Manfaat Daun Pegagan Tanaman Sepele Yang Kaya Nutrisi

Manfaat Daun Pegagan – sadarkah anda jika sebenarnya segala sesuatu yang ada di sekitar kita memiliki peran dan manfaat masing-masing dalam siklus kehidupan? Misalnya saja seperti tanaman kecil berdaun hijau dan memiliki bentuk seperti tapak kuda dan sering sekali ditemukan di pekarangan bahkan di tepi jalan. Tanaman tersebut bernama pegagan atau yang juga dikenal sebagai daun kaki kuda karena memiliki bentuk daun yang mirip dengan bentuk kai kuda. Sebagai tanaman liar yang dapat tumbuh dengan baik di daerah tropis pegagan dapat dijumpai di beberapa negara seperti australia, cina  bahkan belanda. Bahkan di Indonesia tanaman pegagan ini bisa ditemukan di hampir di semua tempat mulai dari perkebunan, sawah, ladang hingga tepi jalan.

pegagan

Karena dapat tumbuh dengan mudah di sembarang tempat membuat pegagan ini sering sekali dianggap sebagai tanaman liar atau tanaman penganggu hingga akhirnya banyak orang yang mencabut dan membuangnya tanpa pernah tahu apa sebenarnya manfaat di balik pegagan tersebut. Padahal tanaman yang memiliki nama latin Centella Asiatica ini telah menjadi salah satu bahan tradisional dalam berbagai penyembuhan penyakit seperti penyakit kulit, gangguan saraf serta melncarkan peredaran darah. Oleh karena itu di beberapa daerah terutama di daerah pedesaan sering sekali memanfaatkan pegagan sebagai lalapan dalam menu sehari-hari.

 

Kandungan Dan Efek Samping Daun Pegagan

 

Jangan dikira kalau pegagan ini hanya memiliki pengaruh yang baik saja bagi tubuh, di sisi lain tanaman pegagan ini juga memiliki efek samping atau bahkan resiko jika dikonsumsi atau diolah dengan cara yang tidak benar. Bagi wanita yang hamil atau sedang menyusui sebaiknya tidak mengonsumsi pegagan walaupun sedikit namun jika diterapkan pada kulit maka tidak akan menjadi masalah. Karena masih belum ada bukti secara jelas maka dianjurkan bagi wanita yang sedang hamil atau menyusui untuk tidak mengonsumsi pegagan.

 

Selain itu bagi seseorang yang juga mempunyai riwayat atau masalah kesehatan pada organ hati sebaiknya juga tidak mengonsumsi pegagan karena dikhawatirkan akan memperparah keadaan pasien. Efek lain jika mengonsumsi pegagan dalam jumlah yang banyak yaitu dapat menyebabkan kantuk. Sementara itu bagi seseorang yang akan menjalani operasi sebaiknya juga tidak mengonsumsi pegagan selama beberapa hari sebelum melaksanakan operasi.

 

Untuk mengetahui kemanan dan khasiat lebih lanjut mengenai tanaman pegagan maka hingga saat ini penelitian mengenai daun pegagan masih terus dilanjutkan dan salah satu hal utama yang menjadi bahasan penelitian akhir-akhir ini adalah manfaat pegagan untuk fungsi kerja otak. Memang walaupun memiliki bentuk dan ukuran yang kecil dau pegagan ini mengandung berbagai zat dan senyawa yang sangat diperlukan oleh tubuh seperti kalium, kalsium, mangan, magnesium, zat besi dan natrium dari golongan mineral serta beberapa jenis senyawa seperti  madecassoside, isothankuniside, thankuniside, meso inositol, brahminoside, centelloside, vellarine, brahmoside, carotenoids, asiaticoside, tanin, hydrocotylin, brahmic acid dan madasiatic acid.

Manfaat Daun Pegagan Bagi Kesehatan

 

  1. Daun pegagan bermanfaat sebagai antibiotik dan antioksidan

 

Salah satu jenis senyawa yang dimilliki daun pegagan adalah asiatikosid yang berperan dalam hal memperkuat dan memperbaiki jaringan pada tubuh yang rusak. Selain itu senyawa asiatikosid juga mampu meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tidak mudah sakit. Dalam sebuah penelitian yang dikutip dari International Journal Of Molecular Sciences pada tahun 2009 menyatakan bahwa ekstrak pegagan memiliki sifat antioksidan yang sangat kuat. Hal lain yang juga diungkapkan dalam penelitian tersbut bahwa daun pegagan mampu melawan sel pada kanker payudara.

 

  1. Daun pegagan bermanfaat untuk mengatasi megatasi masalah pencernaan

 

Manfaat daun pegagan yang lainnya adalah untuk mengatasi beberapa masalah pencernaan seperti perut kembung dan maag. Dengan kandungan magnesium yang terdapat pada daun pegagan membuat dau nini dapat dimanfaatkan sebagai salah satu alternatif dalam mengatasi maag dengan cara yang alami.

 

  1. Daun pegagan berguna untuk memperbaiki nafsu makan

 

Pegagan juga memiliki khasiat yang sama seperti temulawak yaitu mampu meningkatkan nafsu makan. Apabila anda tidak terlalu suka dengan rasa temulawak yang maka anda dapat menjadikan daun pegagan sebagai alternatif karena pegagan memiliki rasa yang lebih manis.

 

  1. Daun pegagan berguna untuk menjaga kesehatan tulang

Beberapa jenis mineral seperti kalsium, kalium dan fosfor berguna untuk menjaga kepadatan tulang agar tidak mudah keropos. Dari beberapa jenis mineral yang berguna untuk kesehatan tulang tersebut dimiliki oleh daun pegagan. Maka dengan mengonsumsinya secara baik dan teratur dapat membuat tulang kita lebih kuat dan sehat.

  1. Daun pegagan berguna mengatasi penyakit ringan dan penyembuhan luka

 

Manfaat daun pegagan yang terakhir yaitu berguna menagatasi penyakit dan mempercepat penyembuhan luka. Ekstrak daun pegagan juga mampu mengatasi bebragai penyakit ringan seperti sakit kepala, ayan, demam dan sariawan bahkan sampai sakit tipes. Dalam sebuah studi berjudul Indian Journal Of Pharmaceutical Sciences yang diterbitkan tahun 2010 membuktikan bahwa pegagan dapat merangsang proliferasi pada sel serta sintetis kolagen pada suatu luka. Oleh karena itulah daun pegagan ini sering dimanfaatkan sejak zaman dahulu sebagai obat kulit.

Add Comment