Manfaat Kayu Ular

Manfaat Kayu Ular Kayu Asal Papua Yang Perlu Dilestarikan

Posted on

Manfaat Kayu Ular – Negri kita tercinta ini memang sungguh luar biasa walaupun memiliki sebutan sebagai negara maritim nmun indonesia juga memiliki berbagai jenis flora dan fauna yang bisa kita manfaatkan. Salah satu jenis tanaman yang sering dimanfaatkan dalam dunia kesehatan untuk mengobati berbagai jenis penyakit adalah kayu ular yang berasal dari daerah papua. Memang kayu ular ini memang belum begitu populer di telinga masyarakat Indonesia namun dengan manfaat yang dimiliki maka diperkirakan kayu ular ini akan menjadi populer dengan menjadi salah satu kayu yang memiliki peran penting dalam dunia kesehatan.

Manfaat Kayu Ular

Pohon kayu ular sebagai penghasil kayu ular dapat tumbuh cukup tinggi yaitu sekitar 12 meter. Walaupun dapat tumbuh cukup tinggi tapi batang kayu pada pohon ular ini tidak akan terlalu mengalami pertambahan volume sehingga batangnya akan terlihat kecil. Phon kayu ular memiliki percabangan yang tidak teratur pohon kayu ular namun memiliki kekuatan yang cukup keras. Kemudian tempat yang cocok untuk ditumbuhi pohon kayu ular ini yaitu di dataran dengan ketinggian 0 sampai 500 meter di atas permukaan laut. Oleh karena itu selain dapat ditemui di hutan belantara kayu ular ini juga sering ditemu di rea pesisir pantai. Untuk persebarannya sendiri tak semua daerah bisa ditumbuhi oleh kayu ular hanya daerah tertentu saja seperti di jawa timur, papua, maluku bagian tenggara dan beberapa pulau kecil.

 

Ciri-Ciri kayu Ular Asli Dan Kandungan Yang Dimilikinya

Karena sudah cukup banyak orang yang mengetahui khasiat yang diiliki oleh kayu ular maka dewasa ini juga semakin banyak seseorang yang memalsukan kayu ular hanya untuk mendapat keuntungan secara pribadi. Oleh karena itu jika kita igin membeli dan memanfaatkan kayu ular kita perlu mengetahui terlebih dahul ciri-ciri kayu ular yang asli agar kita tidak tertipu dan kita memperoleh khasiat yang seperti kita harapkan.

Ciri yang dimiliki kayu ular yang asli adalah memiliki daun tunggal, batangnya memiliki percabangan yang tidak teratur atu berselang seling, batangnya berwarna kuning agak merah serta tidak berbau. Ukuran diameter batangnya kurang lebih sekitar 5 cm. Selain itu seluruh bagian pohon kayu ular ini memiliki rasa yang pahit. Untuk kandungannya sebenarnya tak banyak zat yang terkandung di dalam kayu ular ini. di dalam kayu ular terdapat alkaloid, saponin dan zat tanin yang bisa memberikan rasa legat atau lengket.

 

Manfaat Kayu Ular Berdasar Kandungan Yang Dimiliki

  1. Saponin

Saponin di dalam kayu uloar terdiri dari steroid dan tritopenoid, saponin sendiri merupakan suatu kelompok senyawa kimia yang dapat ditemukan di berabagai jenis tanaman yang salah satunya ialah kayu ular. Kandungan saponin tersebut memiliki begitu banyak manfaat diantaranya berguna menccegah kegemukan dan mengurangi resiko terkena beberapa jenis kanker. Selain itu menurut sumber yang dilansir dari Divisi Riset Makanan Fungsional di Korea menyatakan bahwa saponin mampu menurunkan diabetes terutama diabetes tipe II

  1. Tanin

Kandungan lain yang mempengaruhi manfaat kayu ular ni adalah zat tanin. Tanin merupakan jenis senyawa polifenol yang dapat ditemukan pada tanaman. Tanin sendiri memiliki rasa yang pahit serta bersifat sebagai antibakteri. Dengan sifat antibakteri dari salah satu kandungan yang ada di dalamnya maka kayu ular ini membersihkan peredaran darah, memperlancar keluarnya air seni serta mengatasi beberapa jenis peradangan serta meredakan demam.

  1. Alkaloid

Seperti halnya saponin, alkaloid yang terdapat di dalam kayu ular ini juga tersusun atas dua jenis senyawa yaitu brusina dan striknina. Alkaloid sendiri merupakan sebuah senyawa yang termasuk dalam kategori basa bernitrogen lebih banyak ditemukan pada tumbuhan. Walaupun pada dasarnya alkaloid memiliki sifat racun bagi tubuh manusia namun beberapa tanaman yang mengandung alkaloid justru sering diguanakan dalam bidang farmasi. Alkaloid ini dapat diketahu dari rasa pahit yang terasa pada daun, buah atau kayu. Ini karena alkaloid atau alkaloida di dalam kayu ular memiliki sifat anti bakt3eri dan anti inflamasi yang berguna untuk menangkal berbagai radikal bebas dan peradangan.

Dengan tiga kandungan utama tersebut maka tak heran jika  kayu ular memiliki khasiat untuk menyembuhkan beberaapa jenis penyakit. Kayu ular dapat membantu penyembuhan beberapa jenis penyakit seperti asam urat, rematik, kolesterol tinggi, maag, batu ginjal, sakit punggung, sesak nafas, tekanan darah tinggi,  kencing manis, lemah sahwat, paru-paru basah, tulang keropos, amandel, tipes, ambien, masalah jantung, tbc, sakit gigi, katarak, perut kembung, keputihan, mandul dan sari rapat.

Walaupun dikenal memiliki berabagai macam manfaat sebaiknya kita harus tetap bijak dalam meanfaatkan dan menggunakan kayu ular. Karena seperti yang kita ketahui di atas di dalam kayu ular juga mengandung racun yang bisa membahayakan tubuh jika saja tidak diolah dan digunakan dengan cara yang benar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *