9 Manfaat Jogging Bagi Kesehatan

Jogging merupakan bahasa keren dari olahraga lari-lari kecil. Orang lebih suka menyebutnya dengan sebutan jogging ketimbang menyebutnya dengan sebutan berlari. Jogging merupakan salah satu olahraga yang paling banyak orang sukai. Hal ini karena jogging bukan termasuk olahraga yang tak membutuhkan banyak tenaga dan uang. Jogging juga dapat menjadi hiburan karena ketika kita berjogging kita akan bertemu dengan banyak orang serta bisa memandang keindahan alam sekitar kita. Jogging juga membuat kita mempunyai kawan baru. Sebenarnya sangat banyak sekali manfaat dari jogging. Apa sajakah itu? Berikut ini mari kita simak ulasannya.

Manfaat Jogging

Manfaat Jogging Bagi Kesehatan Fisik

Ada banyak sekali manfaat jogging bagi kesehatan fisik antara lain:

  • Jogging dapat membakar kalori

Meskipun jogging bukan termasuk olahraga yang berat dan takmemerlukan banyak tenaga, namun dengan jogging mampu membakar kalori dalam tubuh. Hal ini sangat baik untuk dilakukan bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan. Melakukan jogging selama satu jam dapat membakar kalori sebesar 748 kalori.

  • Jogging dapat melancarkan haid

Bagi wanita yang sering mengalami masalah haid seperti haid yang tidak lancer, jogging merupakan solusinya. Anda tak perlu mengkonsumsi obat-obatan jika haid anda tidak lancar. Karena dengan jogging setiap hari akan membuat haid anda lancar. Jogging jugadapat mengatasi masalah dilepen atau perut sakit saat haid hendak datang. Wanita yang sering mengalami dilepen atau sakit perut saat haid atau hendak datangnya haid diakibatkan karena mereka kurang berolahraga.

  • Jogging dapat memperindah bentuk tubuh

Mempunyai bentuk tubuh yang indah adalah idaman semua orang, terutama kaum wanita. Bokong yang melorot serta menumpuknya lemak pada perut dan paha seakan menjadi momok yang menakutkan bagi mereka. Namun anda tak perlu khawatir karena jogging adalah solusi dari semua permasalahan tersebut. Hal ini karena jogging dapat membakar lemak pada bokong, perut, paha, dan kaki. Selain itu jogging juga dapat mengencangkan payudara. Jika anda tipe wanita yang sangat menjaga keindahan bentuk tubuh anda, maka jogging merupakan olahraga yang cocok untuk anda.

  • Jogging dapat mengatasi insomnia

Jika anda sering mengalami masalah tidur alias insomnia maka anda tak perlu khawatir. Karena dengan anda jogging dapat membuat tidur anda lebih nyenyak dan berkualitas. Dengan melakukan jogging secara rutin setiap hari baik dilakukan pada pagi hari maupun siang hari dapat membuat tidur lebih nyenyak dan berkualitas pada malam hari.

  • Jogging dapat meningkatkan stamina tubuh

Jogging yang dilakukan secara rutin akan membuat stamina tubuh meningkat. Sehingga tubuh tidak akan lemas dan terlihat loyo. Jika anda merasa bahwa tubuh anda merasa letih dan lesu, maka anda coba untuk jogging mengelilingi kompleks sekitar rumah anda. Maka saya jamin tubuh anda akan kembali bersemangat.

  • Jogging menjauhkan kita dari berbagai macam penyakit

Jika kita sering melakukan jogging setiap hari secara rutin dapat meningkatkan system imun tubuh. Sehingga tubuh terhindar dari berbagai macam penyakit.

  • Mencegah penuaan dini

Siapa sih yang tak ingin tetap awet muda? Tentu semua orang menginginkannya. Namun akibat perkembangan jenis kosmetik yang sangat beragam serta factor lingkungan dapat membuat kulit mengalami penuaan dini. Meskipun sekarang sudah banyak jenis kosmetik yang dapat mencegah penuaan dini, namun jogging jauh lebih aman. Dengan melakukan jogging kulit anda akan terlihat awet muda dan tidak keriput. Cukup mudah dan murah bukan? Ketimbang anda harus membeli kosmetik yang tentunya tidak murah harganya hanya untuk mencegah penuaan dini.

Manfaat Jogging Bagi Kesehatan Mental

  • Jogging dapat menghilangkan stress

Sudah bukan rahasia lagi jika jogging adalah penghilang stress yang murah. Hal ini karena dengan kita melakukan jogging kita akan bertemu dengan banyak orang, bisa menikmati keindahan sekitar. Ini akan membuat pikiran rileks dan alhasil stress anda pun akan hilang. Jogging juga dengan mengajak teman, pacar, atau saudara, jadi kita bisa berbagi cerita, sharing tentang masalah kita. Tentu ini akan dapat meringankan beban pikiran kita sehingga stress pun hilang.

  • Jogging dapat melatih fikiran tetap fokus

Jika anda termasuk orang yang sulit berkonsentrasi sepertinya anda memang kurang berolahraga. Cobalah untuk melakukan jogging pagi atau sore setiap hari secara rutin. Maka anda akan bisa berkonsentrasi. Olahraga jogging sangat disarankan dilakukan bagi mereka yang mempunyai jenis konsentrasi yang membutuhkan tingkat konsentrasi yang tinggi.

Nah itulah tadi beberapa manfaat dari jogging. Olahraga jogging sangat mudah dilakukan dimana saja. Anda juga tak perlu mengeluarkan banyak uang untuk melakukan jogging, tidak seperti olahraga jenis lain yang harus dilakukan di tempat gym. Jogging termasuk olahraga yang sangat murah namun manfaatnya begitu luar biasa.

Add Comment