7 MANFAAT VITAMIN B12 BAGI TUBUH

Vitamin merupakan komponen penting yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Salah satu vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh adalah vitamin B12. Vitamin B12 yang mempunyai nama lain Cianocobalamin merupakan bagian dari vitamin B kompleks yang dapat larut dalam air. Vitamin B12 termasuk jenis vitamin yang yang ada dalam makanan dan minuman yang mengandung protein seperti telur, daging, ikan, susu, keju, yogurt, dan kerang, kedelai, dan masih banyak lagi lainnya.

Begitu pentingnya vitamin B12 bagi tubuh sehingga jika kekurangan vitamin B12 maka akan dapat menyebabkan tubuh terserang beberapa penyakit. Secara umum manfaat vitamin B12 untuk memproduksi sel darah merah.  Selain itu masih ada banyak manfaat vitamin B12 bagi tubuh yang harus kita ketahui. Pada artikel kali ini saya akan membagikan informasi tentang manfaat vitamin B12 bagi tubuh kepada anda:

  • Manfaat Vitamin B12 Sebagai Pencegah Anemia

Manfaat Vitamin B12 yang pertama adalah untuk mencegah anemia. Anemia merupakan penyakit akibat dari kekurangan sel darah merah. Seperti yang kita tahu sel darah merah dapat terbentuk dari adanya vitamin B12. Anemia ditandai dengan badan terasa capek, loyo, mudah lelah, diare, sering kesemutan, dan berat badan menurun. Orang yang terkena anemia harus terus mendapat asupan vitamin B12 yang cukup agar produksi sel darah merahnya meningkat.

  • Manfaat Vitamin B12 Sebagai Pencegah Penyakit Jantung

Manfaat vitamin B12 yang kedua adalah untuk mencegah penyakit jantung, seperti jantung coroner, serangan jantung, dan stroke. Orang yang jarang mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung vitamin B12 lebih rentan terkena penyakit jantung coroner, serangan jantung, dan juga stroke.

  • Manfaat Vitamin B12 Untuk Menjaga Metabolisme Tubuh

Salah satu manfaat vitamin B12 bagi tubuh yang sering kita rasakan adalah dapat menjaga metabolism tubuh kita. Orang yang kekurangan vitamin B12 metabolisme tubuhnya akan terganggu sehingga akan mudah sakit. Lebih parahnya lagi kekurangan vitamin B12 akan menyebabkan gangguan mental pada seseorang. Karena vitamin B12 berperan penting dalam menjaga keseimbangan dan menormalkan mental dan syaraf pada otak kita. Disarankan agar banyak mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung vitamin B12 agar metabolism tubuh selalu terjaga sehingga tidak akan mudah terserang penyakit.

  • Manfaat Vitamin B12 Sebagai Vitamin Pembentuk DNA

Tahukah anda bahwa DNA terbentuk dari kombinasi vitamin B12 dan vitamin B9? DNA biasanya dipakai untuk mencocokkan identitas diri seseorang. Untuk itu DNA sangat dibutuhkan oleh tubuh.

  • Manfaat Vitamin B12 Untuk Melindungi Sistem Syaraf

Manfaat Vitamin B12 yang selanjutnya adalah untuk melindungi system syaraf. Jika seseorang kekurangan vitamin B12 akan dapat menyebabkan rusaknya selubung myelin yang berfungsi untuk melindungi syaraf pada tubuh. Rusaknya selubung myelin akan data menyebabkan timbulnya penyakit alzeimer, gangguan system syaraf pada tulang belakang, bahkan hingga menyebabkan gangguan syaraf permanen dan demensia.

  • Manfaat Vitamin B12 Untuk Mencegah Kanker Payudara

Salah satu manfaat vitamin B12 yang banyak dirasakan oleh kaum perempuan adalah terhindar dari penyakit kanker payudara. Kanker payudara merupakan penyakit yang paling banyak membunuh perempuan. Penyakit kanker payudara merupakan penyakit mematikan yang belum ada obatnya. Penyakit kanker payudara hanya dapat dicegah, salah satu cara pencegahannya adalah dengan banyak mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung vitamin B12. Karena survey yang pernah dilakukan menunjukkan bahwa wanita yang mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung vitamin B12 resiko terkena penyakit kanker payudara lebih kecil ketimbang wanita yang jarang mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung vitamin B12.

  • Manfaat Vitamin B12 Untuk Mencegah Kerontokan Pada Rambut

Tahukah anda jika rambut anda sering mengalami kerontokan dan mudah patah adalah akibat dari kekurangan vitamin B12? Vitamin B12 berperan penting dalam menguatkan rambut. Meskipun rambut mudah rontok dan patah bukan karena akibat kekurangan vitamin B12 saja. Bisa jadi juga karena factor stress atau salah penggunaan shampoo. Namun dengan mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung vitamin B12 akan membuat rambut kuat dan tak mudah rontok.

  • Manfaat Vitamin B12 Untuk Menjaga Kesehatan Kulit

Manfaat Vitamin B12 yang terakhir adalah menjaga kesehatan kulit. Vitamin B12 bermanfaat untuk membantu meregenerasi kulit mati. Sehingga kulit akan terlihat cerah dan jauh dari kulit kusam. Selain itu vitamin B12 juga mencegah kulit kering.

Nah itulah tadi 7 manfaat vitamin B12 bagi tubuh yang harus anda ketahui. Jagalah agar tubuh tetap menjaga asupan vitamin B12 yang cukup agar tubuh tetap sehat dan terhindar dari beberapa penyakit seperti yang sudah saya sebutkan diatas. Perlu diketahui bahwa vitamin B12 banyak didapat dari hewan seperti telur, daging, ikan, dan juga kerang.

Sekian dulu artikel tentang manfaat vitamin B12 kali ini. Semoga bermanfaat.

Add Comment