7 Manfaat Ikan Patin, Ikan Gurih Yang Kaya Manfaat Bagi Kesehatan

Ikan patin (cold river) memiliki bentuk fisik yang hamper mirip dengan ikan lele. Karena ikan patin ini masih satu keluarga dengan ikan lele. Sama seperti saudaranya, ikan patin ini juga memiliki kumis atau bahasa jawanya pathil yang berfungsi untuk melindungi dari musuh. Sama halnya dengan lele, ikan patin juga banyak digemari oleh banyak orang.

Ikan Patin

Rasanya gurih dan lezat tak kalah enak dengan lele. Ikan patin ini juga gampang ditemukan di pasaran. Semua bagian dari ikan patin ini dapat dimanfaatkan. Mulai dari kepala serta dagingnya yang dapat disantap serta memiliki rasa yang gurih dan lezat. Durinya pun dapat dijadikan sebagai kaldu masakan. Tak heran jika orang Jepanng dan orang suku Eskimo sering mengkonsumsi ikan patin dalam porsi yang besar. Bahkan dikonsumsi dalam keadaan masih mentah. Karena mereka tahu bahwa menkosnsumsi ikan patin dalam membuat mereka tetap sehat. Bahkan mereka bisa mengkonsumsi ikan patin sebesar 300 hingga 400 gram setiap harinya.

Ikan patin juga memiliki banyak kandungan gizi seperti protein, asam lemak, omega 3, magnesium, kalsium, seng, yodium, zat besi, dan juga fosfor. Ikan patin juga mengandung vitamin B2 dan vitamin D. bukan hanya itu saja ikan patin ternyata juga mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan. Apa Saja Manfaat Ikan Patin apa sajakah itu? Yuk kita intip ulasannya berikut ini:

  • Ikan Patin Bermanfaat Untuk Mencegah Penyakit Jantung Koroner

Penyakit jantung koroner adalah penyakit yang banyak ditakuti oleh banyak orang. Karena ini penyakit jantung koroner ini termasuk jenis penyakit yang mematikan. Tentu anda tak mau donk menderita penyakit jantung koroner ini? Untuk itu mulai sekarang anda harus mencoba untuk mengkonsumsi ikan patin. Karena kandungan lemak tak jenuh dalam ikan patin mampu untuk mencegah timbulnya penyakit jantung koroner.

  • Ikan Patin Bermanfaat Untuk Mengobati Penyakit Kardiovaskular

Kandungan lemak tak jenuh dalam daging ikan patin yang cukup besar yakni mencapai 50% dari total keseluruhan gizi yang ada dalam daging ikan patin terbukti mampu untuk mencegah dan mengobati penyakit yang berhubungan dengan system kardiovaskular. Karena nutrisi pada ikan patin mampu untuk mencegah pembekuan darah sehingga mempermudah dan memperlancar jalannya system kardiovaskular.

  • Ikan Patin Bermanfaat Untuk Menurunkan Kadar Kolestrol

Ikan patin banyak mengandung lemak tak jenuh yang dapat menurunkan kadar kolestrol dalam darah. Jadi jika anda mempunyai kadar kolestrol yang tinggi mungkin ada baiknya jika anda mencoba untuk banyak mengkosnsumsi ikan patin. Ketimbang anda harus mengkonsumsi obat-obatan kimia atau jamu yang rasanya tentu sangat pahit. Ikan patin ini cocok untuk menjadi menu harian bagi penderita kolestrol.

  • Ikan Patin Bermanfaat Untuk Mengoptimalkan Pertumbuhan Janin

Untuk ibu hamil disarankan agar banyak mengkosnsumsi ikan patin. Karena bayi butuh supply nutrisi yang cukup. Ikan patin memiliki banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh janin. Nutrisi yang paling dibutuhkan adalah omega 3. Ikan patin banyak mengandung omega 3 yang berfungsi untuk menjaga janin tetap sehat ketika dalam kandungan serta menjaga bayi agar tetap tumbuh dengan normal.

  • Ikan Patin Bermanfaat Untuk Menjaga Kesehatan Tulang Dan Gigi

Seperi yang kita tahu bahwa duri dan tulang dari ikan patin banyak mengandung fosfor dan kalsium yang sangat dibutuhkan oleh tulang kita. Nah untuk itu kita disarankan agar banyak mengkonsumsi banyak ikan patin. agar kebutuhan nutrisi tulang kita selalu terpenuhi. Kandungan nutrisi dalam ikan patin mampu untuk mencegah pengeroposan pada tulang kita, menjaga kesehatan tulang dan gigi, serta memperkuat tulang dan gigi.

  • Ikan Patin Bermanfaat Untuk Membentuk Otot

Bagi anda yang menginginkan otot anda terlihat bagus agar terlihat sispex maka anda tak perlu meminum suplemen pembentuk otot. Cukup banyak konsumsi ikan patin saja. Karena ikan patin banyak mengandung protein yang baik untuk pembentukan otot. Bukan hanya untuk membentuk otot saja, kandungan nutrisi pada ikan patin juga dapat memperkuat otot, menambah massa otot, serta dapat menambah kekuatan otot. Selain banyak mengkosnsumsi ikan patin untuk membentuk otot yang bagus juga harus dibarengi dengan berolahraga yang cukup ya. Agar hasil yang diperoleh lebih maksimal.

  • Ikan Patin Bermanfaat Untuk Program Diet

Bagi anda yang sedang menjalankan program diet ada baiknya jika anda mengkonsumsi ikan patin sebagai menu utama anda. Hal ini karena kandungan vitamin serta gizi dalam ikan patin akan membuat anda awet kenyang sehingga anda akan enggan untuk makan dalam porsi yang besar.

Nah itulah tadi beberapa manfaat ikan patin bagi kesehatan. Selain rasanya yang sangat gurih dan lezat, ikan ajaib ini juga sehat untuk tubuh anda. Ayo tunggu apa lagi. Segera konsumsi ikan patin ya.

Sekian dulu ya informasi kali ini. Semoga bermanfaat.

Add Comment