4 Manfaat Daun Binahong Yang Perlu Anda Ketahui

Manfaat Daun Binahong – Kesehatan merupakan sesuatu yang perlu dijaga karena ada yang bilang bahwa sehat itu mahal. Hal tersebut memang benar karena apabila tubuh sudah terserang penyakit apalagi penyakit yang berbahaya maka kita perlu mengeluarkan biaya yang cukup banyak untuk membuat kita sehat kembali. Sebenarnya kita dapat memanfaatkan apa yang ada di alam untuk mengobati berbagai macam penyakit misalnya saja seperti daun binahong yang belakangan ini semakin dikenal karena karena khasiat yang dimilikinya.

Binahong sendiri merupakan golongan tanaman merambat yang  diperkirakan berasal dari negarakorea dan telah sejak lama menjadi salah satu bahan oabt-obatan terutama bagi negara China. Mendekati abad 20 daun binahong mulai dikenal sejak tahun 1950 an saat tentara Vietnam mulai menggunakan daun binahong sebagai bahan obat-obatan dalam menghadapi serangan Amerika Serikat. Sebenarnya bianhong dapat dimanfaatkan mulai dari daun, batang hingga umbinya namun yang paling populer di kalangan masyarakat adalah dengan memanfaatkan daunnya.

 

Kandungan Dari Daun Binahong

 

  1. Zat Antioksidan

Beberapa jenis senyawa antioksidan juga diteumkan pada daun binahong yaitu seperti flavonoid dan polifenol yang berguna untuk menangkal radikal bebas dan benda asing berbahaya yang mencoba masuk ke dalam tubuh.

  1. Saponin

Saponin ialah suatu senyawa fitokimia yang berguna untuk enurunkan kadar kolesterol yang jahat (LDL) sehingga bagus untuk menjaga kesehatan jantung. Saponin ini dapat diamati dengan mudah dengan cara mengocoknya menggunakan air jika terdapat kandungan sponin air yang dikocok tersebut akan menimbulkan buih.

  1. Minyak atsiri

Seperti yng kita kenal bahwa minyak atsiri ini memiliki aroma wangi yang cukup khas dan kuat. Oleh karena itu banyak sekali berbagai jenis makanan atau minuman yang memanfaatkan minyak atsiri untuk menimbulkan aroma yang mampu merelaksasi. Selain sebagai aroma terapi minyak atsiri yang terkandung di dalam daun binahong juga berguna mengatasi masalah pencernaan kemudian dengan sifatnya sebagai antiseptik daun binahong mampu membunuh kuman dan bektrei yang merugikan.

  1. Alkaloid

Alkaloid merupakan suatu senyawa yang dapat menurunkan kadar gula darah berlebih dalam tubuh karena sifat yang dimilikinya yaitu hipoglemik.

selain itu kandungan lain yang terdapat pada daun binahong adalah asam askorbat yang berfungsi mempercepat dalam penyembuhan dan penutupan luka. Serta asam oleanolic yang memiliki sifat anti inflamasi atau anti radang

Manfaat Daun Binahong Serta Cara Pengolahannya

 

  1. Daun Binahong Berkhasiat Mengobati Penyakit Berat

Daun binahong memang dikenal memiliki manfaat yang sangat luar biasa. Salah satu manfaat daun binahong adalah untuk mengobati berbagai jenis penyakit berat diantaranya yaitu seperti batuk darah, paru-paru bolong, kencing manis, sesak nafas, maag, darah rendah, radang ginjal, gegar otak, ambien parah yang berdarah hingga kanker. Untuk cara penggunaanya yaitu rebus beberapa lembar daun binahong dengan air secukupnya lalu minum air rebusan daun binahong tersebut secara rutin. Sementara untuk penyakit luar cukup tumbuk beberapa lembar daun binahong hingga halus lalu oleskan di sekitar area yang sakit

  1. Daun Binahong Berkhasiat Mengobati Penyakit Ringan

Selain bermanfaat uuntuk mengobati berbagai penyakit berat daun binahong ini juga berguna untuk mengobati penyakit ringan, walaupun ringan jika dibiarkan tetap bisa berbahaya bagi tubuh. Beberapa jenis penyakit ringan yang dapat disembuhkan dengan daun binahong yaitu seperti penyakit gatal, luka kulit, gusi berdarah, mimisan, lemah syahwat, hidung mimisan dan ambeien. cara penggunaanya masih sama, untuk penyakit dalam rebus beberapa lembar daun binahong dengan air secukupnya lalu minum air rebusan daun binahong tersebut secara rutin. Sementara untuk penyakit luar cukup tumbuk beberapa lembar daun binahong hingga halus lalu oleskan di sekitar area yang sakit.

  1. Daun Binahong Berkhasiat Mengobati Luka Luar

Daun binahong memiliki sifat antiseptic yang mampu membunuh kuman selain itu beberapa kandungan alami seperti minyak atsiri dan asam askorbat di dalam daun binahong bermanfaat untuk membersihkan dan membantu dalam proses penyembuhan luka fisik. Caranya yaitu ambil beberapa daun binahong kemudian haluskan dengan menambah sedikit air lalu oleskan pada bagian kulit yang luka. Tak hanya luka saja cara ini juga bisa diterapkan pada persendian yang terasa sakit dan badan yang pegal-pegal.

  1. Daun Binahong Berkhasiat Mengatasi Berbagai Masalah Kulit Wajah

Masalah kulit yang sering dialami oleh orang-orang adalah munculnya jerawat. Jerawat ini dapat muncul karena berbagai faktor mulai dari kebersihan, gen atau hormon, pikiran dan makanan yang dikonsumsi. Salah satu cara alami yang dapat dilakukan untuk mengatasi jerawat membandel yang tak kunjung hilang adalah dengan menggunakan daun binahong. Selain itu daun binahong juga mampu memberikan nutrisi berupa kolagen yang sangat berguna untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Caranya yaitu dengan menumbuk lima lembar daun binahong yang telah dicuci lalu oleskan ke seluruh bagian wajah. Dengan begitu mak jerawat dan kerutan pada wajah akan menghilang secara perlahan.

Add Comment