Manfaat Kayu Secang Berdasarkan Kandungan Dan Cara Pengolahannya

Manfaat Kayu Secang – Kayu Secang atau yang juga dikenal sepang merupakan jenis tanaman perdu yang termasuk dalam suku polong-polongan serta sering diperdagangkan sebagai komiditi rempah-rempah. Bagian tanaman yang sering dimanfaatkan adalah kulit kayu dan kayunya sendiri. Untuk asal usul tanaman ini masih belum bisa diketahui secara pasti namun diperkirakan secang (Caesalpinia sappan) berasal dari daerah India Tengah hingga semenanjung malaya karena masyarakat di sana sudah sejak lama digunakan sebagai bahan baku obat herbal tradisional serta pewarna merah alami.

manfaat kayu secang

Secang biasanya dapat ditemui pada daerah pegunungan atau lembah yang berlereng dan berbatu berbatu kapur serta tidak menyukai tempat yang basah dan lembap, namun kadang kala juga bisa ditemui di area berpasir yang dekat sungai. Tanaman ini dapat tumbuh cukup tinggi yaitu sekitar 10 meter dan ditumbuhi duri di beberapa bagian terutama pada bagian batang kayu. Pada bagian ranting pun juga ditemui duri sementara pada bagian ranting muda hanya ditemui rambut halus dan tidak berduri.

Kandungan utama dari kayu secang adalah brazilian yang pada zaman dahulu menjadi komoditi utama dalam zat pewarna namun seiring berjalannya waktu kayu secang mulai ditinngalkan dengan ditemukannya pewarna sintetis. Selain sebagai at pewarna kayu secang juga bermanfaat sebagai bahan obat-obatan. Bahkan salah satu dosen surabaya yaitu Dwi Krihariyani mendapat penghargaan dari Menteri Kesehatan setelah hasil penelitiannya terhadap kayu secang yang menyatakan bahwa  kayu mampu menguatkan daya tahan tubuh seseorang agar tidak mudah terserang penyakit

Manfaat Kayu Secang Berdasarkan Kandungan Yang Dimilikinya

  1. Flavonoid

Manfaat kayu secang yaitu mampu berperan sebagai antioksidan dengan dengan memaksimalkanpenyerapan vitamin C yang tergolong sebagai vitamin jenis antioksidan. Selain sebagai antioksidan flavonoid di dalam kayu secang juga berperan sebagai antibiotik alami.

  1. Polifenol

Polifenol memiliki peran yang hampir sama seperti flavonoid yaitu berguna untuk menangkal radikal bebas dan benda asing berbahaya yang mencoba masuk ke dalam tubuh. Kayu secang sendiri memiliki sifat antioksidan yang cukup kuat karena selain mengandung flavonoid kayu secang juga kaya akan polifenol.

  1. Saponin

Saponini merupakan senyawa fitokimia yang dapat ditemukan dalam berbagai jenis kacang-kacangan termasuk juga kayu secang yang tergolong dalam kayu yang menghasilkan sejenis polong. Saponin ini dapat diamati dengan mudah dengan cara mengocoknya menggunakan air maka akan timbul buih, hal itu menandakan adanya kandungan saponin di dalamnya. Salah satu manfaat utama yang dimiliki saponin adalah berguna untuk enurunkan kadar kolesterol yang jahat (LDL) sehingga bagus untuk menjaga kesehatan jantung.

  1. Minyak atsiri

Seperti yng kita kenal bahwa minyak atsiri ini memiliki aroma wangi yang cukup khas dan kuat. Oleh karena itu banyak sekali berbagai jenis makanan atau minuman yang memanfaatkan minyak atsiri untuk menimbulkan aroma yang mampu merelaksasi. Selain sebagai aroma terapi minyak atsiri yang terkandung di dalam kayu secang juga berguna mengatasi masalah pencernaan kemudian dengan sifatnya sebagai antiseptik kayu secang mampu membunuh kuman dan bekteri yang merugikan.

  1. Tanin

Seperti halnya minyak atsiri, tanin ini juga memiliki sifat antibakteri yang berguna membunuh kuman serta bakteri berbahaya. Dengan begitu kayu secang yang memiliki kandungan tanin mampu membersihkan luka, membantu menghentikan pendarahan serta membunuh dan memperbiki organ pencernaan yang rusak seperti usus akibat bakteri maupun virus.

  1. Brazilian

Manfaat kayu secang yang terakhir yaitu dapat dijadikan sebagai pewarna alami baik bagi makanan maupun pada beberapa jenis industri. Itu karena di dalam kayu secang terdapat zat warna alami yang berwarna merah, warna merah alami di dalam kayu secang inilah yang disebut brazilian.

Efek Samping Dan Cara Pengolahan Kayu Secang

Untuk mendapatkan manfaat yang optimal kita perlu mengetahui seperti apa cara pengolahan kayyu secang yang benar agar tidak menimbulkan efek negatif bagi tubuh. Cara paling ampuh untuk merasakan manfaat dari kayu secang yaitu dengan membuatnya menjadi minuman herbal. Pertama siapkan terlebih dahulu sekitar 6 gram kayu secang atau 2 jari kayu secang kemudian bersihkan dan potong menjadi beberapa bagian. Setelah itu rebus dengan air secukupnya dan terakhir setelah cukup hangat anda bisa langsung meminumnya baik disaring terlebih dahulu ataupun tidak.

Walaupun sudah dikenal sangat berkhasiat bagi kesehatan ternyata masih banyak orang yang meragukan mengenai manfaat kayu secang ini. tak perlu khawatir karena kayu secang ini telah terbukti aman untuk dikonsumsi dan tidak menimbulkan efek samping sama sekali. Efek samping akan muncul hanya pada beberapa orang yang memiliki alergi tertentu atau mengonsumsi dengan jumlah yang terlalu banyak dan terlalu sering namun kasus semacam itu sangatlah jarang ditemui.

Add Comment