beras kencur

Manfaat Jamu Beras Kencur (Jamu Tradisional Yang Masih Eksis)

Posted on

Manfaat Jamu Beras Kencur – pernahkah anda meminum jamu? Jenis jamu apakah yang pernah anda minum dan apa efek yang telah anda rasakan setelah meminum jamu tersebut? Jamu merupakan salah satu minuman warisan leluhur nusantara yang telah diturunkan dari generasi ke generasi. Namun seiring berubahnya zaman jamu sendiri sudah mulai ditinggalkan oleh masyarakat Indonesia. Walaupun demikian masih ada jenis jamu yang bahkan hingga saat ini masih populer dan cukup digemari oleh masyarakat Indonesia jenis jamu tersebut adalah amu beras kencur.

beras kencur

Jika anda berpikir semua jenis jamu terasa pahit dan tidak enak maka anda salah karena jenis jamu beras kencur ini berbeda dengan jamu lain pada umumnya. Salah satu penyebab yang membuat jamu ini masih disukai oleh masyarakat indonesia hingga saat ini adalah karena rasanya yang manis dan segar. Selain itu masih terdapat hal lainnya yang membuat jamu beras kencur ini masih banyak peminat hingga di jaman modern seperti sekarang ini. alasan lain mengapa jamu beras kencur masih sangat diminati hingga saat ini selain rasanya tadi juga karena manfaat yang dimilikinya. Penasaran, apa saja manfaat yang  dimiliki jamu beras kencur. Berikut beberapa manfaat jamu beras kencur yang perlu anda ketahui.

 

Cara Pembuatan Jamu Beras Kencur

Sebelum melangkah menuju manfaat  yang dimilki jamu beras kencur sebaiknya kita mengetahui terlebih dahulu bagaimana proses untuk membuat jamu beras kencur tersebut. Bahan yang dibutuhkan dalam membuat jamu beras kencur antara lain yaitu tepung beras sekitar 200 gram, kemudian kencur sekitar 500 gram, gula jawa atau gula aren sekitar 100 gram, jeruk nipis sebanyak satu buah, gula pasir sekitar 200 gram, garam , kayu manis dan cengkeh secukupnya dan air sekitar 1,5 liter.

Untuk cara pembuatannya campurkan tepung beras dengan cengkeh, kencur dan kayu manis yang sudah dihaluskan kemudian rebus bersama gula pasir dan gula jawa yang telah disiapkan tadi. Aduk terus sampai kurang lebih 15 menit dan tunggu sampai mendidih. Kemudian tiriskan dan tambahkan jeruk nipis sebagai penambah cita rasa agar semakin segar dan nikmat.

 

Manfaat Jamu Beras Kencur Yang Mesti Anda Ketahui

Seagai jamu tradisional yang masih tetap eksis di jaman modern sekarang ini jamu beras kencur memiliki khasiat yang telah terkenal ampuh untuk menjaga kesehatan dan menjaga metabolisme tubuh. Berikut

 

  1. Jamu beras kencur bagus untuk meningkatkan nafsu makan

Salah satu manfaat dari jamu beras kencur ini ayitu berguna untuk meningkatkan nafsu makan seseorang. Memiliki nafsu makan yang rendah pastinya akan membuat seseorang malas untuk makan padahal dalam melakukan aktifitas sehari-hari diperlukan berbagai nutrisi yang dapat menunjang kehidupan. Minyak atsiri yang terdapat di dalam jamu beras kencur inilah yang berguna untuk meningkatkan nafsu makan seseorang.

  1. Jamu beras kencur berguna untuk mengatasi linu dan pegal-pegal

Setelah menjalani rutinitas dan aktifitas seharian pasti akan merasa capek, lelah dan pegal-pegal. Salah satu cara sehat untuk mengatasi linu dan pegal-pegak akibat lelah setelah beraktifitas seharian adalah dengan menonsumsi jamu beras kencur.

  1. Jamu beras kencur berguna meningkatkan stamina dan vitalitas pria

Tak hanya nafsu makan saja yang bisa meningkatkan tapi stamina dan vitalitas seseorang juga bisa meningkat setelah mengonsumsi jamu beras kencur ini. dengan stamina dan vitalitas yang meningkat maka orang tersebut akan memiliki tenaga yang lebih sehingga tidak akan mudah lelah, lesu ataupun lemas. Selain itu jamu beras kencur ini juga bisa membuat badan lebih segar dan terasa lebih bugar.

  1. Jamu beras kencur berguna untuk mengatasi masuk angin

Masuk angin merupakan salah satu maslah yang sering dihadapi oleh seseorang. Salah satu manfaat yang dimiliki jamu beras kencur ini adalah untuk menghangatkan badan dan mengatasi gejala masuk angin terutama pada musim yang tak menentu seperti sekarang ini.

  1. Jamu beras kencur berguna untuk mengatasi maag

Manfaat jamu beras kencur lainnya ialah mampu mengatasi maag. Jamu bers kencur ini ternyata dapat mempertebal dinding lambung serta mengatasi asam lambung. Cara ini sangatlah baik daripada menggunakan obat-obatan kimia yang justru malah dapat mengikis dinding lambung dan semakin memperparah kondisi maag yang sedang dialami.

  1. Jamu beras kencur bermanfaat untuk mengatasi jerawat

Ternyata jamu beras kencur ini tak hanya berguna dalam menjaga kesehatan seseorang tapi juga berguna untuk kesehtan kulit. Salah satu masalah kulit yang bisa diatasi dengn mengonsumsi jamu beras kencur adalah jerawat. Dengan cara alami yang praktis dan tidak perlu repo-repot memakai cream tertentu anda sudah bisa terbebas dari masalah jerawat yang bisa mengurangi rasa kepercayaan diri.

  1. Jamu beras kencur berguna meredakan penyakit ringan

Manfaat jamu beras kencur yang terkahir ialah mampu beberapa jenis maslah kesehatan yang tergolong ringan seperti sakit kepala, meredakan nyeri, meeredakan batuk, mengatasi sariawan, mengatasi perut mules dan menurunkan kadar kolesterol.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *