7 Manfaat Daun Seledri Yang Berguna Untuk Berbagai Hal

Manfaat Daun Seledri – Sayuran berdaun hijau biasanya memiliki khasiat yang cukup banyak bagi kesehatan misalnya saja seperti bayam. Selain berguna untuk membantu memproduksi sel darah di dalam bayam juga mengandung serat yang bagus untuk sisem pencernaan. Namun ternyata masih terdapat jenis sayuran berdaun hijau lainnya yang juga memiliki begitu banyak khasiat, sayuran tersebut adalah seledri. Memiliki ukuran yang kecil tak membuatnya memiliki khasiat yang kecil pula namun sebaliknya daun seledri ini memiliki beberapa khasiat seperti mengatasi berbagai penyakit riangan, membantu mengatasi jenis penyakit berat seperti stroke serta berguna sebagai antioksidan.

7 Manfaat Daun Seledri

Terkenal sebagai bahan sayuran atau penyedap makanan tak disangka ternyata daun seldri ini sering dijadikan sebagai bahan obat tradisional sejak beberapa tahun lalu. Bahkan karena khasiatnya bagsa yunani dan romawi kuno memberi julukan “penyejuk perut”. Untuk jenisnya sebenarnya seledri dibagi menjadi tiga jenis yaitu seledri daun, seledri tangkai dan seledri umbi. Namun yang paling dikenal terutama oleh masyarakat indonesia adalah seledri daun.

Daun seledri ini dapat tumbuh di wilayah beriklim tropis namun akan lebih subur jika ditanam di dataran tinggi yang memilliki hawa sejuk, lembab dan bertanah subur seperti di kawasan sumatera utara dan jawa barat. Cara pembudidayaannya pun juga mudah karena selain dapat dibudidayakan di lahan juga bisa dibudidayakan di dalam pot. Nah sebenarnya apakah yang membuat dan seledri ini menjadi primadona dari jenis sayuran berdaun hijau dan bagaimana dampak yang akan diberikan kepada tubuh kita?

Kandungan Dalam Daun Seledri Yang Bermanfaat Bagi Tubuh

Daun seledri sangat kaya akan kandungan gizi yang dimilikinya maka tak heran jika banyak orang yang memanfaatkannya untuk berbagai jenis masakan serta menjadikannya sebagai bahan obat herbal yang sangat berkhasiat dan terbebas dari bahan kimia. Walaupun selri bukan tergolong dalam jenis daging tapi kandungan di dalam seledri terdapat protein yang cukup banyak yaitu sekitar 1 gram tiap 100 gram daun seledri. Kandungan lain yang cukup banyak di dalam seledri yaitu hidrat arang sekitar 4,6 gram, hidrat arang merupakan sebutan lain bagi karbohidrat sehingga fungsi dari hidrat arang sama dengan karbohidrat yaitu sebagai sumber energi.

Selain karbohidrat sebagai sumber energi di dalam seledri juga terkandung lemak sekitar 0,1 mg dan 20 kalori tiap 100 gram daun seledri. Jumlah energi tersebut merupakan suatu jumlah yang cukup banyak di kalangan sayur-sayuran. Maka dari itu seloedri sangat cocok dipadukan dengan beberapa jenis makanan sehat seperti salad sebagai pengganti makanan pokok bagi seseorang yang sedang menjalani diet.

Daun seledri juga mengandunng beberapa jenis mineral seperti zat besi, fosfor dan kalsim yang baik untuk pertumbuhan tulang dan gigi. Kemudian dari jenis vitamin daun seledri memiliki tiga jenis vitamain utama yang dikandungnya yaitu vitamin A, vitamin B1 dan vitamin C serta zat apiin yang berguna untuk memperlancar pembuangan zat sisa metabolisme melalui urine.

 

7 Manfaat Daun Seledri Bagi Kesehatan Dan Kecantikan

  1. Dalam dunia kuliner seledri dapat digunakan sebagai penyedap atau penambah cita rasa alami. Selain itu seledri juga sering digunakan sebagai penghias makanan maupun minuman untuk mempercantik tampilan makanan atau minuman tersebut.
  2. Daun seledri juga dapat digunakan untuk membantu menyembuhkan seseorang yang terkena stroke yaitu dengan cara mengolahnya menjadi jus kemudian dikonsumsi secara rutin.
  3. Pada daun seledri juga terkandung vitamin A yang cukup banyak, vitamin A ini sangat bagus untuk kesehatan mata. Caranya yaitu campurkan dau seledri, daun bayam dan daun kelor kemudian tumbuk hingga halus dan berikan air secukupnya. Lalu peras ramuan tersebut dan minum secara rutin.
  4. Sebagai sayuran berdaun hijau seledri mampu menetralkan racun di dalam tubuh termasuk zat pemicu kanker. Bahkan di dalam daun seledri ini terkandung zat yang bernama acetylenics yang berguna untuk membantu menghentikan pertumbuhan sel tumor
  5. Ekstrak atau ramuan daun seledri juga mampu dimanfaatkan sebagai obat batuk yang alami yang pastinya lebih aman dari obat batuk yang dijual di toko-toko dan mengandung bahan kimia. Caranya yaitu dengan merebus daun seledri kemudian saring dan konsumsi air hasil rebusannya 1 – 2 kali sehari
  6. Siapa yang mengira jika ternyata daun seledri ini mempunyai manfaat yang sama seperti temulawak yaitu membantu meningkatkan nafsu makan yang buruk. Jika temulawak terlalu pahit atau terlalu sulit untuk ditemukan amaka anda dapat menggunakan seledri yang dapat diaplikasikan pada sop, diolah menjadi jus dan sebagainya dengan rasa yang lebih enak daripada temulawak.
  7. Manfaat daun seledri selanjutnya yaitu dapat memudarkan tanda-tanda penuaan yang timbul pada wajah yaitu dengan mengolahnya menjadi masker wajah. Kemudian mengoleskannya pada seluruh bagian wajah secara merata dan biarkan sekitar 2 jam dan terakhir bilas menggunakan air dingin biasa.

Add Comment