Manfaat Chia Seed Si Mutiara Hitam Yang Kaya Manfaat

Manfaat Chia Seed – Chia seed merupakan jenis biji-bijian yang berasal dari tanaman mint yang selama ini kita kenal sebagai penyegar nafas. Tanaman mint dan biji chia ini diperkirakan berasal dari daerah di Amerika Tengah yaitu sekitar Guatemala dan Mexico. Sebenarnya biji chia ini sudah dimanfaatkan oleh manusia sejak ratusan tahun yang lalu terutama oleh beberapa suku di Amerika Tengah seperti suku Aztec namun baru dewasa ini saja biji chia mulai populer dan dimanfaatkan secara global di seluruh dunia.

Memiliki berbgai kandungan nutrisi alami chia seed dikabarkan memiliki khasiat yang amat luar biasa bg kesehatantubuh manusia. Nah apa sajakah manfaat dan kandungan yang dimiliki oleh Chia seed? Mari kita simak bersama ulasannya berikut ini

Manfaat Chia Seed Beserta Kandungannya

Sebelum mengetahui manfaat chia seed ada baiknya jika kita mengetahui terlebih dahulu kandungan yang ada di dalam chia seed tersebut. Tiap 100 gram chia seed mengandung jumlah kalori yang cukup banyak yaitu sekitar 2201 kalori, total karbohidrat 39,5 gram, protein 16 gram, lemak jenuh 3,3 gram, lemak tak jenuh 2,8 gram, omega 3 21,5 gram, omega 6 6,7 gram, serat 31,2 gram dan sodium 1,9 mg. Dengan kandungan semacam itu maka tak heran jika chia seed memiliki khasiat yang begitu luar biasa bagi tubuh kita. Berikut manfaat chiaa seed bagi kesehatan dan kecantikan

  1. menyehatkan organ jantung dan sistem saraf

Seperti namanya chia seed atau biji berminyak memiliki kandungan omega 3 dan omega 6 yang terdapat membuatnya menjadi sangat berguna untuk menjaga kesehatan organ jantung, sistem saraf serta mencegah terjadinya stres atau depresi. Sehingga jantung akan tetap sehat dan terhindar dari beberapa jenis penyakit jantung seperti jantung koroner.

  1. Chia seed berguna sebagai detoksifikasi dan antioksidan

Berbagai jenis zat dan senyawa berbahaya serta racun yang ada di dalam tubuh akan segera dinetralisir oleh chia seed dengan salah satu sifat yang ia miliki yaitu sebagai detoksifikasi. Sementara di sisi lain chia seed juga berperan sebagai antiosidan yang menangkal radikal bebas, polusi dan sengatan sinar matahari yang mengandung ultraviolet juga akan dinetralisir sehingga baik tubuh bagian luar atau bagian dalam bersih dari racun.

  1. Chia seed berguna untuk mengendalikan nafsu makan

Chia seed sangat cocok untuk dijadikan salah satu menu makanan dalam program diet yang sedang anda jalani karena chia seed mampu mengontrol pola makan dan mampu membuat anda merasa kenyang lebih lama. Selain itu dengan kandungan proteinnya yang tinggi membuat chia seed dapat dijadikan sebagai pengganti telur dan daging yang pasti dengan keunggulan lebih rendah lemak dibanding dengan protein hewani.

  1. Chia seed bebas dari gluten sehingga aman dikonsumsi

Salah satu keunggulan yang dimiliki oleh chia seed ini adalah bebas dari gluten. Walaupun memiliki kandungan protein jenis nabati yang cukup tinggi namun chia seed ini terbebas dari kandungan gluten yang dapat menginfeksi usus sehingga aman dan sangat dianjurkan untuk dikonsumsi

  1. Chia seed berguna untuk menurunkan kadar trigliserida

Bagi seseorang yang sedang menderita diabetes dapat mengonsumsi chia seed karena mampu memperlambat proses pengubahan karbohidrat menjadi gula. Selain itu  chia seed juga mampu untuk mengurangi resistensi insulin sehingga seiring waktu kadar gula darah di dalam tubuh akan berkurang dan menjadi normal kembali.

  1. Chia seed berguna untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan

Manfaat chia seed yang terakhir yaitu mampu memperlancar sistem pencernaan di dalam tubuh, mengatasi masalah pencernaan sekaligus mengatasi masalah pencernaan agar sistem pencernaan tetap sehat dan nutrisi pada makanan dapat diserap optimal oleh tubuh.

Waspadai Bahaya Mengonsumsi Chia Seed

 

  1. Chia seed dapat menyebabkan badan semakin kurus

Karena salah satu manrfaat dari chia seed adalah untuk membakar lemak dan menurunkan berat badan maka chia seed ini sangat tidak dianjurkan bagi seseorang yang sudah kurus atau kekurangan lemak. Maka dari itu seseorang yang telah berbadan kurus sebaiknya tidak mengonsumsi chia seed terlalu sering.

  1. Chia seed dapat menyebabkan masalah pada ulu hati

Seseorang yang mengonsumsi chia seed terlalu banyak ataupun terlalu sering sangatlah tidak bagus karena chia seed dapat menyebabkan penumpukan pada area sekitar lambung yang pada akhirnya akan menyebabkan rasa nyeri dan tidak nyaman pada area di sekitar ulu hati.

  1. Chia seed dapat menyebabkanmasalah pada pencernaan

Mengonsumsi chia seed yang tidak diiringi dengan minu air putih yang cukup bisa menyebabkan orang tersebut mengalami masalah pencernaan seperti mual-mual atau perut kembung.

  1. Chia seed dapat menyebabkan alergi

Bagi sebagian orang chia seed juga dapat menyebabkan aleregi seperti bintik merh pada kulit. Hal itu disebabkan karena beberapa kandungan yang ada di dalam chia seed tidak cocok dengan kondisi tubuh dan antibodi tubuh menganggapnya sebagai benda asing yang berbahaya oleh tubuh maka dari itu muncullah respon tubuh seperti bintik merah yang muncul pada kulit

Add Comment