Manfaat Kayu Manis Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Posted on

Manfaat Kayu Manis Untuk Kesehatan –  Cinnamomumverum atau yang dikenal dengan nama kayu manis merupakan salah satu jenis rempah-rempah yang sudah dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia sejak zaman dahulu. Bahkan kayu manis ini bisa dibilang sebagai bumbu makanan yang tertua yang pernah digunakan oleh manusia karena Bangsa Mesir Kuno telah menggunakan kayu manis sebagai bahan penyedap masakan mereka. Kayu manis yang memang dikenal dengan aromanya yang khas selain itu rasa manis dan pedasnya yang menyegarkan mampu menarik minat banyak orang. Selain itu manfaat kayu manis pun juga cukup banyak karena selain berguna sebagai bumbu masakan kayu manis juga sering digunakan sebagai ramuan obat tradisional dan campuran bahanminuman berkhasiat.

Walaupun dikenal memiliki banyak manfaat nyatanya kayu manis juga masih menyimpan efek buruk yang perlu kita waspadai agar menggunakan segala sesuatu dengan bijak termasuk juga kayu manis. Karena masih belum adanya pengujian secara klinis mengenai keamanan untuk mengkonsumsi kayu manis oleh sebab itu bagi ibu hamil maupun yang sedang menyusui kemudian seseorang yang menderita penyakit hati serta seseorang yang sedang mengkonsumsi obat-obatan dari dokter sebaiknya menghindari penggunaan kayu manis untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan terjadi nantinya.

Manfaat Kayu Manis Bagi Kecantikan

Selain berguna dalam dunia kuliner ternyata kayu manis juga berguna dalm dunia kecantikan oleh sebab itu maka tak heran jika terdapat jenis perawatan maupun produk kecantikan yang menggunakan kayu manis di dalamnya. Beberapa manfaat kayu manis dalam dunia kecantikan yaitu mampu memberikan nutrisi yang dibutuhkan oleh kulit sehingga kayu manis juga sering digunakan sebagai minyak pijat, kayu manis juga bermanfaat untuk mengatasi masalah kulit lainnya seperti gatal-gatal.

Kayu manis juga mampu mencegah dan mengatasi komedo serta jerawat dengan sifat antibakteri yang dimilikinya dapat membuat wajah nampak lebih cerah bersinar serta terbebas dari komedo dan jerawat. Manfaat lainnya yaitu untuk mencegah timbulnya kerutan, garis halus maupun tanda-tanda penuaan lainnya yang muncul pada kulit wajah

Manfaat Kayu Manis Untuk Kesehatan

  1. Kayu Manis Berguna Untuk Menurunkan Kadar Gula Darah

Organ pankreas yang mengalami kerusakan akan mengakibatkan hormon insulin menjadi abnormal, inilah yang akan memicu terjadinya diabetes karena kadar gula dalam darah menjadi meningkat. Kayu manis ini mampu mengatur konsentrasi kadar gula darah dalam tubuh sehingga cocok dikonsumsi bagi seseorang yang menderita penyakit diabetes.

  1. Kayu Manis Berguna Untuk Menurunkan Kadar Kolesterol

Kolesterol jahat atau yang sering disingkat LDL sangatlah berbahaya bagi jantung dan peredaran darah karena karena mampu menyumbat pembuluh darah hingga akhirnya sangat fatal.  Kayu manis juga mampu menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh sehingga darah menjadi jernih dan dapat mengalir dengan lancar.

  1. Kayu Manis Berguna Untuk Menyehatkan Jantung

Seperti yang disinggung sebelumnya kadar kolesterol yang terlalu tinggi sangat rentan untuk kesehatan karena dapat memicu terjadinya serangan jantung secara mendadak. Dengan mengkonsumsi air hasil rebusan kayu manis secara rutin dapat menurunkan resiko terjadinya serangan jantung kemudian dengan kandungan kombinasi antara vitamin dan mineral yang ada pada kayu manis mampu memperbaiki dan meremajakan otot jantung agar menjadi lebih sehat.

  1. Kayu Manis Berguna Untuk Mencegah Berbagai Penyakit

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Departement Experimental Therapeutics dan The University Of Texas di Lab. Penelitian Sitokin dari hasil penelitian mereka menyatakan bahwa kayu manis meredakan berbagai jenis peradangan mulai dari yang biasa hingga yang kronis yang berkaitan dengan adanya gangguan neurologis dan beberapa penyakit lain seperti parkinson, alzheimar, tumor otak, meringitis dan multiple sclerosis.

  1. Kayu Manis Berguna Untuk Menjaga Fungsi Kerja Otak

Manfaat kayu manis lainnya yaitu mampu meredakan stres sehingga pikiran dapat menjadi lebih tenang kembali. Selain itu seperti yang dilansir dari whfoods bahwa kayu manis dapat meningkatkan daya pikir dan daya kognitif seseorang.

  1. Kayu Manis Berguna Untuk Meredakan Flu

Kayu manis memiliki sifat menghangatkan badan oleh sebab itu banyak jenis minuman tradisional yang memanfaatkan kayu manis sebagai campuran bahan yang berkhasiat untuk meredakan demam, flu maupun pilek.

  1. Kayu Manis Berguna Untuk Meredakan Nyeri Rematik

Sebuah studi yang dilakukan oleh departemen ksehatan korea yaitu Departemen of Internal Medicine di Rumah Sakit Kangnam Korea bahwa kayu manis dapat digunakan untuk menurunkan sitokin yang menyebabkan nyeri dan mengakibatkan rheumatik.

  1. Kayu Manis Berguna Untuk Organ Kewanitaan

Dan manfaat terakhir kayu manis yaitu berguna untuk organ kewanitaan diantaranya yaitu meredakan nyeri pada saat menstruasi. Selain itu kayu manis juga mengandung zat yang bernama cinnamaldehyde, zat ini mampu menurunkan produksi hormon testosteron sekaligus meningkatkan produksi hormon progesteron pada wanita sehingga mampu menstabilkan hormon yang dapat meningkatkan kesuburan pada wanita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *