaadikan sebagai bahan obat-obatan yang diperkirakan berasal dari kawasan Asia Tenggara. Pemanfaatan kunyit dalam berbagai bidang sudah dilakukan sejak puluhan bahkan ratusan tahun lalu terutama oleh para penduduk India. Tergolong dalam kelompok tanaman jahe-jahean bumbu dapur yang satu ini memiliki beberapa kandungan alami yang sangat baik untuk tubuh diantaranya adalah kurkumin senyawa inilah yang sering dimanfaatkan dalam dunia kesehatan untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Selain itu kunyit juga mengandung beberapa jenis nutrisi lainnya seperti karbohidrat,protein, lemak, vitamin C dan beberapa jenis garam mineral.

Manfaat Kunyit

Namun perlu diingat semua yang berlebihan itu tidaklah baik begitu juga dengan kunyit oleh karena itu kita perlu mengontrol dalam mengonsumsinya. Jika terlalu sering mengonsumsi kunyit putih maka tubuh anda akan mengalami hipoglikemia yaitu dimana keadaan tubuh mengalami kekurangan kadar gula dalam darah yang dapat menyebabkan tubuh terasa lemas. Kemudian bagi ibu hamil dan menyusui juga tidak disarankan untuk mengonsumsi kunyit secara langsung atau secara berlebihan karena kunyit dikhawatirkan dapat meningkatkan resiko keguguran sementara bagi ibu hamil dapat mengurangi produksi ASI yang sangat dibutuhkan oleh sang bayi.

Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan

 

  1. Mencegah Leukimia

Konsentrasi leukimia yang tak normal di dalam tubuh sangatlah berbahaya karena dapat memicu terjadinya kanker darah. Untuk mengontrol sel darah putih yang berlebih dapat menggunakan kunyit sebagai obat herbal alami yang aman bagi tubuh.

 

  1. Baik Untuk Kesehatan Jantung

Kolesterol yang tak terkontrol juga sangat berbahaya bagi tubuh terutama organ jantung sebagai organ vital manusia. Untuk menguranig kadar kolesterol berlebih dan menurunkan kolesterol jahat juga dapat memanfaatkan kunyit agar terhindar dari serangan jantung,

 

  1. Menghilangkan Bau Badan

Bagi anda yang sering kehilangan rasa kepercayaan diri karena bau badan maka anda dapat meminum sekitar satu gelas air hasil perasan kunyit yang telah dihaluskan pada waktu sebelum tidur di malam hari.

 

  1. Mengatasi Masalah Keputihan

Beberapa masalah kewanitaan seperti keputihan juga dapat diatasi dengan kunyit. Jika daun siri biasanya digunakan membantu mengatasi keputihan melalui bagian luar maka kunyit bekerja dari dalam yaitu dengan cara mengonsumsi atau meminumnya.

Manfaat lainnya yang dimiliki kunyit yaitu mampu mengatasi masalah pencernaan seperti diare serta mengatasi radang gusi karena kunyit memiliki sifat anti inflamasi dan anti bakteri

 

Manfaat Kunyit Untuk Wajah Dan Kecantikan Kulit

 

  1. Menghaluskan & mencerahkan kulit

Bumbu dapur yang satu ini sangatlah seba gun pasalnya selain dapat menyedapkan makanan kunyit juga bisa dijadikan sebagai masker wajah yaitu dengan cara mencampurkan bubuk kunyit dengan air secukupnya kemudian aduk sampai mengental seperti gel. Bila perlu basahi terlebih dahulu wajah dengan air hangat kemudian aplikasikan masker kunyit tadi ke seluruh bagian wajah dan leher secara merata. Biarkan sekitar 15 sampai 30 menit kemudian bilas menggunakan air dingin biasa llu rasakan perbedaannya.

  1. Mengatasi kulit wajah yang berminyak

Selain menghaluskan dan mencerahkan kulit kunyit juga mampu mengurangi kadar minyak berlebih pada wajah yaiu dengan mengontrol kerja kelenjar sebacus yang memproduksi minyak. Maka dengan kunyit tersebut produksi minyak pada kulit wajah dapat terkontrol. Caranya yaitu dengan mencampurkan bubuk cedana, bubuk kunyit dan sekitar 3 sendok air perasan jeruk nipis kemudian tabahkan air secukupnya dan aduk hingga merata. Lalu diamkan sekitar 15 menit dan terakhir bersihkan menggunakan air hangat

  1. Mengatasi berbagai noda dan jerawat

Bintik hitam, noda, flek, bekas jerawat bahkan hingga jerawat mampu dihilangkan hanya dengan menggunakan kunyit. Caranya yaitu dengan mencampur bubuk kunyit dengan air lemon secukupnya dan madu kemudian diaduk hingga rata dan menjadikannya sebagai masker. Diamkan sekitar 30 menit atau sampai mengering lalu bersihkan menggunakan air dingin biasa.

  1. Menyegarkan dan melembapkan kulit

Kemudian manfaat kunyit untuk wajah lainnya yaitu mampu mengatasi masalah kulitn kering dan kusam. Caranya yaitu dengan mencampurkan beberapa bahan alami dengan kunyit, bahan-bahan yang dibutuhkan yaitu minyak zaitun sekitar 2-3 tetes , air lemon, dan satu putih telur lalu aduk bahan-bahan tersebut hingga menyatu hingga berbentuk seperti gel. Sebaiknya gunakan waktu malam sebelum tidur biarkan beberapa saat sampai ramuan tersebut mengering dan mengeras lalu bilas menggunakan air hangat.

  1. Menyamarkan tanda penuaan

Manfaat kunyit untuk wajah yang terakhir yaitu mampu mengurangi dan menyamarkan tanda–tanda penuaan yang muncul terlalu cepat seperti keriput, garis halus di sekitar mata dan lain sebagainya.

Selain beberapa manfaat ddi atas kunyit juga mampu mengatasi pigmentasi pada kulit yang tidak menyeluruh, mengatasi rambut rontok, menghaluskan area kulit yang kasar seperti siku dan tumit, mengatasi strecth mark, mengurangi bulu bahkan bisa digunakan sebagai pewarna rambut yang alami.

Add Comment