9 MANFAAT TIMUN YANG JARANG ORANG TAU

Posted on

Timun atau mentimun merupakan salah satu jenis sayuran yang banyak disukai oleh banyak orang. Timun biasanya menjadi pelengkap lalapan. Lalapan terasa tidak lengkap jika tanda kehadiran timun. Bukan hanya menjadi teman lalapan saja, timun biasanya juga diolah menjadi rujak, gado-gado, salad, acar, dan juga sandwich ataupun hamburger. Rasanya yang segar, banyak mengandung air serta teksturnya yang renyah membuat orang sangat menyukai sayur yang satu ini.

Timun rendah akan kalori sehingga tak akan membuat tubuh menjadi gemuk jika terlalu banyak mengkonsumsi timun. Timun juga kaya akan nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Selain rasanya enak dan segar ada banyak sekali manfaat timun. Mungkin yang banyak orang tahu, manfaat timun hanya untuk menurunkan tekanan darah atau hipertensi saja. Namun jangan salah, masih banyak lagi manfaat timun yang lainnya. Nah pada artikel kali ini saya akan membagikan informasi kepada anda tentang manfaat timun. Berikut mari kita simak informasi tentang manfaat timun selengkapnya.

  • Manfaat Timun Untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Atau Hipertensi

Sejak dahulu timun sudah banyak dimanfaatkan untuk menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi. Manfaat timun yang satu ini sangat membantu penderita tekanan darah tingg atau hipertensi agar tekanan darahnya kembali normal dengan cepat. Orang yang tekanan darahnya tinggi memang disarankan agar banyak mengkonsumsi timun, baik di jus ataupun bisa dimakan secara langsung karena timun memang sudah terbukti dapat menormalkan tekanan darah dengn cepat.

  • Manfaat Timun Untuk Mengatasi Masalah Sembelit Yang Sudah Kronis

Manfaat timun yang kedua adalah berfungsi untuk mengatasi masalah sembelit yang sudah kronis. Mengkonsumsi banyak timun terbukti dapat menyembuhkan sembelit bahkan yang sudah akut, sehingga buang air besar menjadi lancar kembali. Hal ini karena timun kaya akan serat dan rendah kalori.

  • Manfaat Timun Untuk Menyehatkan Ginjal

Mungkin belum banyak yang mengetahui bahwa mengkonsumsi timun secara rutin dapat melancarkan kinerja dan fungsi ginjal. Hal ini karena kandungan air dalam timun yang tinggi sehingga buang air kecil menjadi lancar. Jika buang air kecil lancar maka racun dalam tubuh menjadi mudah dikeluarkan lewat air kencing tadi sehingga membuat ginjal tetap sehat. Selain dapat menyehatkan ginjal, manfaat timun yang lain adalah dapat membantu mencairkan batu ginjal jika dikonsumsi secara rutin.

  • Manfaat Timun Untuk Menyehatkan Lambung

Enzim Erepsin yang terkandung dalam timun berfungsi untuk mengatasi berbagai masalah pada lambung seperti sakit perut, perut mulas, asam lambung, bahkan tukak lambung. Bagi anda yang sering mengalami masalah dengan lambung anda disarankan agar banyak mengkonsumsi timun secara teratur.

  • Manfaat Timun Untuk Menyehatkan Jantung

Seperti yang telah saya jelaskan pada manfaat timun no 1 diatas tadi bahwa timun bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah sekaligus menormalkan tekanan darah. Jika tekanan darah normal, maka jantung tidak perlu bekerja keras untuk memompa darah, sehingga keadaan ini akan membuat jantung tetap sehat.

  • Manfaat Timun Untuk Mengatasi Peradangan

Bukan hanya daging timun yang segar saja yang bermanfaat, namun biji timun juga bermanfaat. Ternyata biji timun bersifat anti- inflamasi sehingga efektif untuk menyembuhkan peradangan seperti radang tenggorokan dan pembengkakan selaput lendir pada hidung. Kandungan cyclo oxyenase pada timun berfungsi untuk mencegah produksi oksida nitrat yang menjadi penyebab peradangan.

  • Manfaat Timun Untuk Menangkal Radikal Bebas

Mungkin manfaat timun yang satu ini sudah banyak kita ketahui. Seperti yang kita tahu bahwa timun sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit. Hal ini karena timun mengandung karoten serta anti- oksidan yang cukup tinggi sehingga mampu menangkal radikal bebas penyebab berbagai masalah kulit, seperti penuaan dini, kuit kering dan kusam, dan kanker kulit.

  • Manfaat Timun Untuk Menjaga Kesehatan Mulut Dan Gigi

Manfaat timun yang selanjutnya adalah menjaga kesehatan gigi dan mulut. Kandungan zati fitokimia dalam timun dapat membunuh bakteri penyebab bau mulut dan sakit gigi. Manfaat timun yang lain adalah dapat meningkatkan produksi air liur sehingga mulut tidak kering. Selain tu jus timun juga dapat mencegah timbulya penyakit pada gusi.

  • Manfaat Timun Untuk Menetralkan Alkohol

Timun ternyata juga mampu menyadarkan orang yang mabuk karena mengkonsumsi alkohol. Timun juga dapat menghilangkan rasa sakit kepala dan mual akibat mengkonsumsi alkohol.

Nah itulah tadi beberapa manfaat timun yang jarang orang ketahui. Ada banyak sekali nutrisi pada timun, sehingga tak heran jika timun menjadi salah satu rekomendasi sayur yang banyak disarankan oleh para pakar kesehatan. Bukan hanya mengkonsumsi sayuran yang berdaun hijau saja, mengkonsumsi timun juga diperlukan. Mengingat ada banyak sekali manfaat timun yang akan kita dapat yang tentunya akan berdampak positif bagi kesehatan kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *