Manfaat susu kefir
white yogurt in glass jar

Manfaat Kefir Minuman Fermentasi Yang Berelasi Dengan Sejarah Nabi

Posted on

Manfaat Kefir – Kefir merupakan jenis minuman yang diperoleh dari hasil olahan susu. Mungkin jenis minuman ini masih asing di telinga anda atau mungkin anda baru mendengarnya pertama kali ini. Jenis minuman ini didapatkan dari berbagai jenis susu mulai dari susu kambing, susu domba dan susu sapi yang dicampur dengan biji kefir yang berupa ragi, bakteri, garam, protein, gula dan lemak kemudian difermentasikan seperti pada umumnya. Namun terdapat keunikan dalam pembuatan kefir, pada zaman dahulu pembuatan kefir dilakukan pada tas kulit kemudian digantung di pintu maka dengan begitu ketika ada seseorang membuka atau menutup pintu kefir dan susu di dalam tas tersebut akan bercampur dengan sendirinya.

Manfaat susu kefir

Minuman hasil fermentasi susu dan biji kefir ini merupakan jenis minuman yang berasal dari daerah pegunungan kaukasus yaitu sekitar daerah jajahan rusia seperti azerbaijan, Georgia dan Armenia atau bisa disebut di kawasan Asia Barat tepatnya antara Laut Kaspia dan Laut Hitam. Menurut berbgai sumber sejarah kefir telah dikonsumsi masyarakat sekitar Kaukasus semenjak 1400 tahun yang lalu. Sementara biji kefir sendiri didapatkan penduduk Kaukasus dari Nabi Muhammad saw (nabi terakhir dalam ajaran islam). Karena dianggap sebagai sesuatu yang penting dan sakral masyarakat Kaukasus menjadikan biji kefir tersebut menjadi warisan leluhur yang diturunkan dari generasi ke generasi.

Hal unik lainnya dari kefir ini adalah arti nama yang dimilikinya. Istilah kefir kemungkinan besar berasal dari sebuah nama mata air di surga yaitu “kafuro” yang memiliki warna putih susu, memiliki rasa yang nikmat dan baunya yang harum. Kata kaafuro juga telah disebutkan dalam alqur’an tepatnya pada surah al-insan ayat ke 5. Dengan demikian dapat dipastikan jika minuman bernama kefir ini memiliki khasiat yang sangat luar biasa bagi kesehatan tubuh.

 

Kandungan Berkhawiat di Dalam Kefir

Sebagai salah satu jenis minuman prebiotik (hasil fermentasi) kefir ini memiliki setidaknya lebih dari 10 jenis bakteri baik yang bermanfaat untuk menyehatkan organ pencernaan manusia. Kemudian selain itu kefir juga mengandung beberapa jenis mineral seperti magnesium calsium, fosfor dan lain sebagainya dengan fungsi dan peran masing-masing. Beberapa jenis vitamin juga terkandung dalam kefir seperti vitamin B12, vitamin B2 dan vitamin D. Kandungan lainnya yang dimiliki kefir yaitu asam laktat dan alkohol masing-masing dengan kadar yang rendah.

Kefir ini dianggap memiliki khasiat yang lebih banyak dan lebih efektif dibanding yoghurt karena memiliki bakteri baik yang lebih banyak. Keunggulan lainnya yang dimiliki kefir adalah dapat dikonsumsi bagi seseorang yang alergi terhadap produk laktosa seperti susu sehingga seseorang yng tidak bisa mengonsumsi susu karena alergi dapat mengonsumsi kefir sebagai penggantinya yang tak kalah bermanfaat. Walaupun di Indonesia kefir belu mterlalu populer namun perlu diketahui bahwa yoghurt, yakult dan kefir merupakan produk hasil fermentasi susu yang berbeda. Perbedaan tersebut didapati dari jenis bakteri yang digunakan dalam proses fermentasi

 

Manfaat Kefir Bagi Kesehatan

  1. Kefir bermanfaat membantu pembentukan energi

Manfaat kefir yang pertama yaitu ikut berperan dalam pembentukan energi. kandungan fosfor yang terdapat di dalam kefir dapat membantu karbohidrat dan lemak dalam menghasilkan energi yang dibutuhkan oleh tubuh.

  1. Kefir bermanfaat untuk menyehatkan organ pencernaan

Bakteri patogen (merugikan) di dalam tubuh jika dibiarkan secara terus menerus bisa sangat membahayakan. Oleh sebab itu perlu adanya asupan makanan yang mampu membunuh kuman dan bekteri merugikan yang ikut masuk ke dalam tubuh dan salah satunya adalah dengan kefir. Bahkan kefir dinilai lebih bermanfaat dan berkhasiat daripada yoghurt ini karena kandungan prebiotik dalam kefir dua kali lebih banyak dibanding yoghurt.

  1. Kefir bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh

Sebuah studi yang mengulas mengenai manfaat kefir yaitu safety characterization and antimicrobial properties of kefir isolated lactobacillus pada tahun 2014 menyatakan bahwa di dalam kefir terdapat bakteri yang bernama lactobacillus kefiri yang berperan melawan berbagai bakteri dan meningkatkan daya tahan tubuh (sistem imun).

  1. Kefir bermanfaat menjaga kesehatan tulang

Manfaat kefir lainnya yaitu dapat menjaga kepadatan tulang agar terhindar dari berbagai masalah tulang dan sendi seperti osteoporosis. Hal ini dijelaskan oleh clinic nutrition research yang menerbitkan sebuah hasil penelitian pada tahun 2015 yang lalu dan menyatakan bahwa kandungan kalsium dan asam folat di dalam kefir dapat menjaga kesehatan dan kepadatan tulang.

  1. Kefir bermanfaat mengatasi kanker

Dalam britis food journal menyatakan bahwa makanan atau minuman prebiotik mampu melawan, mencegah dan menghambat perkembangan sel kanker termasuk juga kefir. Namun bedanya kefir dinilai lebih mampu mencegah terjadinya kanker payudara pada wanita tiga kali lebih efektif dari yoghurt.

  1. Kefir bermanfaat untuk mengatasi stres

Manfaat kefir yang terakhir yaitu mampu mengontrol emosi, menyegarkan otak dan pikiran serta meningkatkan mood yang pada akhirnya akan mengurangi stres yang anda rasakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *