Manfaat jus alpukat Minuman Segar Yang Kaya Manfaat

Manfaat Jus Alpukat –  buah alpukat ini dikenal dengan rasanya yang khas dan tekstur lembut dari daging buahnya membuat buah ini menjadi salah satu primadona dari golongan jenis buah. Buah yang memiliki nama latin Persea Americana ini dikabarkan berasal dari suatu daerah di kawasan Amerika Tengah terutama dari kawasan yang dihuni oleh suku Aztec yang akhir-akhir juga terkenal dengan ramalan kiamatnya selain suku maya. Buah dengan pohon yang bisa mencapai tinggi sekitar 20 meter ini pertama kali dibawa dan diperkenalkan ke duni oleh penjelajah asalh Spanyol yang pernah berpetualang ke daerah Amerika Tengah dan menemukan beberapa jenis tanaman termasuk alpukat, orang spanyol tersebut bernama Martin Fernandez.

manfaat-jus-alpukat

Buah alpkat mulai menyebar ke seluruh dunia sekitar tahun 1500 an dan eropa menjadi titik awal penyebaran buah alpukat. Sementara itu buah alpukat memasuki Indonesia sekitar tahun 1900 an yang dibawa oleh para penjajah kolonial Belanda hingga akhirya terus tumbuh dan berkembang hingga saat ini.

Kandungan Yang Dimiliki Buah Alpukat

Dengan berkembangnya teknologi ada berbagai macam cara yang dapat kita lakukan untuk mengolah dan menikmati buah alpukat, salah satunya adalah mengolahnya menjadi jus. Jus alpukat menjadi salah satu jenis minuman yang disukai masyarakat indonesia selain rasanya yang dapat menyegarkan di tengah udara tropis jus alpukat juga memiliki kandungan gizi yang lebih mudah dicerna daripada mengonsumsi buah alpukat secara langsung.

Dengan kandungan gizzinya yang cukup lengkap maka tak heran jika buah alpukat ini termasuk dalam 25 jenis makanan yang paling sehat di dunia. Selain itu setidaknya terdapat sekitar 9 jenis antioksidan yang dimiliki buah alpukat yaitu lutein, zaxanthin, neoxanthin, neochrome, chryxanthemaxanthin, violaxanthin, beta cryptoxanthin, alpha caroten da beta caroten. Untuk mengetahui lebih lengkap berikut informasi nilai gizi yang terkandung tiap 150 gram buah alpukat

  • Dari golongan vitamin yaitu Vitamin A 4% dan vitamin C 25%,
  • Dari golongan mineral yaitu sodium 11 mg, kalsium 2% dan besi 5%
  • Kandungan Lain seperti kalori 240 kalori, protein, 3 gram, gula 1 gram, serat 30 gram, lemak tak jenuh 16% dan karbohidrat 4%

Manfaat Jus Alpukat Untuk Kesehatan Dan Kecantikan Kulit

  1. Jus alpukat mampu menjaga kesehatan jantung

Jantung merupakan organ vital manusia yang memiliki peran yang sangat penting yaitu untuk mengalirkan darah ke seluruh bagian tubuh. Untuk enjaga kesehatan dan fungsi kerja jantung ini anda dapat mengonsumsi bebreap jenis buah-buahan dan salah satunya adalah alpukat yang mampu menyehatkan dan menghindarkan anda dari resiko penyakit jantung yang berbahaya.

  1. Jus alpukat mampu menjaga kesehatan kulit

Alpukat juga sering kita temui dimanfaatkan untuk perawatan kecantikan seperti lulur. Beberapa kandungan di dalam alpukat ini memang memiliki khasiat yang sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit, menutrisi kulit dan melindunginya dari radikal bebas, polusi zat berbahaya dan sinar ultraviolet yang dipancarkan matahari saat siang hari.

  1. Jus alpukat mampu bereperan sebagai sumber energi

Jus alpukat ini juga mengandung kalori, karbohidrat dan jenis lemak tak jenuh yang mudah dicerna dengan konsentrasi yang cukup banyak. Sehingga buah alpukat selain berguna sebagai sumber nutrisi juga berguna sebagai penghasil energi.

  1. Jus alpukat mampu menyeimbangkan kadar kolesterol

Manfaat jus alpukat yang juga sering menjadi topik pembicaraan banyak orang adalah kandungan kolesterol baiknya atau yang disebut HDL. Kolesterol baik ini berguna untuk menetralisir dan menyeimbangkan kadar kolesterol jahat sehingga tubuh akan menjadi lebih sehat, aliran darah menjadi lebih lancar dan terhindar dari penyakit yang diakibatkan oleh kadar kolesterol yang terlalu tinggi.

  1. Jus alpukat mampu menyehatkan mata

Salah satu vitain yang dapat kita temukan di dalam jus alpukat atau buah alpukat adalah vitamin A. Vitamin A yang biasa kita temukan pada buah-buahan atau sayuran berwarna merah seperti wortel ternyata juga bisa kita temukan dalam buah alpukat. Dengan kandungan vitamin yang cukup lengkap maka tak heran jika buah alpukat atau jus alpukat ini menjadi minuman favorit banyak orang.

  1. Jus alpukat mampu memperbaiki sel dan jaringan yang rusak

Tak hanya berbagai vitamin saja yang dapat kita temukan di dalam buah alpukat ini. dari hasil penelitian ditemukan bahwa buah alpukat memiliki kandungan protein nabati yang cukup tinggi bahkan kadar proteinnya berada di urutan teratas jikadibanding dengan jenis buah-buahan lainnya.

  1. Jus alpukat berguna sebagai anti radang dan mencegah berabagai penyakit

Manfaat jus alpukkat yang terakhir yaitu mampu mengurangi serta meredakan radang, ini karena buah alpukat memiliki sifat anti radang yang mampu mengatasi berbagai jenis peradangan yang timbul di beberapa bagian tubuh. Selain itu mengonsumsi buah alpukat atau jus alpukat dengan kadar yang sesuai dan secara teratur dapat terhindar dari berbagai jenis penyakit seperti, jantung koroner, stroke, hipertensi, kanker, berbagai masalah pencernaan dan lain sebagainya.

Add Comment