10 MANFAAT MENAKJUBKAN JAMBU AIR BAGI KESEHATAN

Siapa yang tak mengenal buah jambu air? Buah yang memiliki rasa asam dan sangat segar banyak menjadi favorit banyak orang. Terlebih kandungan airnya yang banyak membuat buah semakin nikmat saja. Selain rasanya yang nikmat dan segar, ternyata jambu air memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Mungkin tak banyak yang tahu bahwa jambu air bermanfaat bagi kesehatan kita. Hal ini karena kandungan nutrisi dalam buah jambu air begitu lengkap.

Manfaat Jambu Air

Buah jambu air berasal dari wilayah asia tenggara, sehingga tak heran jika kita banyak menemukan tanaman ini tumbuh di Negara kita. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buah jambu air mengandung serat yang tinggi, vitamin A, vitamin C, kalori, protein, zat besi, kalsium, potassium, magnesium, fosfor, asam sitrat, mangan, tembaga, niacin, asam sulfuric, sodium, serat, dan juga air. Karena kandungan itulah jambu air bermanfaat untuk menjaga kesehatan serta dapat mengobati beberapa penyakit.

Berikut 10 manfaat mengejutkan jambu air bagi kesehatan :

  • Jambu Air Bermanfaat Untuk Mencegah Kanker

Kandungan nutrisi serta vitamin dalam jambu air berkhasiat untuk menyembuhkan serta mencegah kanker. Hal ini karena jambu air banyak sekali mengandung vitamin C yang bersifat sebagai anti oksidan yang berfungsi untuk membunuh sel kanker dan menghambat perkembangannya. Sebuah penelitian yang pernah dilakukan menunjukkan bahwa orang yang gemar mengkonsumsi jambu air setiap hari dapat mempercepat penyembuhan kanker payudara dan kanker prostat.

  • Jambu Air Bermanfaat Untuk Mengontrol Diabetes

Jambu air air mengandung gula alami yang jika dikonsumsi dalam jumlah banyak tidak akan menyebabkan meningkatkan kadar gula dalam darah. Jambu air juga berfungsi untuk menstabilkan gula dalam darah. Untuk itu disarankan agar orang yang terkena diabetes banyak mengkonsumsi jambu air.

  • Jambu Air Bermanfaat Untuk Melancarkan Sistem Pencernaan

Jambu air mengandung serat yang tinggi sehingga dapat melancarkan sistem pencernaan. Orang yang mengalami sembelit atau sulit buang air besar disarankan agar banyak mengkonsumsi jambu air. Biji dari jambu air yang dikeringkan serta kemudian dihaluskan dapat digunakan untuk obat diare atau disentri.

  • Jambu Air Bermanfaat Untuk Menyehatkan Jantung

Beberapa penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa mengkonsumsi jambu air dapat menurunkan resiko penyakit serangan jantung, jantung coroner, dan juga stroke. Hal ini karena kandungan seratnya yang tinggi serta nutrisinya begitu lengkap.

  • Jambu Air Bermanfaat Untuk Menurunkan Demam

Siapa sangka bahwa ternyata jambu air dapat dimanfaatkan untuk menurunkan demam. Yang dimanfaatkan adalah biji dari buah jambu air. Biji tersebut ditaruh dalam sebuah wadah dan dibiarkan selama beberapa hari hingga mongering. Setelah kering kemudian dihaluskan. Dan bubuk ini sudah dapat digunakan untuk menurunkan demam.

  • Jambu Air Bermanfaat Untuk Meringankan Asma, Bronkitis, dan juga Epilepsy

Dilansir dari Boldsky.com,  Health Benefits Of The Rose Apple Fruit, kulit dari pohon jambu air yang direbus dan diminum airnya dapat digunakan untuk meredakan penyakit asma dan juga penyakit bronchitis. Air rebusan ini juga dapat mengobati penyakit epilepsy atau kita biasa menyebutnya dengan penyakit ayan.

  • Jambu Air Bermanfaat Untuk Menyehatkan Tulang

Seperti yang kita tahu bahwa jambu air banyak mengandung kalsium. Untuk menjaga tulang tetap sehat maka diperlukan asupan makanan yang banyak mengandung kalsium. Kalsium dibutuhkan agar tulang tetap sehat dan tidak mudah keropos.

  • Jambu Air Bermanfaat Untuk Menjaga Kesehatan Mata

Kita tahu bahwa jambu air banyak mengandung vitamin A yang sangat baik untuk kesehatan mata. Banyak mengkonsumsi jambu air akan dapat mempertajam penghlihatan serta menjaga kesehatan mata. Selain itu untuk anda yang sering bekerja di depan computer dalam waktu yang lama disarankan agar banyak menkonsumsi jambu air agar mata tetap sehat dan tidak kering.

  • Jambu Air Bermanfaat Untuk Mencegah Dehidrasi

Kita dianjurkan untuk banyak meminum air. Karena air merupakan komponen penting dalam tubuh. Karena jika kita kekurangan air maka dapat menyebabkan dehidrasi. Nah untuk anda yang tak terlalu suka banyak minum, maka mengkonsumsi akan sangat membantu anda memenuhi kebutuhan air untuk tubuh. Karena kita tahu bahwa jambu air banyak mengandung air.

  • Jambu Air Bermanfaat Sebagai Anti Oksidan

Jambu air kaya akan Vitamin C yang bersifat anti oksidan, sehingga mampu melindungi kulit dari radikal bebas, serta dapat mencegah kulit kering dan penuaan dini. Kulit akan menjadi sehat jika kita sering mengkonsumsi jambu air.

Nah itulah tadi 10 manfaat jambu air bagi kesehatan. Jambu air cocok digunakan sebagai buah konsumsi sehari-hari. Karena jambu air banyak memberikan manfaat bagi kesehatan kita. Mengkonsumsi buah merupakan salah satu cara untuk hidup sehat, agar kita sehat selalu. Sekian dulu artikel kesehatan kali ini. Semoga bermanfaat.

Add Comment