13 Manfaat Lidah Buaya Untuk Wajah Dan Kesehatan Tubuh

Manfaat Lidah Buaya Untuk Wajah – aloe vera atau yang lebih dikenal dengan nama lidah buaya merupakan jenis tanaman yang dapat tumbuh di lahan kering dan cuaca panas. Manfaat dari lidah buaya ini dikenal sebagai tanaman penyubur rambut sehingga banyak sekali produsen rambut yang menambahkan lidah buaya dalam komposisi pembuatannya.

13 Manfaat Lidah Buaya

Namun seiring perkembangan zaman tanaman yang termasuk ke dalam 10 tanaman terlaris di dunia ini telah dimanfaatkan ke dalam berbagai jenis industri mulai dari dunia kesehatan, dunia kecantikan, dunia farmasi  bahkan sampai dunia kuliner seperti yang dilakukan oleh sebagian masyarakat India yang memanfaatkan lidah buaya sebagai camilan sehari-hari. Dengan berbagai manfaat yang dimilikinya maka tak heran jika banyak orang yang memanfaatka lidah buaya dalam berbagai hal, berikut ini 13 manfaat lidah buaya ntuk kecantikan dan kesehatan

 

Manfaat Lidah Buaya Untuk Kesehatan

  1. Mengatasi masalah kegemukan

Obesitas merupakan masalah kesehatan yang dapat dialami oleh semua orang dari berbagai kalangan. Hal utama penyebab terjadinya obesitas yaitu pola hidup dan pola makan yang tak terkontrol. Lidah buaya ini dapat mencegah penimbunan lemak dengan cara mengikat dan menyerapnya. Untuk merasakan manfaatnya yaitu dengan cara mengonsumsi lidah buaya sekitar 150 miligram dua kali sehari secara rutin dan teratur.

  1. Mengontrol kadar gul darah

Bagi seseorang yang menderita penyakit diabetes dapat mengonsumsi gel lidah buaya secara rutin satu kali sehari maka dengan cepat kadar gula darah dalam tubuh akan berada di angka normal. Hal tersebut dibuktikan dalam sebuah penelitian yang menyatakan bahwa lidah buaya dpaat membuat hormon insulin menjadi lebih sensitiv sehingga kadar gula dapat lebih seimbang.

  1. Munurunkan kolesterol

Selain menurunkan kadar gula darah ternyata lidah buaya juga dapat menurunkan kadar kolesterol menggunakan asam amino yang terkandung dalam lidah buaya dengan cara mengikat dan kemudian mengeluarkannya dari dalam tubuh.

  1. Mengatasi masalah pencernaan

Lidahbuaya juga mengandung serat dengan kadar cukup tinggi, serat ini sangat berguna bagi sistem pencernaan dalam tubuh untuk membantu melunakkan feses serta melancarkan pergerakan usus. Bagi seseorang yang mengalami masalah pencernaan seperti sembelit akibat kurang serat, dapat mengonsumsi ekstrak lidah buaya cukup satu kali sehari.

  1. Mengatasi sariawan dan plak pada gigi

Dengan kandungan vitamin C yang ada di dalamnya, lidah buaya dapat berguna untuk mengatasi berbagai masalah pada mulut seperti sariawan dan plak pada gigi yang sulit hilang. Cara penggunaannya terdapat dua cara yaitu dengan cara berkumur atau langsung mengoleskannya pada bagian yang terkena sariawan.

  1. Detoksifikasi dan alkalisasi tubuh

Manfaat lidah buaya untuk kesehatan yang terakhir yaitu mampu menetralisir racun yang terdapat du dalam tubuh kemudian membuangnya bersama sisa metabolisme yang lain melalui urine. Sementara alkalisasi proses penyeimbangan asam basa dalam tubuh, makanan yang kita makan setiap hari sekitar 80% tergolong asam oleh karena itu kita perlu asupan tambahan yang bersifat basa untuk menyeimbangkan sifat asam basa dalam tubuh.

 

Manfaat Lidah Buaya Untuk Wajah

  1. Mampu mengatasi komedo dan jerawat

Komedo dan jerawat merupakan dua masalah kulit wajah yang sering dialami oleh banyak orang, dua masalah kulit wajah tersebut sering kali disebabkan oleh mikroba-mikroba kecil yang menempel pada kulit wajah dan mencuci muka saja tak cukup untuk menghilangkannya. Lendir lidah buaya ini memiliki sifat anti mikroba / anti bakteri yang menghambat pertumbuhan mikroba, kuman dan bakteri penyebab jerawat.

  1. Melembabkan kulit wajah

Kemudian manfaat selanjutnya dari lidah buaya yaitu mampu membuat kulit lebih lembap serta terhindar dari kulit kering dan kusam kemudian mengembalikan konsentrasi pH dan kadar air pada kulit wajah. Oleh sebab itulah mengapa gel lidah buaya akan terasa dingin jika dioleskan pada kulit.

  1. Membersihkan kulit wajah dari berbagai noda

Banyak sekali produk kecantikan yang memanfaatkan lidah buaya sebagai salah satu bahan dalam pembuatannya karena lidah buaya mampu membersihkan flek, noda hitam, bekas jerawat hingga mengurangi efek kantung mata yang menghitam akibat kelelahan dan kurang tidur. Selain itu lidah buaya juga dapat digunakan sebagai pembersih make up yang alami.

  1. Berguna sebagai anti aging

Lidah buaya juga bersifat antiaging yang membantu memudarkan kerutan dan garis halus akibat munculnya tanda-tanda penuaan dini.

  1. Menyuburkan alis

Lidah buaya juga dikenal sebagai tanaman yang mampu menyuburkan rambut, hal ini dapat dimanfaatkan untuk menyuburkan pertumbuhan alis untuk membuat lis nampak lebih hitam dan tebal secara alami.

  1. Membantu menyembuhkan luka dan infeksi di kulit wajah

Sifat lainnya yang dimiliki lidah buaya yaitu anti inflamasi yang mampu meredakan peradangan serta membantu mempercepat proses penyembuhan luka ringan seperti luka gores, luka akibat gigitan serangga sampai luka bakar ringan.

  1. Sebagai pelindung lapisan kulit wajah

Paparan sinar matahari di siang hari dapat menyebabkan flek hitam bahka kanker kulit jika terlalu sering, lidah buaya yang bersifat dingin ini  dapat dijadikan sebagai pelindung bagi kulit wajah agar terbebas dari sengatan matahari yag mengandung sinar ultraviolet yang sangat berbahaya bagi kesehatan kulit.

Add Comment