Di Balik Rasa Pahit Sayur Pare, Terkandung Manfaat Yang Menakjubkan Bagi Kesehatan

Posted on

Sayur pare merupakan salah satu jenis sayuran hijau yang mempunyai rasa pahit. Sayur pare merupakan salah satu jenis sayuran yang tumbuh di Negara- Negara tropis. Nama latin pare adalah Momordica Charantia. Tanaman pare merupakan tanaman yang hidupnya merambat, dia perlu batang pohon yang kuat atau pagar untuk digunakannya.

Karena rasa pahit inilah yang membuat banyak orang yang tak menyukai sayur pare ini. Namun tahukah anda jika dibalik rasanya yang pahit, ternyata sayur pare memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan. Karena umumnya orang hanya memanfaatkan sayur pare untuk ditumis atau di sayur lodeh. Karena sayur pare memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, maka dianjurkan untuk banyak mengkonsumsi sayur pare. Untuk mengetahui lebih jelas mengenai apa saja manfaat pare bagi kesehatan, mari kita simak uraiannya seperti berikut ini :

  • Sayur Pare Bermanfaat Untuk Mencegah Kanker

Kanker merupakan pembunuh nomor satu bagi semua orang, sampai saat ini belum ada obat kimia atau pelatan medis yang dapat menyembuhkan kanker. Kanker hanya dapat dicegah pertumbuhannya serta ditekan dan diperlambat pertumbuhan sel kankernya agar tidak menyebar keseluruh tubuh. Untuk mencegah tubuhnya sel kanker dalam tubuh sangat diperlukan. Untuk dapat terhindar dari kanker, maka anda harus banyak mengkonsumsi sayur pare. Karena kandungan zat lesichin dalam sayur pare bermanfaat untuk mencegah tumbuhnya sel kanker dalam tubuh. Selain itu sayur pare juga berfungsi untuk meningkatkan sistem imun tubuh agar kebal terhadap virus penyebab kanker.

  • Sayur Pare Bermanfaat Untuk Melancarkan Pencernaan

Bagi anda yang sering mengalami masalah pencernaan seperti sulit buang air besar atau sembelit, maka cobalah untuk mengkonsumsi sayur pare. Hal ini karena sayur pare banyak mengandung serat, kalium, dan juga karoten yang bermanfaat untuk melancarkan sistem pencernaan.

  • Sayur Pare Bermanfaat Untuk Membersihkan Darah

Sayur pare kaya akan banyak nutrisi dan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh. Karena nutrisi dan vitamin itulah sayur pare mampu untuk membersihkan darah secara alami. Darah yang bersih akan membuat badan kita sehat dan jauh dari berbagai macam penyakit.

  • Sayur Pare Bermanfaat Untuk Mencegah Diabetes

Mungkin banyak orang yang mengatakan jika tak ingin terkena diabetes maka jangan banyk mengkonsumsi makanan yang manis, konsumsi makanan yang pahit saja. Perkataan itu memang benar adanya. Terbukti dengan banyak mengkonsumsi sayur pare dapat menurunkan resiko terkena penyakit diabetes. Rasa pahit yang terdapat dalam sayur pare membuktikan bahwa sayur pare tidak mengandung gula. Sehingga sayur pare dapat dimanfaatkan untuk menu masakan sehari- hari bagi penderita diabetes. Tak heran jika nenek moyang kita memanfaatkan pare sebagai obat penyakit diabetes atau kencing manis yang alami.

  • Sayur Pare Bermanfaat Untuk Meredakan Asma

Rasa pahit yang dikeluarkan oleh sayur pare ternyata juga memiliki manfaat. Salah satu manfaatnya adalah membuat indera pengecap alias lidah meresponnya dengan cepat, secara otomatis hal ini membuat sel pernafasan juga ikut akfif bekerja sehingga membuat jalur pernafasan terbuka lebih lebar, tentu hal ini volume udara yang masuk menjadi lebih banyak. Keadaan ini memberikan manfaat positif bagi para penderita asma agar nafasnya menjadi lebih  lega.

  • Sayur Pare Bermanfaat Sebagai Alat Kontrasepsi Alami

Sepertinya kaum adam haru berfikir ulang jika ingin mengkonsumsi sayur pare dalam jumlah yang banyak. Karena penelitian yang pernah dilakukan seorang dokter di Universitas Diponegoro menunjukkan bahwa mengkonsumsi sayur pare dapat menurunkan jumlah produksi sperma. Nah jadi jika anda tak ingin memiliki banyak anak maka banyak konsumsi sayur pare ya. Namun yang perlu diingat ibu hamil dilarang mengkonsumsi pare ya, karena berbahaya bagi janin dalam kandungan.

Nah itulah tadi beberapa manfaat sayur pare bagi kesehatan. Namun ada beberapa efek samping dari mengkonsumsi pare yang berlebihan. Berikut efek sampingnya:

Efek Samping Mengkonsumsi Pare:

  1. Kaum pria tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi pare dalam jumlah yang banyak. Karena penelitian yang sudah pernah dilakukan membuktikan bahwa mengkonsumsi pare dalam jumlah yang banyak dapat menurunkan produksi sperma bahkan dapat mematikan sperma.
  2. Mengkonsumsi pare dalam jumlah yang banyak dapat mengakibatkan impoten, rusaknya buah pelir, dan produksi hormone pada pria. Eitss… kalau buah pelir sudah rusak, sudah tidak bisa diperbaiki loh ya.
  3. Tidak dianjurkan untuk ibu hamil. Karena penelitian yang pernah dilakukan pada sample tikus yang sedang hamil menunjukkan bahwa tikus itu mengalami keguguran. Sehingga ibu hamil tidak dianjurkan makan pare.
  4. Bagi para penderita diabetes dianjurkan agar mengkonsumsi pare dalam dosis yang tepat sesuai saran dokter.

Itulah tadi ulasan tentang manfaat sayur pare serta efek sampingnya yang harus anda tahu. Sekian dulu ya artikel kali ini. Semoga bermanfaat untuk anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *