Beragam Manfaat Dari Gula Aren Yang Perlu Anda Ketahui

Siapa yang tak mengenal Gula Aren? Orang jawa biasa menyebutnya dengan sebutan gula merah. Gula aren memiliki bentuk yang berbeda dengan gula pasir. Gula pasir berbentuk kristal kecil-kecil dan berwarna putih. Sedangkan gula aren memiliki warna coklat kemerahan serta teksturnya besar dan keras. Bentuknya setengah lingkaran. Gula aren memiliki rasa yang lebih legit dan lebih manis jika dibandingkan dengan gula pasir. Bahan baku pembuatannya pun juga sangat berbeda. Gula pasir terbuat dari tanaman tebu. Sedangkan gula aren terbuat dari tanaman aren.

Gula Aren

Untuk menemukan gula aren pun sangat mudah. Kita bisa menemukan gula aren dengan mudah dipasaran. Hal ini karena gula aren sudah banyak diproduksi di Indonesia. Bukan hanya diproduksi di pulau jawa saja. Namun juga diproduksi di hampir semua pulau di Indonesia. Hal ini karena semakin banyaknya permintaan terhadap gula aren. untuk pemanis makanan dan minuman banyak orang yang memilih untuk menggunakan gula aren. selain sebagai pemanis makanan dan minuman masih banyak lagi manfaat gula aren yang perlu anda tau. Manfaat apa sajakah itu? Mari kita simak informasinya berikut ini Tentang Manfaat Gula Aren :

  • Gula Aren Bermanfaat Untuk Mengobati dan Mencegah Anemia

Jika anda merasakan gejala 5L (letih, lemah, lesu, lunglai, lelah) dalam diri anda maka anda harus waspada. Karena anemia sedang menyerang tubuh anda. Pasti gak enak donk rasanya tubuh ini kalau terkena anemia. Berasa males ngapa-ngapain jadinya. Tapi jangan khawatir, gula aren adalah solusinya. Mungkin belum banyak yang tau kalau gula aren banyak mengandung zat besi. Sehingga mampu untuk mengobati anemia anda. Untuk mencegah anemia tidak datang kembali maka anda harus beralih dari gula pasir ke gula aren.

  • Gula Aren Bermanfaat Untuk Memperlancar Peredaran Darah

Peredaran darah yang tidak lancar bisa menjadi masalah yang serius bagi kesehatan. Karena dapat menyebabkan munculnya beberapa penyakit seperti penyakit jantung, stroke, dan lain sebagainya. Otak jadi sulit berkonsentrasi serta tubuh mudah lelah juga terjadi akibat peredaran darah yang tidak lancar. Nah untuk menghindari hal itu semua terjadi, maka anda bisa memanfaatkan gula aren sebagai pencegahnya. Kandungan nutrisi yang terdapat pada gula aren mampu untuk memperlancar peredaran darah keseluruh tubuh.

  • Gula Aren Bermanfaat Untuk Menjaga Kadar Kolestrol

Gula aren banyak mengandung nutrisi dan senyawa. Salah satunya adalah senyawa niacin yang berfungsi untuk menjaga kestabilan kadar kolestrol adalam tubuh. Karena jika kolestrol tidak dijaga maka dapat memunculkan penyakit lain seperti stroke, asam urat, jantung coroner, dan diabetes. Orang yang kadar kolestrolnya tinggi disarankan untuk mengkonsumsi gula aren sebagai jamu tradisional setiap hari. Nah ada baiknya jika kita mulai membiasakan untuk mengkonsumsi gula aren mulai sekarang agar kadar kolestrol tetap terjaga.

  • Gula Aren Bermanfaat Untuk Mencegah Diabetes

Mungkin banyak yang berfikiran bahwa gula identic dengan penyebab diabetes. Memang sih diabetes memang disebaban oleh terlalu banyaknya kadar gula dalam darah. Namun jangan salah. Jangan dikira baha gula aren juga dapat menyebabkan diabetes. Karena ternyata gula aren justr dijadikan sebagai obat pencegah diabetes. Hal ini karena gula aren tingkat kalorinya lebih rendah jika dibandingkan dengan gula pasir biasa. Eits.. tapi tentu saja gula aren ini harus dikonsumsi dalam takaran yang wajar ya. Karena bagaimanapun juga gula aren juga manis dan legit.

  • Gula Aren Bermanfaat Untuk Menambah Tenaga

Tahukah anda jika gula aren ternyata dapat menambah tenaga meskpun kadar kalorinya cukup rendah. Nenek moyang kita banyak yang menggunakan gula aren dan beberapa bahan tradisional lainnya sebagai penambah tenaga dan stamina. Jadi tak heran jika banyak para pendaki gunung yang menggunakan gula aren sebagai bekal mereka ketika mereka mendaki gunung. Dan mereka akan memakannya sewaktu-waktu ketika mereka merasa lelah dan butuh tenaga tambahan.

  • Gula Aren Bermanfaat Untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Kandunga gula aren membuat tubuh terbebas dari berbagai macam penyakit. Karena gula aren berfungsi sebagai anti-biotik yang mampu melawan virus dan penyakit. Apalagi di musim yang berubah-ubah seperti sekarang ini. Gula aren seakan menjadi payung anti-biotik untuk kita. Jadi jangan ragu untuk banyak mengkosnsumsi gula aren ya agar daya tubuh anda selalu terjaga.

Nah itulah tadi informasi tentang beberapa manfaat tentang gula aren yang harus anda ketahui. Yang perlu diperhatikan adalah mengkonsumsi gula aren juga harus dijaga takarannya. Karena bagaimanapun juga yang namanya gula sudah pasti rasanya manis. Mengkonsumsi makanan atau minuman yang manis dalam jumlah yang banyak juga tak baik bagi kesehatan kita.

Nah sekian dulu ya artikel kali ini. Semoga bermanfaat untuk anda semua.

Keep your health!!!

Add Comment