Manfaat Kayu Cendana Bagi Kesehatan Dan Kecantikan

Posted on

Ketika mendengar kata kayu cendana mungkin sudah tak terdengar asing di telinga anda. Kayu cendana memang sudah banyak kita temukan dengan mudah disekitar kita. Nama latin tanaman cendana adalah Santalul Albul Linn. Tanaman ini terbagi menjadi dua yakni kayu cendana merah dan kayu cendana putih. Tanaman kayu cendana merah sulit ditemukan tumbuh di Indonesia, karena tanaman jenis ini banyak tumbuh di India. Sedangkan tanaman kayu cendana putih, dapat ditemukan di Indonesia, karena tanaman ini banyak tumbuh di Nusa Tenggara Timur. Meskipun kayu cendana tidak dapat tumbuh di Indonesia, dan kayu cendana putih hanya dapat tumbuh di Nusa Tenggara Timur, pasokan kayu cendana selalu tersedia di Indonesia.

Kayu Cendana

Tanaman cendana tergolong tanaman jenis parasit, karena tanaman ini tidak mampu hidup sendiri. Dia membutuhkan tanaman inang atau tanaman dimana ia dapat melekat. Hal ini karena karnya kurang kokoh sehingga tak mampu menopang batangnya. Selain itu tanaman kayu cendana ini juga tak mampu menyuplai makanannya sehingga ia membutuhkan inangnya untuk memenuhi kebutuhan makanannya. Meskipun tergolong jenis tanaman parasite, namun tanaman ini mampu tumbuh hingga mencapai ketinggian 11 meter hingga 12 meter.

Kalau ngomongin tentang manfaat dari kayu cendana, kayu cendana memang memiliki banyak manfaat. Baik bagi kesehatan ataupun untuk kecantikan. Nah untuk mengetahui lebih jelas akan manfaat- manfaat tersebut, mari kita simak informasinya berikut ini Tentang Manfaat Kayu Cendana:

  • Manfaat Kayu Cendana Bagi Kesehatan

Khasiat dari kayu cendana bagi kesehatan manusia sudah banyak dibuktikan kebenarannya. Memang sejak zaman dahulu kayu cendana sudah dimanfaat sebagai obat tradisional untuk berbagai macam penyakit. Berikut beberapa manfaat kayu cendana bagi kesehatan:

  • Manfaat kayu cendana sebagai obat kejang

Kayu cendana yang diolah menjadi minyak sangat berkhasiat untuk mengatasi peradangan. Karena minyak ini bersifat anti inflamasi yang dapat mengurangi rasa sakit saat terjadi peradangan.

  • Manfaat kayu cendana untuk menghentikan kejang

Minyak dari kayu cendana dipercaya dapat menenangkan orang yang mengalami kejang. Karena minyak dari kayu cendana mempunyai sifat antispasmodic yang dapat membuat tenang syaraf, otot, dan pembuluh darah. Sehingga penderita kejang akan menjadi tenang dan rileks.

  • Manfaat kayu cendana sebagai anti mikroba

Minyak kayu cendana bersifat desinfektan sehingga mampu membunuh mikroba- mikroba berbahaya penyebab infeksi. Tak heran jika minyak kayu cendana dijadikan salah satu bahan untuk membuat obat anti serangga dan anti hama. Nah jika anda sering mengalami alergi pada kulit anda, maka disarankan agar anda sering mengoleskan minyak dari kayu cendana ke kulit anda. Untuk mencegahnya mengalami alergi atau iritasi.

  • Manfaat kayu cendana sebagai anti septik

Selain bersifat anti mikroba, minyak dari kayu cendana juga bersifat anti septik. Sehingga minyak kayu cendana biasa dioleskan pada luka yang sulit kering ataupun pada jerawat agar cepat sembuh dan tidak semakin meradang.

  • Manfaat kayu cendana untuk menstabilkan tekanan darah

Untuk orang yang sedang mengalami tekanan darah tinggi atau hipertensi disarankan agar menggunakan kayu cendana sebagai obatnya. Karena kandungan kayu cendana mampu menstabilkan tekanan darah.

  • Kayu cendana mampu menghilangkan stress

Aroma harum yang dikeluarkan oleh kayu cendana mampu membuat tenang fikiran, sehingga dapat menenangkan syaraf yang tegang. Aroma kayu cendana ini mampu untuk menghilangkan rasa takut, cemas, khawatir, tegang, dan depresi.

  • Manfaat Kayu Cendana Bagi Kecantikan

Selain bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh, ternyata kayu cendana juga bermanfaat untuk menjaga kecantikan. Berikut ini beberapa manfaat kayu cendana untuk kecantikan:

  • Kayu cendana mampu mengusir bau badan

Kayu cendana mampu mengeluarkan bau harum yang menyegarkan. Bau harum inilah yang dapat dimanfaatkan untuk mengatasi masalah bau badan. Anda bisa menggunakannya setiap hari untuk pengganti deodorant anda.

  • Kayu cendana mampu mencerahkan dan memutihkan kulit

Siapa bilang kayu cendana tak dapat memutihkan kulit. Mungkin tak banyak yang tahu akan hal ini. Namun kandungan kayu cendana mampu membuat kulit menjadi tampak lebih cerah jika digunakan secara teratur. Selain itu kayu cendana juga mampu menghilangkan stretch mark pada kulit, noda hitam bekas jerawat, serta flek hitam akibat dari pemakain pil Kb ataupun karena factor usia.

  • Kayu cendana mampu melembabkan kulit

Kayu cendana yang diolah menjadi minyak mampu untuk mengatasi kulit kering dan pecah- pecah. Karena minyak kayu cendana mengandung pelembab alami yang dapat melembabkan kulit yang kering. Minyak kayu cendana cocok digunakan untuk semua jenis kulit.

Nah itulah tadi beberapa manfaat kayu cendana bagi kesehatan dan kecantikan. Namun yang perlu diperhatikan adalah kayu cendana ini tidak cocok digunakan untuk wanita hamil dan menyusui karena belum ada bukti ilmiah yang menunjukkan kayu cendana aman digunakan untuk ibu hamil dan menyusui.

Sekian dulu artikel kali ini. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *