Manfaat Surat Yasin

Manfaat Dzikir Lengkap Beserta Dalil Dan Penjelasannya

Posted on

Manfaat Dzikir – Dzikir merupakan salah satu jenis ibadah yang dapat dilakukan setiap muslim untuk selalu mengingat Allah. Jika ditinjau secara bahasa dzikir memiliki arti mengingat jika dikaitkan dengan hati dan dapat berarti mengucap berulang-ulang jika dikaitkan dengan mulut. Jika ditinjau secara istilah dzikir merupakan suatu perbuatan untuk selalu mengingat Allah baik dengan hati ataupun dengan mulut dengan melafalkan kalimat-kalimat thoyyibah ataupun dapat dilakukan dengan keduanya. Dilihat dari beberapa definis di atas dapat disimpulkan bahwa dzikir merupakan salah satu sarana untuk selalu mengingat Allah dimanapun dan kapanpun yang dapat membuat hati merasa lebih tentram dan damai

Manfaat Surat Yasin

Dzikir sebenarnya memiliki keutamaan yang sangat besar untuk menjalai kehidupan yang keras karena dengan berdzikir hati dapat merasa lebih damai, tenang dan aman seperti yang dijelaskan dalam surat al-baqoroh ayat 152 yang artinya “Ingatlah kepada-Ku maka niscaya Aku juga akan ingat kepada-Mu dan bersyukurlah kepada-Ku dan jangan menjadi orang yang ingkar”. Namun walaupun sudah jelas demikian seiring berkembangnya zaman kegiatan berdzikir semakin ditinggalkan oleh banyak orang khususnya umat islam sendiri. Padahal berdzikir sangatlah mudah selain itu manfaat dari berdzikir pun juga cukup banyak salah satunya seperti hadist yang diriwayatkan Thabrani ra berikut “barang siapa yang ingin bersenang-senagn di taman surga maka perbanyaklah berdzikir”

Unntuk mempermudah dalam berdzikir terdapat berbagai jenis bacaan dari yang panjang hingga yang pendek yang bisa dipilih sesuai keinginan dan kemampuan masing-masing. Beberapa bacaan untuk berdikir seperti bacaan basmalah, tahlil, takbir, tasbih, tahmid, istighfar, hauqolah, asmaul husna dan lain sebagainya. Untuk cara berdzikir sendiri dibedakan menjadi dua yaitu dikir billisan yaitu dengan mulut sambil menggerakkan bibir dan mengeluarkan suara atah dzikir bilqolbi yaitu dengan hati yang tidak mengeluarkan suara sama sekali.

Adab Dan Tata Cara Dalam Berdzikir

Perlu diketahui walaupun berdzikir merupakan cara beribadah yang sangat mudah namun masih terdapat larangan-larangan dan adab yang perlu dipatuhi agar dzikir yang dilakukan benar-benar bernilai ibadah serta mendapat pahala dari Allah dan bukan malah dibenci dan dilaknat oleh Allah. Berikut ini adab dan tata cara dalam berdzikir

  1. Untuk dzikir billisan atau menggunakan bibir sebaiknya dilakukan ditempat yang bersih dan suci serta jangan sampai berdzikir di tempat yang najis seperti kamar mandi atau WC
  2. Sebaiknya dilakukan saat tubuh dalam keadaan suci dan tidak dianjurkan oleh orang yang junub dan dilarang bagi wanita yang haid berdzikir dengan bacaan yang diambil dari alqur’an (dengan niat membaca al-qu’an) jika niat untuk berdoa dan mengingat Allah maka diperbolehkan.
  3. Orang-orang yang sedang melakukan maksiat seperti judi atau minum minuman keras maka tidak diterima jika ia berdzikir

Keutamaan Dan Manfaat Dzikir Bagi Seorang Muslim

Selain mendapatkan pahala ternyata dengan berdzikir seseorang memperoleh keutamaan yang sangat luar biasa dari Allah. Berikut ini beberapa manfaat dzikir yang akan diperoleh bagi seseorang yang melakukannya secara ikhlas dan niat yang benar

  1. Sarana mencapai kebahagiaan

Setiap orang pasti menginginkan kebahagiaan, untuk mendapatkan kebahagiaan tersebut banyak orang melakukan berbagai cara mulai dari yang halal hingga yang haram. Padahal dengan cara yang sederhana saja kita bisa mendapatkan kebahagian tersebut yaitu dengan berdzikir karena salah satu manfaat utama dari berddikir yaitu mampu membuat hati merasa lebih tenang dan damai.

  1. Mendapat ampunan dari Allah

Selain pahala yang melimpah seseorang yang berdzikir juga akan mendapatkan ridho serta ampunan dari Allah. Hal ini seperti makna yang terkandung dalam surah al-ahzab ayat 35 yang artinya “Laki-laki dan perempuan yang banyak menyebut (mengingat) Allah, Allah telah menjanjikan kepada mereka ampunan dan pahal yang besar”

  1. Allah akan mempermudah segala urusannya

Manfaat dzikir lainnya yaitu Allah akan mempermudah segala urusannya, ini bukan berarti akan membuatnya hidup tenang dan tak memiliki masalah. Setiap orang pasti memiliki masalah tapi dengan berdzikir Allah akan membuat hatinya lapang serta membukakan jalan kepada orang yang suka berdzikir karena Allah juga akan selalu mengingat orang-orang yang berdikir seperti potongan ayat ke-152 dalam surah Al-baqoroh yang artinya “Ingatlah kepada-Ku maka niscaya Aku juga akan ingat kepadamu…”

  1. Sebagai pintu gerbang menuju kema’rifatan

Dengan berdzikir seseorang akan semakin dekat dengan Allah akan semakin patuh dan taat terhadap semua perintah Allah dan menjauhi apa yang dilarang-Nya. Maka dengan begitu hijab atau penghalang antara manusia dengan Tuhan akan terbuka yang nantinya dapat membawa seseorang menuju kema’rifatan.

  1. Membuat seseorang termasuk golongan orang-orang yang beruntung

Ini seperti terjemahan surah al-anfal ayat 45 yang artinya “Dan sebutlah nama Allah (mengingat) yang banyak agar kamu tergolong dalam orang-orang yang beruntung”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *