daun-sirih

Manfaat Daun Sirih Untuk Mata Agar Tetap Sehat

Posted on

Manfaat Daun Sirih Untuk Mata – tanaman merupakan salah satu jenis makhluk hidup yang tak hanya berfungsi sebagai penghasil oksigen saja namun tanaman juga dapat memberikan manfaat lain bagi kehidupan manusia karena dapat dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan rumah, bahan pembuatan karya seni, bahan konsumsi hingga bahan obat-obatan oleh karena itu muncullah istilah TOGA (tanaman obat keluarga). Indonesia sendiri sebagai negara beriklim teropis merupakan tempat yang sangat cocok sebagai tempat pertumbuhan berbagai macam tanaman.

daun-sirih

Salah satu jenis tanaman obat yang telah digunakan oleh masyarakat Indonesia secara turun temurun hingga saat ini adalah daun sirih yang terkenal sangat efektif untuk membunuh kuman dan bakteri. Sirih merupakan salah satu jenis tanaman merambat asli dari Indonesia tepatnya berasal dari daerah Kepulauan Riau. Di kepulauan riau sendiri selain dimanfaatkan sebaga tanaman obat sirih juga digunakan untuk upacara adat penyambutan tamu dengan cara memakannya secara langsung. Kebiasaan mengonsumsi sirih juga dilakukan di beberapa tempat seperti di jawa dan sebagian penduduk melayu dengan mencampurkannya dengan bahan-bahan lain seperti pinang, tembakau, gambir dan kapur.

Namun seiring berubahnya zaman kebiasaan mengonsumsi sirih semakin ditinggalkan walaupun demikian sirih hingga saat ini masih tetap digunakan sebagai tanaman obat dan bahan antibakteri namun dalam kemasan yang lebih modern. Nah sebenarnya apakah kandungan dan manfaat daun sirih bagi kesehatan tubuh sehingga banyak orang jaman dahulu yang mengonsumsinya secara rutin?

 

Kandungan Dan Manfaat Daun Sirih Untuk Mata

Daun sirih dapat diolah menjadi sebuah minyak yang disebut minyak atsiri di dalam minyak ini terkandung beberapa jenis zat seperti betiephenol, pati, gula, diatase, seskuiterpen, zat samak dan juga kavikol yang sangat berguna untuk membunuh kuman, jamur dan bakteri oleh sebab itu daun sirih biasanya digunakan untuk mengobati gatal-gatal dan membersihkan organ intim wanita. Selain itu daun sirih juga bermanfaat untuk membantu menghentikan penderahan oleh sebab itu biasanya jika seseorang mengalami mimisan menggunakan daun sirih untuk menghentikan pendarahannya tersebut.

Salah satu manfaat dari dari daun sirih yaitu mampu mengobati masalah yang terjadi pada penglihatan seperti mata minus. Jenis daun sirih yang dianjurkan untuk ini yaitu jenis daun sirih hijau, untuk cara penggunaanya pun juga sangat mudah anda tinggal merebus sekitar 2 lembar daun sirih kemudian air rebusannya tadi diteteskan ke  mata yang sakit. Namun perlu diperhatikan karena masalah ini berhubungan dengan penglihatan ada baiknya jika anda mengkonsultasikannya terlebih dahulu dengan dokter spesialis mata selain itu cara pembuatannya harus benar-benar steril agar tidak menimbulkan efek samping atau hal-hal berbahaya lainnya yang justru dapat memperparah keadaan mata.

 

Manfaat Daun Sirih Berdasarkan Jenisnya

Berikut ini beberapa manfaat daun sirih yang ditinjau dari jenis dan warna daunnya

  1. Manfaat sirih hijau

Sirih hijau merupakan sajenis sirih yang paling mudah ditemukan di Indonesia walaupun begitu sirih ini memiliki khasiat yang cukup banyak seperti mampu membantu mengobati batuk, meredakan penyakit bronkitis (peradangan yang terjadi pada bronkeolus), mampu menghentikan pendarahan pada hidung (mimisan), gusi maupun luka ata pendarahan pada kulit, menghilangkan bau yang tidak sedap baik dari badan maupun dari mulut, mengatasi gatal-gatal atau korengan dengan sifatnya seebagai antibakteri dan antifungi, mengobati sariawan hingga masalah keputihan pada wanita.

  1. Manfaat sirih kuning

Jenis sirih lain yang terbilang cukup mudah untuk didapatkan yaitu jenis sirih kuning, untuk manfaatnya sendiri tidak jauh berbeda seperti jenis sirih lainnya karena memiliki kandungan yang juga hampir sama. Beberapa manfaat yang dimiliki sirih kuning yaitu mampu menghentikan pendarahan, mengobati gatal-gatal, bisul, meredakan sakit kepala dan menghilangkan bau mulut

  1. Manfaat sirih merah

Sebagai salah satu jenis sirih yang sulit didapatkan ternyata sirih merah menyimpan khasiat yang sangat luar biasa pasalnya dari hasil penelitian menunjukkan bahwa sirih merah mengandung senyawa yang disebut alkoloid senyawa ini memiliki peran yang hampir sama seperti polifenol dan flavonoid yaitu membantu mencegah pertumbuhan sel kanker pada jaringan tubuh. Manfaat lain dari sirih merah jika dikonsumsi secara rutin yaitu mampu menurunkan kadar gula darah dalam tubuh sehingga sangat cocok dikonsumsi oleh seseorang yang menderita penyakit diabetes. Selain dua manfaat di atas sirih merah masih memiliki manfaat lain seperti menghilangkan bau yang tidak sedap dari mulut, badan hingga organ intim wanita hingga mampu mengatasi masalah keputihan yang terjadi pada wanita.

  1. Manfaat sirih hitam

Sirih hitam sering digunakan untuk mengobati penyakit kanker seperti kanker payudara yang terkenal ganas walaupun masih belum ada study lebih lanjut mengenai khasiat dari sirih hitam ini namun masyarakat tetap percaya bahwa jenis sirih ini mampu mengobati berbagai jenis penyakit. Selain mengobati penyakit fisik sirih hitam dianggap mampu mengobati penyakit yang tak kasat mata seperti guna-guana santet dan semacamnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *