Manfaat Daun Suji

5 Manfaat Daun Suji Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Posted on

Manfaat Daun Suji – daun suji, mungkin bagi kebanyakan orang nama daun yang satu ini masih asing ditelinga mereka. Hal ini karena daun suji tergolong sebagai daun langka yang hanya bisa ditemui di beberapa tempat saja. Selain itu daun suji ini memiliki ciri dan penampakan yang hampir mirip dengan daun pandan sehingga banyak orang yang terkecoh jika tidak dilihat secara seksama. Selain itu daun suji ini termasuk dalam tumbuhan tahunan itulah yanng membuat daun suji ini cukup langka dan cukup sulit untuk ditemukan baik di pasaran maupun di alam secara langsung

Manfaat Daun Suji

Daun suji tergolong dalam tanaman perdu yang tumbuh pendek, menyukai tempat yang lembap dan tidak terlalu menyukai cahaya matahari. Oleh karena itu jika daun suji terlalu sering atau terlalu lama terkena sinar matahari maka ia akan mati. Walaupun tergolong sebagai tanaman perdu tapi daun suji ini dapat tumbuh setidaknya setinggi 8 meter.

Jika dilihat secara fisik daunsuji dan daun pandan memiliki banyak kemiripan namun ada beberapa hal yang membuat kedua jenis daun ini menjadi berbeda. Pada bagian tengah daun pandan terdapat tulang daun berwarna keputih-putihan sementara daun suji tak memiliki tulang daun. Kemudian bagian tepi daun suji tidak bergerigi dan tajam seperti halnya daun pandan. Sementara jika ditinjau dari warnanya daun suji memiliki warna yang lebih tua daripada daun pandan.

Kandungan Di Dalam Daun Suji

Sebagai tanaman tahunan yang langka masih belum banyak orang yang mengetahui kegunaan dan manfaat dari daun suji. Salah satu kegunaan dari daun suji ini adalah untuk pewarna makanan atau kue secara alami. Namun tak hanya itu saja kegunaan dari daun suji ini, kabarnya daun suji telah dimanfaatkan dalam peradaban manusia sejak puluhan tahun yang lalu sebagai obat alami yang mampu mengatasi berbagai jenis penyakit.

Jika ditinjau dari kandungannya memang tak mengherankan jika daun suji memiliki berbagai macam manfaat dan khasiat.daun suji ini memiliki kandungan saponin, flavonoid, polifenol, alkaloid, tanin dan klorofil yang melimpah.

Manfaat Daun Suji Yang Perlu Diketahui

Sebenarnya daun suji ini tergolong sebagai daun yang memiliki berbagai macam kegunaan namun untuk kali ini kami hanya akan menjelaskan 6 manfaat daun suji yang dianggap paling utama dan sangat perlu untuk anda ketahui

  1. Daun suji berguna untuk mengatasi berbagai penyakit

Salah satu manfaat yang perlu anda ketahui dari daun siji ini adalah kemampuannya untuk mengatasi berabagai macam penyakit. Disentri merupakan salah satu jenis penyakit yang mampu diatasi oleh daun suji, ini karena di dalam daun suji terdapat kandungan saponin yang berguna untuk meredakan dan membantu menyembuhkan disentri.

Penyakit lainnya yang mampu disembuhkan dengan mengonsumsi air rebusan daun suji yaitu kencing nanah. Penyakit ini sangatlah menganggu dan menyakitkan karena setiap buang air kecil maka cairan nanah juga akan keluar yang disertai rasa nyeri dan sakit. Untuk mengatasi kencing nanah anda dapat mengonsumsi air rebusan daun suji sehari dua kali pada pagi dan malam hari.

Daun suji juga dapat dimanfaatkan sebagai obat herbal alami untuk meredakan infeksi atau luka pada bagian teenggorokan yang menjadi salah satu penyebab terjadinya batuk darah. Caranya hampir sama seperti di atas yaitu minum air hasil rebusan daun suji secara rutin dan teratur. Kemudian selain daripada itu daun suji memiliki kandungan vitamin berupa vitamin B1 yang berguna untuk mencegah terkena penyakit beri-beri.

  1. Daun suji berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh

Daya tahan tubuh dapat menurun kareena berbagai faktor mulai dari cuaca yang tidak menentu asupan makanan yang dikonsumsi bahkan mood yang kurang baik juga dapat menyebabkan daya tahan tubuh seseorang menjadi menurun. Salah satu cara untuk mengembalikan daya tahan tubuh yang menurun atau lemah setelah sembuh dari sakit yaitu dengan mengonsumsi air rebusan daun suji secara teratur.

  1. Daun suji berguna untuk menetralisir racun

Daun suji ini juga mengandung beberapa jenis antioksidan diantaranya adalah flavonoid dan polifenol. Kedua jenis antioksidan ini saling bahu membahu untuk menangkal radikal bebas yang mencoba masuk ke dalam tubuh dan merusak sel, jaringan dan menganggu jalannya sistem metabolisme.

  1. Daun suji berguna untuk memperlancar aliran darah dan sistem pencernaan

Sebagai salah satu bahan herbal alami yang memiliki banyak kegunaan, daun suji ini ternyata juga dapat membersihkan aliran darah dari berbagai zat yang dapat menyumbat aliran darah. Selain memperlancar aliran darah daun suji juga baik untuk menjaga kesehatan pencernaan seseorang serta mencegah timbulnya beberapa masalah pencernaan seperti sakit perut.

  1. Daun suji berguna untuk meredakan nyeri

Manfaat daun suji yang terakhir ialah untuk meredakan rasa sakit dan nyeri seperti meredakan rasa sakit bagi seseorang yang menderita sakit gigi. Sementara bagi wanita daun suji berguna untuk meredakan rasa nyeri ketika masa datang bulan tiba .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *