Manfaat Kiwi Untuk Mengurangi Resiko Penyakit Jantung

Manfaat Kiwi – buah merupakan jenis makanan yang dikenal memiliki berbagai macam vitamin di dalamnya sehingga acak kali disebut sebagai sumber vitamin. Salah satu buah yang memiliki cukup banyak jenis vitamin yaitu buah kiwi. Buah yang tergolong dalam jenis beri ini berasal dari daerah Shaanxi yaitu sebuah daerah yang terdapat dibagian barat Shanzou, Cina. Pada zaman dahulu buah ini memiliki nama Gosberi namun seiktar tahun 1950 berubah menjadi melonette hingga akhirnya berubah untuk lagi menjadi kiwi, nama kiwi sebenanrnya diambil dari sebuah nama burung langka yang berasal dari Selandia Baru dan memiliki warna coklat yang hampir mirip seperti buah kiwi oleh karena itulah buah ini dinamai buah kiwi

Terdapat salah satu keunggulan yang dimiliki buah ini yaitu termasuk dalam 10 jenis makanan paling aman di dunia beberapa tahun lalu ini karena banyak petani buah kiwi yang tidak menggunakan pestisida dalam pembudidayaannya sehingga buah kiwi sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi. Kemudian daripada itu rasanya yang unik dan enak membuat buah ini banyak diminati terutama bagi seseorang yang sedang menjalani diet.

Kandungan Dalam Buah Kiwi

Namun perlu diketahui walaupun buah ini tergolong dalam makanan paling aman sedunia di dalam buah ini masih terdapat zat yang dapat membahayak bagi tubuh seperti oksalat yang bila terlalu banyak di dalam tubuh maka oksalat akan mengkristal sehingga perlu dijauhi sebisa mungkin bagi seseorang yang memiliki penyakit ginjal atau masalah pada empedu. Oleh karena itu sebaiknya mengonsumsi segala sesuatu janganlah berlebihan termasuk juga buah kiwi

Selain oksalat buah kiwi masih mengandung suatu enzim yang juga terbilang cukup berbahaya bagi sebagian orang, enzim tersebut berkaitan dengan latek yang tergolong dalam sindrom alergi. Oleh karena itu bagi seseorang yang memiliki alergi pada latek tidak disarankan untuk mengonsumsi buah kiwi. Namun kabar gembiranya buah kiwi yang tidak menggunakan pestisida dalam pertumbuhannya memiliki kadar enzim  pemicu alergi yang lebih rendah selain itu dengan memasak kiwi enzim di dalamnya juga akan berkurang.

Setelah mengetahui beberapa kandungan yang terbilang cukup membahayakan bagi sebagian orang kini kita akan memberikan informasi mengenai kandungan buah kiwi yang bermanfaat bagi tubuh. Menurut data nutrisi dari USDA menunjukkan bahwa dalam buah kiwi mengandungberbagai jenis vitamin seperti vitamin B kompleks, vitamin C, Kdan E kemudian berbagai jenis mineral seperti zink, phospor, natrium, kalium, magnesium dan tak ketinggalan kalsium. Selain itu kiwi juga mengandung serat, protein, lemak, gula, karbohidrat serta dilengkapi dengan ion potasium.

Manfaat Buah Kiwi Dengan Rasa Unik

Salah satu hal daya tarik dari buah kiwi adalah warna daging buahnya yang berwarna hijau terang yang mampu menarik konsumen untuk membelinya. Namun selain warna dagingnya yang menarik hal menarik lainnya yang dimiliki buah kiwi ini adalah dari segi manfaatnya. Pasti penasarankan apa saja manfaat kiwi? Berikut beberapa manfaat yang dimiliki buah kiwi

  1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Manfaat kiwi yang pertama yaitu baik untuk menjaga dan meningkatkan sistem imun terutama pada anak-anak sehingga daya tahan tubuh pun juga akan terjaga. Ini karena dalam buah kiwi mengandung vitamin C serta antioksidan yang menangkal radikal bebas sehingga akan membuat kekebalan tubuh seseorang semakin kuat dan tidak mudah jatuh sakit.

  1. Baik untuk sistem pencernaan

Setelah diteliti ternyata di dalam buah kiwi ini mengandung sebuah enzim yang bernama actinidain, enzim ini memiliki peran yang hampir sama seperti papain pada buah pepaya dan bromelain pada buah nanas yaitu sebagai protein larut yang dapat membantu mempercepat pencernaan makanan. Selain buah kiwi juga mengandung serat yang juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan seseorang.

  1. Mengurangi resiko sakit jantung

Mengonsumsi buah kiwi secara rutin ternyata mampu mengurangi resiko seseorang terserang penyakit jantung. Ini karena dalam buah kiwi mengandung suatu senyawa yang memiliki sifat anti pembekuan darah sehingga akhirnya mampu memperlancar aliran darah dan memperingan kinerja jantung dalam mengedarkan darah ke seluruh tubuh.

  1. Mampu menjaga tekanan darah

Bagi seseorang yang mengalami masalah pada tekanan darah yang tidak teratur maka dapat mengonsumsi buah kiwi yang mengandung ion potasium. Ion potasiumlah inilah yang mampu menjaga keseimbangan elektrolit dan tekanan darah dalam tubuh.

  1. Membantu penyembuhan diabetes

Buah kiwi merupakan jenis buah yang tidak akan menaikkan kadar gula darah secara langsung malah justru sebaliknya dengan mengonsumsi buah kiwi secara teratur ternyata mampu menurunkan kadar gula darah dalam tubuh hingga sekitar 15% sehingga sangat cocok dikonsumsi oleh seseorang yang menderita

  1. Bagus untuk kulit

Di dalam buah kiwi ini juga mengandung vitamin E serta antioksidan yang terkenal bagus untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV dan memberikan nutrisi pada kulit agar kulit nampak lebih cantik dan  sehat.

Add Comment