MANFAAT ISTIGHFAR

BETAPA LUAR BIASANYA MANFAAT ISTIGHFAR INI!!!

Posted on

Bagi anda para muslim, mendengar kata istghfar sudah bukan hal yang asing lagi. Istighfar merupakan kalimat ampunan hamba kepada Sang Pencipta-Nya yaitu Allah. Kalimat istighfar berbunyi Astagfirullahaladziim. Kalimat ini merupakan kalimat yang disarankan untuk banyak diucapkan oleh umat islam. Ada beberapa kondisi dimana kita disarankan untuk mengucapkan kalimat istighfar. Nah berikut ini beberapa kondisi dimana kita disarankan untuk mengucapkan kalimat istighfar:

MANFAAT ISTIGHFAR

  • Saat kita dilanda kebingungan ataupun kegelisahan
  • Saat kita merasa jauh dari Allah
  • Saat kita punya banyak sekali masalah dalam hidup dan sudah kehilangan arah
  • Saat kita merasa telah melakukan kesalahan baik besar maupun kecil, baik kepada sesame manusia ataupun kepada Allah
  • Saat batin dan fikiran kita merasa tertekan
  • Saat kita dilanda musibah

Allah bukan tak punya alasan menyuruh umatnya untuk membaca banyak istighfar. Ada banyak sekali manfaat istighfar yang luar biasa bagi mereka yang mengucapkannya. Bahkan setiap aktifitas ataupun kegiatan yang kita lakukan tak boleh lepas dari ucapan istighfar. Nah daripada penasaran apa saja manfaat istighfar yang luar biasa itu? Berikut ini informasi selengkapnya:

  • Manfaat Istighfar Untuk Membuat Hati Tenang

Manfaat istighfar yang pertama adalah dapat membuat hati tenang. Dikala kita mempunyai masalah yang membuat kita selalu memikirkannya. Ataupun ketika kita telah melakukan kesalahan maka hati kita akan merasa gelisah dan hati tidak tenang. Disaat seperti inilah kita disarankan untuk banyak membaca istighfar. Dengan membaca istighfar maka anda dapat merasakan sensasi yang luar biasa dari manfaat istighfar ini, yakni hati anda akan tenang dan tidak gelisah lagi.

  • Manfaat Istighfar Untuk mendekatkan Diri Kepada Allah dan Menggugurkan Dosa

Manfaat istighfar yang kedua adalah akan lebih mendekatkan orang memabacanya kepada Allah. Istighfar merupakan kalimat yang merupakan kalimat permintaan ampun dari hamba kepada Sang Penciptanya. Karena itu membaca istighfar akan membuaat seseorang lebih dekat dengan Sang Penciptanya. Selain itu manfaat istighfar adalah dapat menggugurkan dosa karena kita telah meminta ampun kepada Allah atas dosa dan kesalahan kita.

  • Manfaat Istighfar Untuk Mengusir Pikiran Buruk Dan Pikiran Negatif

Sebagai mamusia yang tak sempurna secara tak sadar kita sering berpikiran buruk dan negative. Pikiran jahat dan negative tersebut akan membuat kita melakukan tidakan yang tak seharusnya dilakukan seperti perbuatan jahat atau perbuatan yang dilarang oleh agama. Nah untuk menghindari hal-hal tersebut maka kita disarankan untuk banyak membaca istighfar. Manfaat istighfar ini akan membuat kita sadar dan tak akan membuat kita melakukan kegiatan jahat atau perbuatan yang dilarang oleh agama.

  • Manfaat Istighfar Untuk Membuat Diri Kita Sadar

Manfaat istighfar yang selanjutnya adalah akan membuat kita sadar. Sebagai manusia kita sering melakukan hal-hal yang terkadang kita sendiripun kadang tak menyadari akan hal itu. Kita tak sadar bahwa apa yang kita lakukan adalah perbuatan yang salah. Nah untuk itulah kita disarankan untuk banyak beristighfar agar kita disadarkan oleh Allah bahwa apa yang kita lakukan itu adalah salah dan segera kembali ke jalan yang benar.

  • Manfaat Istighfar Untuk Melancarkan Segala Kegiatan

            Terkadang jika kita punya beban atau masalah, maka ketika kita melakukan kegiatan atau pekerjaan maka kita akan merasa terganggu, sehingga kegiatan atau pekerjaan kita menjadi terganggu. Nah untuk itulah kita disarankan untuk banyak membaca istighfar. Karena manfaat istighfar yang luar biasa adalah membuat hati dan pikiran kita menjadi plong tiada beban. Sehingga kita leluasa menjalankan kegiatan dan pekerjaan tanpa beban.

  • Manfaat Istighfar Untuk Membuka Jalan Menuju Surga

Siapa sih yang tak mau masuk surga? Tentu semua orang pasti menginginkannya. Istighfar merupakan salah satu jalan anda untuk dapat masuk ke surge. Orang yang banyak mengucapkan kalimat istighfar berarti dia telah mengakui dosa dan kesalahan yang telah ia buat. sehingga Allah akan mengampuni dosa-dosa serta kesalahnnya. Tentu hal ini akan membuat orang tersebut gampang masuk surga.

Selain beberapa manfaat istighfar yang sudah saya sebutkan diatas tadi, masih banyak manfaat istighfar yang lainnya antara lain, dapat memperkuat iman seseorang, dicintai oleh Allah, setan akan menjauh, mengikuti sunah rosul, menjadi orang yang beruntung, mendatang kebembiraan dan keberuntungan.

Setelah kita tahu banyaknya manfaat istighfar yang luar biasa diatas, maka kita sebagai umat islam sudah seharusnya untuk banyak mengamalkan istighfar dalam kehidupan kita. Kalimat istighfar ini tidak panjang, sehingga sanga mudah dibaca dan dihafalkan. Manfaat istighfar bukan hanya akan kita dapatkan di dunia saja, namun kita juga akan mendapatan manfaat istighfar di akhirat nanti.

Nah itulah tadi ulasan tentang manfaat istighfar yang luar biasa. Semoga bermanfaat untuk anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *