Manfaat Cuka Apel Tahesta Yang Brguna Bagi Tubuh Manusia

Manfaat Cuka Apel Tahesta – banyak orang yang mengira bahwa cuka apel memiliki kegunaan yang sama seperti cuka pada umumnya, padahal sebenarnya cuka apel adalah salah satu jenis minuman yang didaptakan dari hasil pengolahan sari buah apel. Sari buah apel tersebut kemudian difermentasikan beberapa waktu bersama alkohol bakteri dan ragi yang berupa asam asetat atau yang lebih kita kenal dengan nama cuka oleh karena itulah minuman ini disebut cuka apel. Karena terbuat dari bahan buah cuka apel dianggap memiliki khasiat yang lebih berguna khususnya bagi kesehatan tubuh jika dibandingkan dengan cuka biasa.

Dengan seiring berjalannya waktu banyak sekali produk cuka apel yang dijual di pasaran dengan kualitas dan harga yang berbeda-beda. Dari sekian banyak produk cuka apel yang ada hanya ada beberapa produk cuka apel yang teruji aman dan benar-benar terbukti akan khasiatnya dan salah satunya adalah cuka apel tahesta. Dikenal sebagai jenis cuka yang baik untuk kesehatan namun asal anda ketahui bahwa beberapa manfaat dan khasiat cuka apel ini hanya sekedar anggapan dan perkiraan saja karena masih belum ada bukti yang mendukung atau bukti secara kinis bahwa cuka apel memang benar-benar bermanfaat bagi kesehatan. Justru sebaiknya jika dikonsumsi dengan cara yang salah atau berlebihan pastinya akan menimbulkan efek buruk.

Manfaat Cuka Apel Tahesta Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

  • Dalam Dunia Kesehatan

Pada dasarnya semua jenis makanan dan minuman yang tidak mengandung bahan-bahan berbahaya memang memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan tubuh namun jika dikonsumsi dengan kadar yang terlalu banyak ataupun terlalu sering maka akan menimbulkan hal negatif pada tubuh kita. Seperti halnya dengan cuka apel tahesta ini. Kandungan di dalam cuka apel tahesta mampu mengatasi beberapa jenis penyakit dan masalah kesehatan seperti  menurunkan kolesterol jahat yang berlebih di dalam tubuh yang bisa menimbulkan penyakit lainny yang lebih berbahaya.  Manfaat cuka apel tahsesta yang lain bagi tubuh yaitu mampu menurunkan tekanan darah tinggi sehingga tekanan kembali normal kembali, melancarkan aliran perederan darah di dalam tubuh serta menjaga agar terhindar dari penyakit jantung.

Tak hanya itu cuka apel tahesta ini juga berguna untuk menurunkan berat badan, menekan nafsu makan bagi seseorang yang tengah menjalani program diet serta membantu mengatasi penyakit diabetes. Itulah beberapa manfaat cuka apel tahesta bagi kesehatan walaupun beberapa khasiat masih perlu penelitian dan pengkajian lebih lanjut karena hingga saat ini masih belum ada hasil penelitian dan bukti secara klinis untuk beberapa khasiat yang telah disebutkan di atas

  • Dalam Dunia Kecantikan

Sementara dalam dunia kecantikan cuka apel tahesta ini juga memiliki begitu banyak manfaat yaitu seperti mengatasi peradangan pada kulit, membersihkan berbgai noda dan masalah kulit bahkan mampu membantu mengatasi jerawat. Tak hanya itu cuka apel tahesta ini juga dapat dimanfaat sebagai pembersih rambut. Berbagai zat kimia pada rambut yang berasal  dari penggunaan produk hair spray, gel ataupun produk rambut lainnya dapat dihilangkan dan dibersihkan menggunakan cuka apel tahesta. Caranya cukup mudah, setelah keramas bilas rambut anda menggunakan cuka apel tahesta seraya dipijat secara perlahan dan biarkan beberapa saat baru kemudian bilas menggunakan air bersih.

Antara Mitos Dan Fakta Tentang Cuka Apel

  1. Dalam hal diet dan mengurangi nafsu makan

Walaupun cuka apel dianggap memiliki segudang manfaat ternyata tak semua manfaat seperti yang telah disebut di atas benar. Bahkan salah satu pakar gizi dan kesehatan Abby Langer membantah dengan tegas bahwa cuka apel tak memiliki sifat secara fisiologis untuk menurunkan berat badan baik dengan cara membakar lemak maupun dalam hal mempercepat metabolisme. Manfaat cuka apel lainnya yang juga sempat diluruskan oleh Abby Langer yaitu kemampuannya untuk menekan nafsu makan. Namun dalam kasus ini Abby Langer tidak sepenuhnya menyalahkan karena hal tersebut mungkin saja terjadi seperti penjalasan yang pernah ia sampaikan. Jika perut dalam keadaan kosong dan seseorang tersebut mengonsumsi cuka apel ketika lapar maka pencernaan orang tersebut akan teriritasi dan hal tersebutlah yang menyebabkan seseorang akan merasa kenyang.

  1. Dalam hal penetralisir racun

Tak hanya masalah menurunkan berat badan saja ternyata dalm hal untuk menetralisir racun pun masih simpang siur kebenarannya. Salah satu orang yang menyangkal mengenai manfaat cuka apel untuk menetralisir racun adalah Abby Langer sebagai salah satu pakar gizi dan kesehatan dunia

  1. Dalam hal mengatasi diabetes

Manfaat cuka apel lainnya yang juga masih simpang siur mengenai kebenarannya yaitu khasiatnya bagi seseorang yang menderita diabetes. Memang bagi beberapa orang mengonsumsi cuka apel dapat menurunkan gula darah hal ini seperti yang dilansir dari penelitian yang dilakukan oleh Journal of Functional Foods. Namun penelitian ini belumlah spesifik pasalnya dalam penelitian tersebut hanya melibatkan 14 orang saja yang semuanya condong penderita diabetes II

  1. Dalam hal sistem pencernaan

Cuka apel merupakan jenis minuman yang diperoleh dari hasil fermentasi. Fermentasi tersebut menggunakan bakteri-bakteri baik yang memang berguna untuk melawan bakteri jahat dalam organ pencernaan manusia sehingga dapat dipastikan bahwa cuka apel memang berkhasiat untuk menjaga kesehatan sistem pencernaaan manusia.

Add Comment