8 Manfaat Minum Teh Untuk Kesehatan

Siapa yang tak mengenal teh? Semua orang tentu sangat mengenal minuman yang satu ini. Teh merupakan minuman favorit hampir semua orang setelah kopi. Orang yang tak boleh minum kopi karena berbagai macam alasan, mengganti minuman sehari-hari mereka dengan teh. Sama halnya dengan kopi, teh juga mengandung kafein, namun tingkatnya lebih rendah ketimbang kopi. Teh juga kaya akan anti-oksidan yang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk menangkal radikal bebas.

Teh cocok menjadi minuman disegala musim, baik di cuaca panas maupun cuaca dingin seperti di musim penghujan saat ini. Dikala cuaca panas, minum es teh membuat tubuh terasa segar dan pelepas dahaga. Di musim dingin atau musim penghujan teh hangat menjadi penghangat untuk badan. Saking banyaknya orang yang suka minum teh. Kondisi ini membuat banyak perusahaan mengeluarkan teh yang dikemas dalam botol, kaleng, ataupun kardus dengan berbagai macam merk dan varian rasa.

 

Tahukah anda bahwa teh bukan hanya sekedar jenis minuman saja. Ternyata banyak sekali manfaat minum teh. Bukan hanya bagi kesehatan saja, ternyata minum teh juga bermanfaat bagi kecantikan. Penasaran kan, apa saja manfaat minum teh tersebut? Mari kita simak informasi selengkapnya berikut ini.

Manfaat Minum Teh Bagi Kesehatan

  • Manfaat Minum Teh Dapat Menrunkan Resiko Terkena Kanker

Minum teh setiap hari bukanlah kebiasaan buruk yang haris dihindari. Namun sebaliknya minum teh secara rutin ternyata membawa kebaikan bagi kesehatan. Ini terbukti bahwa orang yang rutin minum teh setiap hari mempunyai resiko terkena penyakit kanker lebih kecil dibanding orang yang jarang minum teh. Manfaat minum teh yang satu ini akan sangat dibutuhkan bagi mereka yang terkena kanker. Hal ini karena teh banyak mengandung anti oksidan yang berfungsi untuk menekan pertumbuhan sel kanker pada tubuh.

  • Manfaat Minum Teh Dapat Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Manfaat teh yang selanjutnya adalah dapat meningkatkan metabolism tubuh. Untuk mendapatkan tubuh yang sehat maka diperlukan metabolisme tubuh yang bagus. Nah untuk itu maka disarankan agar rutin minum teh. Karena minum teh terbukti dapat meningkatkan metabolisme tubuh, sehingga tubuh tetap sehat dan jauh dari penyakit.

  • Manfaat Minum Teh Dapat Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Teh banyak mengandung zat Polifenol yang sangat ampuh untuk membunuh kuman dan plak sebagai penyebab masalah yang sering terjadi pada gigi dan gusi. Manfaat minum teh juga terbukti untuk mencegah gigi berlubang serta bau mulut. Minum teh secara teratur dapat menjaga kesehatan gigi dan mulut.

  • Manfaat Minum Teh Dapat Menahan Kantuk

Manfaat minum teh juga dapat dijadikan teman untuk begadang. Karena kandungan dalam teh mampu menahan kantuk. Orang yang terbiasa begadang atau biasa lembur biasanya menggunakan teh sebagai teman setianya. Bagi anda yang punya kerjaan lembur dan pantang untuk minum kopi, sebaiknya minum teh untuk menahan kantuk anda.

  • Manfaat Minum Teh Untuk Mencegah Diabetes

Manfaat minum teh yang mungkin tak banyak orang tahu adalah dapat mencegah penyakit diabetes. Berdasarkan penelitian yang pernah dilakukan pada tahun 2010 menunjukkan bahwa orang yang rutin minum teh terbukti lebih kecil resikonya untuk terkena penyakit diabetes dibanding orang yang jarang minum teh.

  • Manfaat Minum Teh Dapat Menurunkan Berat Badan

 Manfaat minum teh hijau memang sudah terbukti dapat menurunkan berat badan. Hal ini karena kandungan essential oil pada teh dapat melarutkan lemak. Sehingga lemak tak akan menumpuk dalam tubuh. Tak heran jika banyak obat penurun berat badan yang menggunakan teh hijau sebagai bahan dasarnya. Disarankan agar minum teh hijau yang direbus sendiri. Karena teh hijau instan yang banyak dijual dipasaran terlalu banyak mengandung gula yang tak baik bagi kesehatan.

  • Manfaat Minum Teh Sebagai Mood Booster

 Manfaat minum teh sangat dirasakan bagi mereka yang sedang bad mood. Orang yang bad mood memang disarankan agar minum teh, karena dapat membuat mood menjadi lebih baik. Khususnya disarankan bagi wanita yang sedang PMS yang suka uring-uringan memang disarankan untuk banyak minum teh agar moodnya tetap baik sehingga tidak uring-uringan lagi.

  • Manfaat Minum Teh Dapat Melindungi Tulang

Tulang bisa dikatakan sebagai organ penting bagi tubuh. Tulang merupakan pelindung untuk semua organ penting tubuh. Tulang juga merupakan kerangka bagi tubuh. Kita tak akan bisa bergerak dengan bebas tanpa adanya tulang. Untuk itulah kesehatan tulag perlu dijaga. Untuk menjaga kesehatan tulang, maka disarankan untuk rutin minum teh. Manfaat minum teh sudah terbukti dapat menguatkan tulang serta mencegah pengeroposan pada tulang.

          Seperti yang sudah saya jelaskan diatas tadi, bahwa banyak sekali manfaat minum teh. Untuk itu ada baiknya kita rutin minum teh karena sudah terbukti bagi bagi kesehatan jika rutin diminum dalam takaran yang wajar.

Add Comment