6 MANFAAT BAUKSIT YANG JARANG DIKETAHUI

Hayoo siapa yang masih ingat pelajaran tentang bebatuan di mata Ilmu Pengetahuan Alam zaman kita SD dulu? Masih ingat tentang salah satu jenis batuan yang namanya bauksit? Bauksit merupakan salah satu jenis batuan yang terbentuk dari proses lateritisasi dan banyak mengandung mineral. Bauksit pertama kali ditemukan pada tahun 1821 di daerah Lex Baux, sehingga batuan ini dinamakan Bauksit. Bauksit berasal dari mineral organic atau sisa-sisa pelapukan dari hewan dan tumbuhan yang mati jutaan tahun silam.

Di Indonesia sendiri bauksit gampang sekali ditemukan. Indonesia merupakan penghasil bauksit terbesar ke 6 di dunia. Daerah yang merupakan pengahsil bauksit di Indonesia adalah Bangka Belitung, Sumatera, Pulau Bintan, Provinsi Kalimantan Barat, dan Kalimantan Tengah. Bauksit sendiri merupakan komoditas eksport yang tinggi bagi Indonesia. Hal ini karena ada banyak sekali manfaat bauksit bagi kehidupan kita.

Untuk menemukan bauksit tidaklah mudah, butuh proses yang panjang. Tak jarang proses ini dapat merusak ekosistem hutan, padahal kita tahu hutan merupakan hal penting bagi kehidupan kita. Untuk menemukan bauksit memerlukan penggalian tanah yang cukup dalam, setelah digali dan ditemukan, bauksit tak langsung bisa diolah, perlu pencucian terlebih dahulu agar bauksit terpisah dari kotoran. Bauksit merupakan bahan utama pembuatan aluminium. Bauksit diolah sedemikian rupa , melalui proses yang banyak dan untuk memprosesnya pun juga membutuhkan daya listrik yang cukup besar. Yang sangat disayangkan adalah Indonesia belum mampu mengolah bauksit menjadi alumunium. Indonesia masih mengimport dari Negara lain, padahal kita tahu Indonesia merupakan salah satu Negara penghasil bauksit dalam jumlah yang besar. Sungguh mengenaskan memang keadaan ini.

Selain diolah menjadi alumunium, bauksit juga dapat diolah menjadi bahan lainnya. Mungkin memang banyak dari kita yang belum mengetahui manfaat bauksit. Nah pada artikel kali ini saya akan memberikan informasi tentang manfaat bauksit yang jarang kita ketahui. Berikut informasi selengkapnya:

  • Manfaat Bauksit Untuk Membuat Peralatan Dapur

Hai para ibu rumah tangga, tahukah kalian bahwa benda- benda yang sering kalian pake buat memasak seperti panci, wajan, tempat masak nasi (dandang), dan pelapis kaleng makanan merupakan perabotan yang bahan dasarnya adalah bauksit. Memang sebagian peralatan yang ada di dapur sebaguan besar bahannya adalah alumunium. Dan alumunium bahan dasarnya adalah bauksit.

  • Manfaat Bauksit Untuk Membuat Pesawat

Manfaat bauksit yang kedua adalah bauksit dimanfaatkan untuk membuat badan pesawat. Bauksit sangat dibutuhkan dalam pembuatan badan pesawat. Bauksit yang diolah serta dicampur dengan bahan lainnya sehingga dapat dibentuk menjadi badan pesawat.

  • Manfaat Bauksit Untuk Membuat Atap

Manfaat keramik yang ketiga adalah digunakan untuk membuat atap.  Tahukah anda bahwa bauksit merupakan bahan dasar dalam pembuatan atap pabrik, mall, kantoran,  atau rumah. Biasanya atap yang menggunakan bahan bauksit adalah pabrik. Pabrik-pabrik atau mall yang besar lebih memilih menggunakan atap dari bahan bauksit karena lebih menghemat biaya.

  • Manfaat Bauksit Sebagai Bahan Dasar Pembuatan Keramik

Manfaat keramik yang keempat adalah untuk bahan dasar membuat keramik. Keramik yang biasa kita pake sebagai lantai kita bahan baku pembuatannya adalah bauksit. Bauksit diolah melalui proses yang panjang sehingga terbentuklah keramik yang beraneka ragam jenis dan bentuknya. Memang ada beberapa jenis keramik yang dibuat dari marmer. Namun sebagian besar keramik dibuat dari bauksit.

  • Manfaat Bauksit Sebagai Bahan Penghilang Kotoran

Bauksit juga biasa dimanfaatkan sebagai bahan untuk menghilangkan kotoran pada bahan tambang lainnya, seperti minyak bumi, sulfur, dan juga nitrogen. Kotoran harus dihilangkan agar diperoleh bahan yang benar-enar bersih sehingga dapat digunakan dengan maksimal.

  • Manfaat Bauksit Sebagai Bahan Baku Pembuatan Besi

Bauksit juga menjadi bahan campuran untuk membuat besi. Besi dimanfaatkan untuk segala kebutuhan kita. Hampir semua hal di bidang kosntruksi membutuhkan besi. Karena bangunan bisa kokoh juga karena adanya besi. Untuk itu bauksit sangat dibutuhkan dalam dunia konstruksi. .

Selain beberapa manfaat bauksit yang sudah saya jelaskan diatas tadi, masih ada beberapa manfaat bauksit lainnya seperti manfaat bauksit untuk pembuatan tinta kering atau tinta laser pada mesin fotokopi, dan juga pembuatan pita pada kaset yang sering kita temukan dulu. Mungkin di zaman sekarang ini kita sulit menemukan kaset yang ada pitanya. Namun dulu kaset pita ini menjadi incaran banyak orang.

Nah itulah tadi manfaat bauksit yang jarang kita ketahui. Kita sebagai bangsa Indonesia seharusnya bangga karena Indonesia merupakan penghasil bauksit terbesar ke 6 di dunia. Namun yang sangat disayangkan kita belum mampu mengolahnya dengan maksimal karena keterbatasan teknologi dan sumber daya alam.

Sekian dulu artikel tentang manfaat bauksit kali ini. Semoga artikel ini bermanfaat.

Add Comment