Ini Dia 7 Manfaat Surat Al Waqiah Untuk Kesuksesan Dunia Dan Akhirat

Manfaat Surat Al Waqiah – alqur’an merupakan kalam Allah yang dapat dijadikan sebagai sumber dari segal sumber hukum di atas bumi ini karena didalamnya terdapat berbagai macam sumber hukum yang sudah sangat tegas difirmankan oleh Allah SWT seperti hukum-hukum tentang beribadah hingga bermuamalah. Selain sebagai kalam allah alqur’an juga bisa disebut sebagai mukjizat terbesar yang diberikan kepada Nabi Muhammad SAW beserta seluruh umatnya hal ini karena alqur’an memiliki fungsi yang sangat besar bagi kehidupan manusia hingga hari kiamat nantinya.

manfaat surat al waqi'ah

Di dalam alqur’an terdapat 6666 ayat yang terbagi ke dalam 114 surat dan setiap surat atau setiap ayat pasti memiliki asbabun nuzul dan khasiatnya masing-masing. Salah satu surat dalam al-qur’an yang paling banyak diamalkan oleh umat islam adalah surat al-waqiah bahkan di kalangan umat islam terdapat jamaah waqiah yaitu sebah perkumpulan yang didalamnya mengamalkan suart al-waqiah beberapa kali sebagai bacaan utama. Tanpa bermaksud mengesampingkan surat-surat yang lain, surat waqiah memang dianggap memiliki manfaat yang sangat luar biasa bagi kehidupan umat islam di dunia maupun di akhirat nantinya.

Mengenal Lebih Dekat Surat Al-Waqiah

Surat Alwaqiah merupakan surat ke 56 dari 114 surat dalam alqur’an dan terdiri dari 96 ayat, di turunkan di Mekkah secara mutawattir atau berangsur-angsur. Al-waqiah sendiri diambil dari ayat pertama dalam surat ini yang memiliki arti “Hari Kiamat” karena di dalamnya banyak menceritakan mengenai kejadian kiamat, bagaimana manusia akan dibangkitkan hingga bagaimana mereka akan menerima catatan amal mereka.

Surat waqiah dikenal memiliki manfaat yang sangat luar biasa bagi para pembacanya bila diamalkan dengan benar. Salah satu manfaat surat al-waqiah ini dapat dilihat pada kitab Majmu’ Latif yang mengisahkan Utsman bin Affan yang ingin mengumpulkan dana untuk anak-anak Abdullah karena sang ayah Abdullah bin Mas’ud sedang sakit, namun Abdullah menolaknya karena Abdullah percaya bahwa anak-anaknya tidak akan jatuh ke lubang kemiskinan karena Abdullah telah memerintahkan anak-anaknya mengamalkan surat al-waqiah setiap malam seperti sabda Rasulullah saw yang pernah ia dengarkan

“Barang siapa yang membaca surat al-waqi’ah setiap malam maka ia tidak akan fakir (jatuh ke dalam lubang kemiskinan)”

Dari kisah yang dimuat di dalam kitab Majmu’ Latif seperti di atas dapat diketahui bahwa khasiat utama dari mengamalkan surat al-waqi’ah secara rutin atau istiqomah yaitu membuat rizki menjadi lancar dan barokah agar tidak tersesat menjalani kehidupan di dunia ini dengan jatuh ke dalam lubang kemiskinan karena kefakiran itu dekat dengan kekufuran dan kekufuran dapat mengantarkan pada kekafiran. Nah namun tahukah anda selain untuk mmperlancar rizki dan terhindar dari kemiskinan ternyata suat waqiah masih memiliki keutamaan-keutamaan lain yang masih belum banyak diketahui.

Keutamaan Dan Keistimewaan Di Balik Surat Al-Waqi’ah

  1. Dimudahkan Jalannya Menggapai Surga

Manfaat surat al-waqiah yang pertama yaitu dimudahkannya jalan meuju surga, dalam sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dengan nomor 4502 disana disebutkan bahwa “ Di dalam surga terdapat sebuah pohon yang bilamana seseorang seseorang berkendara di bawahnya selama seratus tahun maka dia masih belum habis melewati bayangannya. Karena itu bacalah (wa dzilim mamduud) yang terdapat dalam surat al-waqiah ayat ke 30”. Namun untuk menggapai surga yang haqiqi pastinya tak cukup hanya dengan mengamalkan surat waqiah saja oleh karena itu juga perlu untuk melakukan amal saleh lainnya.

  1. Dapat Terhindar Dari Sifat Lalai

Lalai merupakan sifat dasar yang pasti dimiliki oleh setiap manusia dengan melakukan sesuatu yang salah baik dengan cara yang disengaja maupun tidak dan akan membuat manusia merasakan atau mengalami kerugian nantinya. Salah satu cara yang agar terhindar dari sifat lalai yaitu dengan mengamalkan surat waqiah seperti riwayat yang disebutkan oleh Ubay bin Ka’ab bahwasanya Rasulullah bersabda “Barang siapa yang mengamalkan surat al-waqi’ah maka ia akan dicatat bukan tergolong orang-orang yang lalai”

  1. Dapat Hidup Dengan Damai Dan Tentram

Membaca alqur’an saja sudah dapat menenangkan hati apabila dibacanya dengan benar dan penuh keikhlasan seperti salah satu fungsi alqur’an yaitu assyifa yang berarti obat. Apalagi jika membaca surat atau ayat yang didalamnya memiliki khasiat untuk membuat hidup merasa lebih tenang, damai dan tentram dan salah satu surat tersebut adalah surat al-waqiah. Seperti sabda Rasulullah “Barang siapa yang rajin membaca surat waqiah pada malam jum’at, maka ia akan dicintai Allah dan manusia serta ia tak akan ditimpa kemiskinan, kesengsaran dan kebutuhan dan penyakit dunia”

  1. Akan Diperlancar Segala Hajat Dan Rizkinya

Manfaat surat al-waqiah yang terakhir yaitu akan dilancarkan rizki dan hajatnya, hal ini dijelaskan dalam khazinatul Asror Kubro di halaman 360 bahwa seseorang yang rajin membaca surat waqiah di pagi, sore atau malam hari maka ia akan akan dimudahkan rizkinya, dikabulkan hajatnya serta dihindarkan dari fitnah dunia sementara fitnah tersebut akan berbalik kepada orang tersebut

Add Comment