6 Manfaat Pegagan

6 Manfaat Pegagan Sebagai Tanaman Liar Yang Kaya Manfaat

Posted on

Manfaat Pegagan – Pernahkah kalian melihat tumbuhan kecil berwarna hijau memiliki bentuk daun seperti tapak kuda dan bertangkai kecil? Itulah yang disebut pegagan atau yang juga dikenal sebagai dau kaki kuda karena memiliki bentuk yang mirip dengan bentuk kai kuda. Sebagai tanaman liar yang dapat tumbuh dengan baik di daerah tropis pegagan dapat dijumpai di beberapa negara seperti australia, cina  bahkan belanda. Sementara di Indonesia sendiri pegagan dapat ditemukan dengan sangat mudah di lahan perkebunan, persawahan bahkan hingga di tepi-tepi jalan.

6 Manfaat Pegagan

Dianggap sebagai tanaman liar yang merusak tanaman utama banyak orang yang mencabut dan membuangnya tanpa pernah tahu apa sebenarnya manfaat di balik pegagan tersebut. Padahal tanaman yang memiliki nama latin Centella Asiatica ini telah menjadi salah satu bahan tradisional dalam berbagai penyembuhan penyakit seperti penyakit kulit, gangguan saraf serta melncarkan peredaran darah. Namun di beberapa daerah yang masih mewarisi resep kuliner nenek moyang sering memanfaatkan pegagan sebagai sayur lalapan seperti yang dilakukan oleh masyarakat di daerah Jawa Barat.

 

Kandungan Dan Efek Samping Pegagan

Semua hal pasti memiliki sisi positif dan negatif termasuk juga pegagan oleh karena itu kita perlu mewaspadai resiko atau efek samping dari mengonsumsi pegagan. Bagi wanita yang hamil atau sedang menyusui sebaiknya tidak mengonsumsi pegagan walaupun sedikit namun jika diterapkan pada kulit maka tidak akan menjadi masalah. Mengonsumsi pegagan bagi ibu hamil dan menyusui dikhawatirkan akan menimbulkan efek-efek yang tidak diinginkan karena masih belum ada pengujian secara klinis mengenai manfaat pegagan untuk ibu hamil dan menyusui.

Kemudian bagi orang-orang yang memiliki riwayat atau sedang memiliki masalah pada organ hati seperti liver atau hepatitis sebaiknya menghindari untuk tidak mengonsumsi pegagan karena dikhawatirkan akan memperparah keadaan pasien. Efek lain jika mengonsumsi pegagan dalam jumlah yang banyak yaitu dapat menyebabkan kantuk. Selain itu bagi seseorang yang akan menjalani operasi atau pembedahan sebaiknya juga menghindari mengonsumsi pegagan 2 minggu sebelum operasi dilakukan.

Penelitian mengenai manfaat daun pegagan masih terus dilakukan hingga saat ini. selain menguji keamanannya penelitian daun pegagan saat ini juga mengarah pengaruh yang dimilikinya pada fungsi kerja otak. Memang walaupun memiliki bentuk dan ukuran yang kecil dau pegagan ini mengandung berbagai zat dan senyawa yang sangat diperlukan oleh tubuh seperti kalium, kalsium, mangan, magnesium, zat besi dan natrium dari golongan mineral serta beberapa jenis senyawa seperti isothankuniside,  madecassoside, thankuniside, brahminoside, meso inositol, centelloside, brahmoside, vellarine, carotenoids, tanin, asiaticoside, hydrocotylin, madasiatic acid dan brahmic acid.

 

Manfaat Pegagan Bagi Kesehatan

  1. Pegagan berguna sebagai sumber antioksidan

Dalam sebuah penelitian yang dikutip dari International Journal Of Molecular Sciences pada tahun2009 menyatakan bahwa ekstrak pegagan memiliki sifat antioksidan yang sangat kuat. Peneliti juga membuktikan jikga ekstrak pegagan mampu merusak dan membunuh sel glioma kanker payudara.

  1. Pegagan berguna sebagai antibiotik

Daun pegagan memiliki suatu senyawa yang disebut asiatikosid. Senyawa ini sangat berguna untuk membantu memperkuat sel kulit serta memperbaiki jaringan tubuh yang rusak. Selain itu senyawa asiatikosid juga mampu meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tidak mudah sakit.

  1. Pegagan mampu mengatasi maag dan perut kembung

Dalam daun pegagan terkandung mineral jenis magnesium yang sering dimanfaatkan dalam bahan baku industri pengobatan maag. Pleh karena itu mengonsumsi daun pegagan dapat mengatasi beberapa masalah pencernaan seperti perut kembung dan maag

  1. Pegagan berguna mengatasi penyakit ringan

Ekstrak dau pegagan juga mampu mengatasi bebragai penyakit ringan seperti sakit kepala, ayan, demam dan sariawan bahkan sampai sakit tipes.

  1. Pegagan mampu meningkatkatkan nafsu makan

Pegagan juga memiliki khasiat yang sama seperti temulawak yaitu mampu meningkatkan nafsu makan. Apabila anda tidak terlalu suka dengan rasa temulawak yang maka anda dapat menjadikan daun pegagan sebagai alternatif karena pegagan memiliki rasa yang lebih manis.

  1. Pegagan mempercepat proses penyembuhan luka

Dalam sebuah studi berjudul Indian Journal Of Pharmaceutical Sciences yang diterbitkan tahun 2010 membuktikan bahwa pegagan dapat merangsang proliferasi pada sel serta sintetis kolagen pada suatu luka. Dengan ini menunjukkan bahwa pegagan mampu mempercepat dalam proses penyembuhan suatu luka dan oleh karena itu orang-orang zaman dahulu telah memanfaatkan pegagan sebagai obat kulit alami.

  1. Pegagan mampu menjaga kesehatan tulang

Mengonsumsi pegagan secara rutin dapat membuat seseorang memiliki tulang yang lebih kuat dan sehat. Ini karena di dalam daun pegagan terkandung beberapa jenis mineral seperti kalium, kalsium dan zat besi yang mampu menjaga kepadatan tulang agar terhindar dari osteoporosis atau masalah tulang yang lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *