Keutamaan Dan Manfaat Surat Al Ikhlas Yang Luar Biasa

Manfaat Surat Al Ikhlas – Surat Al-ikhlas termasuk 3 surat terakhir dalam al-quran. Terdapat di urutan surat ke 112 surat yang terdiri dari 4 ayat ini diturunkan di kota Mekkah. Surat ini memiliki ajaran pokok mengenai ketauhidan, mengesakan Allah dan tiada sekutu baginya. Karena kalimatnya yang terbilang tegas membuat beberapa kalimat di dalam surat al ikhlas diambil sebagai slogan pemerintahan islam pada zaman dahulu yang mengiringi 2 kalimat syahadat sebagai slogan utama. Selain itu kalimat-kalimat dalam surat al-ikhlas juga sering menghiasi uang dinar pada masa pemerintahan islam.

manfaat surat al ikhlas

Asbabun Nuzul Surat Al-ikhlas

Asbabun nuzul atau penyebab turunnya surat ini yaitu suatu ketika terdapat rombongan kaum kafir Quraisy yang mendatangi Rosulullah kemudian bertanya mengenai leluhur Allah, sifat-sifat Allah dan gambaran Allah kemudian Malaikat Jibril membawa wahyu dari Allah dan memberikannya kepada Nabi Muhammad. Di dalamnya Allah berfirman dengan tegas

“Katakanlah, Dia lah Allah Yang Esa” sebagai terjemahan ayat pertama dan ayat kedua sebagai berikut “Allah Yang Kekal” ayat satu dan dua menjelaskan sifat Allah bahwa Allah itu hanya satu dan abadi (kekal). Kemudian terjemahan ayat ketiga menjelaskan bahwa Allah tidak memiliki leluhur “Dia tidak beranak dan tidak pula diperanakkan” dan ayat keempat menjelaskan bahwa tiada tandingan dan tiada sesuatupun yang pantas di sembah kecuali Allah “Serta tiada satupun yang setara denganNya”

 

Manfaat Surat Al Ikhlas Beserta Hadist Yang Menguatkannya

  1. Membaca Surat Al Ikhlas Dapat Terhindar Dari Kejahatan Dan Bencana

Dalam sebuah hadist Rosulullah pernah berfirman “Barang siapa yang membaca surat al-fatihah, al ikhlas, al falaq dan annas tujuh kali sesudah sholat jum’at niscaya terpelihara dari perkara keji dan segala hingga hari jum’at  yang akan datang”. Kemudian selain itu dengan memperbanyak dzikir dengan lafadz “yaa shomad”maka insyaallah kita akan dihindarkan dari orang yang rakus, aniaya dan orang-orang yang ingin berniat jahat kepada kita. Selain itu Aisyah ra juga pernah mengatakan bahwa sebelum Rosulullah tidur beliau membaca surat al-ikhlas, al-falaq dan annas kemudian menghembuskannya dan mengusap ke tubuh beliau sekedarnya.

  1. Membaca Surat Al Ikhlas Dapat Mempercepat Terkabulnya Hajat

Selain sholat hajat kita juga bisa mempercepat terkabulnya hajat yaitu dengan memperbanyak membaca surat al-ikhlas terutama setelah sholat maghrib atau menjelang sholat isya’ dengan membaca sebanyak 1000 kali

  1. Membaca Surat Al Ikhlas Dapat Terhindar Dari Siksa Kubur

Dalm kitab Tadzikarotul Qurthuby dijelaskan bahwa Rosulullah pernah bersabda sebagai berikut “Barang siapa yang membaca surat al ikhlas waktu ia sakit lalu ia meninggal dunia maka ia tidak akan membusuk di dalam kuburnya, akan selamat dari kesempittan kubur dan malaikat akan membawanya sirotul mustaqim hingga menuju surga”

  1. Surat Al Ikhlas Dapat Berguna Sebagai Obat

Manfaat lain dari surat al-ikhlas yaitu dapat dijadkan sebagai obat seperti yang pernah dilakukan oleh Rosulullah saw. Aisyah ra pernah menjelaskan jika rosulullah merasa sakit pada bagian tubuhnya maka rosulullah membaca surat al-ikhlas, al-falaq dan annas lalu beliau menyapukannya pada area yang terasa sakit.

  1. Mengamalkan Surat Al Ikhlas Dapat Membuka Pintu Rizki

Allah akan melapangkan rizki seseorang yang sedang dalam kesempitan yaitu dengan cara mengucap salam sebelum masuk rumah kemudian membaca surat al-ikhlas sebanyak tiga kali, ini seperti yang pernah diamalkan salah satu sahabat Rosulullah saw. Selain itu seseorang yang mampu mengamalkan surat al-ikhlas sebanyak seratus kali dengan niat yang ikhlas maka melunasi hutangnya sebelum ia meninggal.

  1. Mengamalkan Surat Al Ikhlas Mendapat Ampunan Dari Allah

Masih dalam hadist yang diriwayatkan oleh Anas Bin Malik “Barang siapa membaca surat al-ikhlas 100 kali maka Allah akan menghapus dosa kecilnya selama 50 tahun”

  1. Mengamalkan Surat Al Ikhlas Akan Memudahkan Jalan Menuju Surga

Dalam sebuah hadist yang diriwayatkan oleh anas bin malik bahwa Rosulullah pernah bersabda “Barang siapa membaca surat al-ikhlas sepuluh kali maka Allah membina untuknya satu istana di dalam surga”

  1. Mengamalkan Surat Al Ikhlas Akan Mendapat Kemuliaan Dan Pahala Yang Banyak

Seseorang yang membaca surat al ikhlas dengan ikhlas sebanyak tiga kali maka pahalanya sama dengan mengkhatamkan (membaca 30 juz) alqur’an. Kemudian di kerajaan Allah yang disebut arsy terdapat gurun yaang setiap malaikat membaca surah al-ikhlas namun pahalanya diberikan kepada manusia yang senang mengamalkan surah al-ikhlas baik laki-laki maupun perempuan.

Dan terakhir dalam sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Baihaqi ra bahwa jenazah Muawiyah dari Tabuk bersama 70.000 malaikat termasuk malaikat Jibril. Hal tersebut membuat Rosulullah heran dan akhirnya bertanya pada malaikat jibril sebenanrnya apakah penyebab Muawiyah mendapat kemuliaan seperti itu? Kemudian Malaikat Jibril menjawab bhwa semasa hidupnya Muawiyah membaca surat al-ikhlas dalam posisi berdiri, duduk hingga berjalan

Add Comment