Manfaat Biji Mahoni Yang Sering Dianggap Sebagai Sampah

Manfaat Biji Mahoni – pohon mahoni tergolong sebagai pohon berukuran besar yang dapat ditemui dengan mudah disepanjang jalan, di taman kota atau tempat umum lainnya. Biji dari pohon ini akan dapat dimanfaatkan sebagai tanaman obat alami yang cukup manjur untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan seperti menambah nafsu makan, menjaga tekanan darah serta menjaga kadar gula darah dalam tubuh agar terhindar dari penyakit diabetes. Namun yang menjadi masalah seseorang harus menunggu pohon mahoni berbunga setelah berusia sekitar 7 tahun hingga akhirnya menggugurkan bijinya

Manfaat Biji Mahoni

Biji mahoni ini biasanya dijadikan mainan baling-baling oleh anak-anak lain daripada itu ibu-ibu yang menyusui menggunakan biji mahoni untuk mengentikan proses menyusui bagi anak yang telah cukup umur namun masih sulit lepas dari ASI. Sementara itu dalam bidang kecantikan biji mahoni juga tak jarang dijadikan sebagai bahan tambahan dalam produk kosmetik. Karena begitu banyaknya manfaat yang dimiliki oleh biji mahoni maka tak heran jika negara Malaysia menyebutnya sebagai sky fruit (buah langit). Berbanding terbalik dengan di Indonesia karena banyak orang yang menganggap biji mahoni hanya sebagai sampah jalanan.

 

Manfaat Mahoni Untuk Lingkungan

Tak hanya berguna sebagai bahan obat-obatan maupunproduk kecantikan saja, pohon mahoni juga bermanfaat untuk penyaring udara karena mampu mengurangi polusi udara sekitar 50% dengan mengikat karbon dioksida dan polutan lain sementara di satu sisi daunnya juga mengeluarkan oksigen oleh sebab itulah mengapa area di tepi jalan sering ditanami pohon mahoni hal tersebut bermaksud untuk membuat udara di sekitar jalan terasa lebih sejuk dan segar. Manfaat mahoni untuk lingkungan yang lainnya yaitu berguna sebagai  daerah drynase yaitu area penyerapan air ketika di waktu hujan yang sangat bermanfaat untuk menjaga persediaan sumber air tanah.

Kelebihan lain dari pohon mahoni ini yaitu dapat ditanam di area yang gersang sehingga tak membutuhkan terlalu banyak air untuk perawatannya. Selain itu kayu dari pohon mahoni ini memiliki kualitas yang bagus karena kayunya tebal dan keras sehingga sering sekali dimanfaatkan dalam industri furniture yang akhirnya juga membuat nilai ikonomis dari pohon mahoni menjadi cukup tinggi.

Sementara untuk biji mahoni dapat diolah dengan berbagai cara yang salah satunya yaitu diekstrakdan dijadikan sebagai pestisida alami yang sangat berguna untuk mengusir hama terutama jenis larva. Pemakaian pestisida alami inidapat menjadi alternatif yang aman dibandingkan dengan pestisida sintetis yang mengandung bahan kimia yang berbahaya baik bagi lingkungan maupun bagi manusia.

 

Manfaat Biji Mahoni Bagi Kesehatan

  1. Meningkatkan nafsu makan

Nafsu makan yang kurang bagus dapat mengakibatkan hal buruk bagi kesehatan karena kurangnya asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh. Temulawak salah satu solusi untuk mengatasi kurangnya nafsu makan namun jika sulit menemukan temulawak anda dapat menggunakan biji mahoni yang pohonya biasa ditanam di tepi jalan, di taman atau di tempat umum lainnya dengan mudah dan gratis

  1. Sehat untuk jantung

Biji kecil yang terkenal pahit ini ternyata menyimpan khasiat yang cukup banyak untuk kesehatan, salah satunya untuk jantung. Sebagai salah satu jenis tanaman yang sering dijadikan sebagai bahan obat tradisional ternyata di dalam biji mahoni terdapat saponin yang berguna untuk menjaga kesehatan jantung secara alami.

  1. Sehat untuk pencernaan

Sembelit yaitu suatu kondisi dimana tubuh kekurangan serat yang mengakibatkan susah buang air besar. Kondisi ini dapat segera diatasi hanya dengan menggunakan biji mahoni caranya yaitu haluskan biji mahoni lalu campurkan dengan satu gelas air hangat kemudian tinggal diminum.

  1. Menangkal serangga

Manfaat biji mahoni lainnya yaitu dapat digunakan sebagai obat penangkal serangga seperti nyamuk yang sulit untuk dihindari. Rasa biji mahoni yang sangat pahit ini ternyata juga tidak disukai oleh banyak serangga sehingga sangat cocok digunakan sebagai obat pembasmi atau penangkal serangga.

  1. Meningkatkan kesuburan

Bagi pasangan yang ingin memiliki namun masih juga kunjung memilikinya dapat memanfaatkan biji mahoni sebagai obat alternatif alami yang cukup mudah ditemukan.

  1. Mengurangi gejala Alzheimar

Seseorang yang menderita alzheimar membutuhkan makanan atau obat-obatan untuk tetap bisa bertahan hidup. Biji mahoni ini dapat dijadikan sebagai campuran dalam makanan atau minumannya untuk mengurangi gejala-gejala dan berguna sebagai obat bantuan untuk tetap bisa bertahan hidup

  1. Mengontrol tekanan darah dan kadar gula darah

Manfaat biji mahoni lainnya yaitu dapat menjaga keseimbangan metabolisme tubuh dengan mengontrol tekanan darah serta menyeimbangkan kadar gula darah agar terhindar dari penyakit diabetes

  1. Baik Untuk Masa Datang Bulan

Sementara bagi wanita manfaat dari biji mahoni yaitu mampu mengurangi rasa nyeri saat masa menstruasi. Caranya yaitu konsumsi biji mahoni secukupnya di waktu pertama menstruasi maka akan mengurangi rasa nyeri pada hari-hari berikutnya.

Add Comment